Cara Mengetahui Siklus Menstruasi Yang Baik

Bagi kaum wanita mereka pastinya selalu mendapatkan tamu bulanan secara rutin yaitu menstruasi. Untuk wanita yang sudah puber pastinya mereka sudah menstruasi , karena salah satu ciri wanita mengalami pubertas adalah menstruasi. Untuk kamu yang baru mengalami menstruasi kamu pastinya tidak tau bagaimana siklus menstruasiyang baik dan juga sehat. Mengerahui siklus menstruasi ini sangat penting loh bagi kamu, karena kamu bisa mengetahui kapan waktu menstruasi selanjutnnya dan mengetahui jika ada gangguan kesehatan. Untuk satu masa haid yang normal biasanya berlangsung antara tiga sampai tujuh hari, sedangkan untuk siklus menstruasi yang normal biasanya terjadi setiap 28 hari sekali tapi untuk beberapa orang juga ada yang mengalami siklus menstruasi setiap 21 sampai 35 hari. Jika kamu memiliki siklus menstruasi seperti yang disebutkan di atas berarti kamu masih terhitung normal. Untuk lebih jelasnya lagi mari kita bahas bagaimana siklus menstruasi yang baik dan juga normal.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk menghitung siklus menstruasi adalah  pertama kamu mulai dari hari pertama darah menstruasi kamu keluar di bulan ini, jika beberapa hari sebelum kamu menstruasi  terdapat bercak cokelat atau flek hal itu tidak termasuk ke dalam siklus haid kamu ya. Untuk lebih mudah mari kita ambil contoh jika hari pertama menstruasi kamu ada di bulan ini jatuh pada tanggal 15 maret sebaiknya jangan lupa untuk tandai di kalender, setelah itu kamu tunggu sampai menstruasi kamu berakhir. Kemudian ketika bulan depan kamu kemballi menstruasi lagi kamu harus siap untuk mencatat kembali tanggalnya di kalender, misalnya menstruasi selanjutnya jatuh di tanggal 12 april. Pada bulan april ini adalah awal siklus menstruasi kamu yang baru, selanjutnya kamu hitung rentang waktu antara hari pertama menstruasi sebelumnya yaitu tanggal 15 maret sampai satu hari sebelum menstruasi kamu yang  berikutnya yaitu tanggal 12 april, kamu tidak boleh menghitung sampai tanggal 12 karena pada tanggal 12 ini kamu sudah menstruasi lagi sehingga ini akan terhitung ke dalam siklus menstruasi selanjutnya. Setelah kamu hitung dari tanggal 15 maret  sampai 11 april kemudian diketahui bahwa memiliki jarak 28 hari, nah jarak hari inilah yang menunjukkan siklus menstruasi kamu yaitu per 28 hari sekali.

Siklus ini sebenarnya bisa berubah berubah dan menjadi tidak teratur, ada beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut diantaranya adalah:

  • Sedang stres

Jika kamu memiliki beban pikiran yang berat hal tersebut bisa memengaruhi siklus menstruasi. Bagian otak yang mengatur hormon siklus haid ikut akan ikut terpengaruh ketika kamu sedang dalam keadaan stres atau depresi, Sehingga pada saat saat tersebut hormon pengatur jadi tidak seimbang dan haid pun jadi tidak teratur.

  • Perubahan berat badan

Jika kamu memiliii perubahan berat badan seperti naik atau turunnya berat badan secara drastis hal tersebut juga bisa menjadi penyebab siklus menstruasi yang tidak teratur. Untuk hal ini biasanya terjadi pada orang yang mengalami gangguan pola makan sehingga menstruasi tidak teratur.

  • Hormon tidak seimbang

Jika hormon yang kamu miliki tidak seimbang hal tersebut bisa menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur, ketidakseimbangan hormon ini bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti kelelahan atau stres.

  • Gaya hidup yang kurang sehat

Jika kamu memiliki gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok dan sering mengonsumsi alkohol hal tersebut bisa mengacaukan siklus menstruasi kamu. jadi sebaiknya jauhi pola hidup yang kurang sehat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *