10 oleh-oleh Asli yang Surabaya Terkenal Laris

Oleh khas Surabaya, lah yang paling dicari oleh mereka yang berkunjung ke kota tersebut. Di bawah ini 10 jenis oleh-oleh yang bisa dijadikan oleh-oleh khas kota Surabaya.

1. Kue Lapis Surabaya

Kue lapis surabaya memiliki rasa dan tampilan yang khas karena berbeda dengan kue lapis. Kue dengan tekstur lembut yang sama dengan kue bolu ini memiliki rasa tertentu berdasarkan selai yang digunakan sebagai perekat.

Dapatkan juga ulasan lengkap tentang tempat-tempat pariwisata di surabaya pada tautan tersebut.

Tekstur lembutnya berasal dari penggunaan telur dalam jumlah besar sebagai bahan pembuatan roti ini. Salah satu alasannya mengapa roti ini masuk dalam daftar oleh-oleh kelas premium dari Surabaya.

2. Kue Mente

Seperti namanya; Kue ini terbuat dari kacang mete atau kacang mede yang dipadukan dengan berbagai bahan roti. Kue bulat dan pipih ini memiliki rasa gurih yang khas serta tekstur yang sangat lembut. Proses memanggang secara konvensional menjadi salah satu penyebab timbulnya rasa yang khas dan gosong pada bagian bawah kuenya.

3. Kue Bikang peneleh

Kueb Bikang Peneleh merupakan salah satu jenis kue basah yang memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dengan kue wanita lainnya.

Toko Kue Wanita di Peneleh menggunakan berbagai bahan alami; Mulai dari penggunaan pewarna alami berupa pandan, kopi moka atau coklat. Bahan yang digunakan menjadi alasan lain mengapa Bikang Peneleh memiliki cita rasa khas yang bersumber dari rasa gurih santan.

4. Sambal Cuk

Sambal merupakan salah satu menu makanan khas Jawa Timur; khususnya Surabaya. Sambal Cuk buatan Bu Mujiati memiliki cita rasa khas Surabaya dengan pilihan rasa yang beragam. Bu Mujiati membuat Sambal Cuk dengan 13 rasa dengan rasa pedas yang dijamin bikin siapapun berkeringat dan makan enak.

Beberapa rasa populer yang disukai penggemar termasuk saus udang, bawang merah, teri Medan, korek api bebek Madura, klete pete, matahari Bali, dan asap tuna rica.

5. Keripik Buah Kane

Keripik buah ini merupakan salah satu oleh-oleh unik yang bisa ditemukan di kota Surabaya. Seperti namanya; Keripik Kane – Kane terbuat dari berbagai macam buah-buahan yang diproses dengan cara menggoreng vaksin pada suhu rendah. Hasilnya keripik buah renyah dan tidak mudah lesu.

6. Pohong Tata

Pohon tata merupakan produk pangan berbahan dasar aren atau singkong yang diolah dengan campuran keju. Rasa keju singkong yang telah dikemas rapi dan mewah membuat makanan dari bahan montok ini sering tergolong dan tentunya memiliki rasa yang enak.

7. Belinjo Udang

Belinjo atau melinjo adalah bahan keripik yang umum; tapi di surabaya ada keripik belinjo dengan rasa udang yang khas dan enak. Makanan yang merupakan makanan khas Surabaya ini sudah dikenal sejak tahun 1970-an dan kini sudah berkembang dengan banyak rasa seperti manis dan pedas.

8. Oseng Tuna Asap

Ibu Intan menghisap tuna oseng, disingkat OTAJI, adalah salah satu produk pengasapan tuna yang paling banyak dicari di Surabaya. Kecuali rasanya yang enak; OTAJI yang terbuat dari ikan tuna juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Ada berbagai jenis rasa tradisional dan rasa pedas untuk pecinta makanan dengan rasa pedas.

9.Kerupuk Udang Lobster

Kerupuk udang mungkin termasuk jenis kerupuk yang umum; Tapi di surabaya ada kerupuk udang unik yang terbuat dari udang lobster.

Berbeda dengan kerupuk yang terbuat dari udang rebon, kerupuk udang lobster memiliki cita rasa yang khas dan juga harus memiliki nilai gizi yang khas. Salah satu kerupuk udang lobster asal Surabaya yang terkenal dengan rasanya yang enak adalah kerupuk udang Buaya. Siok.

10. Kopi Bandrek

Kopi bandrek mungkin merupakan jenis minuman yang paling umum dan umum; tapi surabaya punya kopi bandrek dengan cita rasa yang khas. Kopi bandrek ala Surabaya memiliki cita rasa yang khas karena menggunakan sejumlah bumbu sebagai bumbu dari campuran kopi dan jahe.

Selain kopi bandrex dengan rasa tradisional; ada kopi bandrek khas surabaya yang memiliki cita rasa kekinian seperti rasa kopi krim hasil kopi bandrek sreg. Minuman instan tanpa pengawet ini bertahan 6 bulan.