Menghitung Usia Kehamilan dengan Tepat dan juga Akurat

Selain adanya kalkulator kehamilan online, menghitung usia kehamilan itu juga tidka sesulit yang dibayangkan sebelumnya. Cara menghitungnya memang sebainya dimengerti baik oleh ibu hamil ataupun para suami, semua itu bertujuan supaya ibu dan calon ayah bisa merawat serta menjaga kesehatan janin yang sedang dikandung.

Dengna mengetahui usia kehamilan, maka berbagai perawatan positif yang diperlukan, baik oleh janin ataupun sang ibu hamol akan bisa terpenuhi dengan lebih mudah. Sekarang cara menghitung usia kehamilan ini sudah beraneka ragam. Pilihan semakib banyak. Beberapa ada yang menggunakan cara manual, beberapa da tang meghitung usia dengan rumus tertentu. Namun ada juga yang juga memakai software terentu.

  • Rumus Menghitung Usia Kehamilan

Menghitung usia kehamilan yang pertama dapat memanfaatkan rumus menghitung usia kehamilan, yang tidak terlalu sulit. Bahkan dapat dibilang sangat mudah. Perhitungan ini merupakan metode perhitungan manual Anda kaan membutuhkan beberapa data supaya rumus dapat digunakan. HPHYT. Atau harui pertama haid terakhir adalah meruapakasa salah satau data yang akan Anda butuhkan utnuk menggunakan rumus manual ini. Tetapi memang ada kelemahan dari metode perhitungan ini, yaitu rumus ini hanya bisa dimanfaatkas jika calon ibu mempunyai siklus menstruasi (datang bulan) yang teratur saja, kurang lebih 28 sampai 30 hari. Berikut rumus menghitus usia kehamilan ini sekarang:

Rumus yang digunakan ini bernama rumus “Neagele”. Neagele adalah cara menghitung usia kehamilan yang cukup popular digunakan, hasil perhitungan pun dapat dibilang cukup akurat. Asumsikan saja HPHT (hari pertma haid terakhir) Anda dengan huruf “X”, untuk bulanakan dimisalkan dengan huruf “y”. tahun dimisalkan dengan “Z”. apabila bulan kertika Anda menjanai HPHT memlikiki angka yang lebih besar dari 3, Anda oakialah rumus ini: (x+7)-(y-3)-(Z+1). Namun apabila bulan ketika Anda menjalani HPHT ternyata kurang dari 3, sebaliknya pakialah rumus ini (X+7)-(Y+9)-(Z). contoh aplikasi menghitung usia kehamilan menggunakan rumus Neagele:

  • Menghitung Usia Kehamilan Hitungan Minggu

Setelah membahas rumus menghitung kehamilan, mari membahas dari menghitung berdasarkan hitungan minggu. Dnegan Anda mengerti usia kehamilan sudah berapa minggu, maka Anda kan bisa memberikan yang terbaik untuk calon buah hati. Bahkan Anda juga bisa mempersiapkan kamar juga keperluan buah hati tersayang, jadi jika buah hati sudah lahir, Anda tidak akan terlau pusing lagi mencari kebutuhannya.

Menghitung usia kehamilan hitungan minggu ini bisa memaka cara kalender (Calendar), ini merupakan cara klasik dalam perhitungan usia kehamilan. Apabila Anda memang infgin memakau metode klasik ini, salah sat syarat yang harus dipenuhi adalah anda harus paham mengenai siklus haid Anda sendiri, untuk dasar dara rumus perhitungan yang akan digunakan. Seperti yang diatas tadi.

  • Cara menghitung Usia Kehamilan Apabila Lupa HPHT

Rumus perhitungan manual yang ada diatas disebutkan bahwa kesemuanya mewajibakan Anda mengerti tentang HPHT. Namun terkadang Anda bisa saja lupa berapakah HPHT Anda sendiri, karena itu rumus kalender atau rumus manual tidak bisa digunakan lagi. Tetapi ini bukanlah maslaha yang besar, karena walaupun Anda lupa HPHT, masih ada cara menghitung usia kehamilan yang lainnya yang juga tidak kalah akurat.

Caranya bisa menggunakan pemeriksaan USG, usia kehamilan dapar diketahui dengan mudah menggunakan alat berteknologi modern, untuk anda yang ingin melakukan opemeriksaan dan mengetahui usia kehamilan harus dibawah 12 minggu.