Kenali 9 Cara Merawat Kucing ini Agar Peliharaan Anda Sehat Terawat

Bagi para pecinta kucing, memiliki binatang satu ini sebagai hewan peliharaan merupakan kebahagiaan tersendiri. Kepintaran dan keimutan kucing dapat menghilangkan perasaan jenuh, stres, dan tidak bahagia yang mungkin sering melanda Anda. Namun sudahkah Anda tahu cara merawat kucing yang tepat? Nah, jika Anda belum paham benar apa saja tipsnya, yuk ikuti saja ulasannya berikut ini!

Cara Merawat Kucing

Memiliki kucing untuk hewan peliharaan tentu membuat Anda harus selalu memperhatikan kebersihan dan perawatannya. Semakin mahal kucing Anda, maka semakin kompleks pula perawatan yang diperlukan. Sama seperti manusia, kucing yang tidak terawat juga akan mengalami berbagai penyakit. Nah, cara merawat kucing yang benar dan efektif adalah sebagai berikut :

  • Kenali Asupan Gizi Bayi Kucing

Jika Anda memelihara kucing yang masih bayi, maka dibutuhkan perawatan ekstra dibanding kucing dewasa. Pasalnya, bayi kucing perlu asupan gizi dua kali lebih banyak dari kucing dewasa. Cara untuk merawatnya yakni berilah makanan sekitar 4x setiap hari secara rutin untuk bayi kucing setelah umur 5-6 minggu.

  • Jangan Sampai Memberi Makanan Anjing untuk Kucing Anda

Mungkin ada beberapa pemilik hewan yang sembarangan memberi makanan anjing ke kucing mereka. Selain dengan alasan hemat biaya, 1 jenis makanan untuk dua hewan juga menghemat tempat. Namun tahukah Anda jika ini berbahaya? Makanan anjing tidak dapat mencegah penyakit jantung pada kucing karena tidak mengandung taurin. Oleh sebab itu, beri kucing Anda dengan makanan kucing pula ya.

  • Biarkan Kucing Menjadi Karnivora

Sebagai hewan pemakan daging, tentu kucing sangat suka dengan ayam, ikan, atau bahkan daging sapi. Oleh sebab itu, sebaiknya berilah makanan kucing yang memang terbuat dari bahan-bahan mengandung protein hewani. Selain itu, hindari makanan kucing yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Hal ini selain menyimpang dari kodrat alami kucing, memberi hewan ini makanan dari tumbuhan akan membuatnya sulit mencerna.

  • Mandikan Kucing Secara Teratur

Jika bulu kucing Anda mulai berbau tidak sedap, maka segera mandikan hewan peliharaan Anda ini dengan air dingin dan shampo khusus kucing. Selain itu, Anda juga bisa memakai tisu basah dan parfum kucing agar kutu tidak menyebar. Untuk tambahan, jangan lupa untuk menyikat bulunya ya.

  • Rutin Kontrol ke Dokter

Layaknya tubuh manusia yang apabila sakit membutuhkan dokter untuk mencari sehat, maka kucing pun sama. Ia juga harus rutin memeriksakan diri di Dokter Hewan langganan Anda. Mulai dari gigi, kuku, hingga telinga harus sering diperiksa agar kucing Anda jauh dari penyakit. Selain diperiksakan, jangan lupa untuk selalu memberi kucing Anda vaksin dan vitamin secara rutin.

Demikian ulasan tentang cara merawat kucing agar hewan peliharaan Anda selalu sehat terawat. Harap diingat, memiliki kucing adalah sebuah tanggung jawab yang tidak bisa Anda anggap sepele. Meski kucing adalah seekor hewan, namun ia juga berhak untuk mendapat perawatan yang baik dan juga pemenuhan kebutuhan seperti makan, bermain, dan berkembang biak.

Nah, bagi Anda yang bingung tentang berbagai macam produk perawatan kucing, mulai dari makanan khusus kucing, sampo kucing, parfum kucing, hingga vitamin, semuanya ada di Blibli.com. Yuk, segera saja kunjungi www.Blibli.com dan temukan berbagai produk kebutuhan hewan Anda. Jika sudah, segera lakukan pemesanan dan dapatkan reward menarik. Tunggu apalagi… yuk, berkunjung ke Blibli.com.