10 Tips & Trik Cara Meningkatkan Loading website Yang Lelet

Bagi seorang pemula mungkin sering sekali merasa bingung kenapa website yang mereka bangun menggunakan WordPress terasa lelet saat dibuka. Tentunya ini akan sangat mengganggu bagi Anda dan para pengunjung website Anda dikarenakan lambatnya loading untuk membuka halaman web Anda.

Ada banyak cara untuk membuat website wordpress menjadi cepat, baik itu menggunakan plugin atau pun optimasi konten yang ada pada website. Namun dalam postingan kali ini kami hanya akan membahas beberapa cara untuk mempercepat wordpress Anda.

Berikut Beberapa Tips Mempercepat Loading WordPress:

  1. Pilih Web Hosting Berkualitas
    Ini merupakan faktor utama yang mempengaruhi kecepatan website Anda. Pilihlah layanan web hosting yang mengutamakan kualitas layanan dan bantuan support yang baik. Dalam hal ini admin siap membantu Anda, admin sangat mengutamakan kualitas layanan dan bantuan support terbaik kami untuk mengatasi setiap permasalahan pelanggan.
  2. Gunakan Tema yang Ringan
    Memang bagus jika Anda memiliki keinginan untuk membangun website dengan desain yang cantik, namun ada baiknya jika Anda juga memikirkan tentang efek dari tema tersebut apakah akan menguntungkan Anda atau justru merugikan Anda. Sebaiknya Anda gunakan tema yang ringan dan responsive.
  3. Gunakan Plugin Caching yang Efektif
    Dikarenakan wordpress yang sifatnya dinamis (berubah-ubah), setiap orang yang ingin membuka website Anda perlu meminta data ke server terlebih dahulu. Setiap permintaan data diperlukan waktu yang tidak sedikit bisa 3 sampai 5 detik. Untuk menghindari hal ini Anda dapat menggunakan Plugin Caching yang banyak tersedia di wordpress. Untuk yang berbayar Anda bisa menggunakan W3 Total Cache dan untuk yang gratis Anda bisa menggunakan WP Fastest Cache.
  4. Gunakan CDN (Content Delivery Network)
    CDN berfungsi untuk menyalin data statis (atau tetap seperti CSS, Javascript, gambar, dan lainnya) wordpress Anda ke server penyedia CDN. Ketika pengunjung mengunjungi website Anda, pengunjung tersebut akan diarahkan penyedia CDN ke server milik mereka yang tercepat dan terdekat dari tempat pengunjung web Anda berada. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan layanan CDN gratis dari CloudFlare untuk meningkatkan performa web Anda.
  5. Optimalkan Semua Gambar yang Ada
    Pastikan semua gambar yang ada pada wordpress telah dioptimasi atau diperkecil ukurannya untuk menghindari loading lama karena ukuran file gambar yang terlalu besar untuk dimuat pengunjung. Anda dapat menggunakan plugin wordpress bernama TinyPNG untuk mengoptimisasi gambar yang ada secara otomatis.
  6. Optimalkan Halaman Depan WordPress
    Untuk mengotimalisasi halaman depan website yaitu dengan:
    – Tampilkan kutipan postingan, bukan secara penuh.
    – Kurangi jumlah postingan pada halaman (contohnya 5 s/d 7 post per halaman).
    – Kurangi widget yang tidak perlu
  7. Optimalkan Database
    Maksud dari optimisasi disini ialah menghilangkan semua data yang tidak penting dari database seperti banyaknya data revisi postingan, komentar spam yang tidak diterima, dan data lainnya yang tidak berguna. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan Plugin yang bernama WP-Optimize untuk mengoptimalkan database wordpress Anda.
  8. Tambahkan Expires Header pada Konten Statis
    Menambahan Expires Header merupakan cara agar web browser pengunjung dapat menyimpan data statis (seperti gambar) secara lokal, agar pengunjung yang ingin mengunjungi kembali website Anda tidak perlu lagi untuk mengunduh konten statis dan secara otomatis ini juga akan membantu Anda dalam menghemat bandwidth.
  9. Kurangi Penggunaan Gambar yang Tidak diperlukan
    Semakin banyak gambar yang Anda pasang pada website, maka pengunjung akan semakin berat dalam meload situs Anda, dikarenakan terlalu banyaknya gambar yang dimuat.
  10. Gunakan Jasa Pembuatan Website Yang Sudah Terpercaya

    Cara terakhir yang harus anda coba adalah dengan menggunakan Jasa Pembuatan Website yang sudah anda percayakan sebelumnya, atau bisa berkonsultasi terlebih dahulu seputar website

Demikian informasi mengenai Tips Lengkap Mempercepat WordPress. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda sekalian yang ingin meningkatkan kecepatan websitenya.