3 Pilihan Rekreasi Jakarta

Jakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang menjadi destinasi favorit wisatawan domestik maupun mancanegara. Ada banyak pilihan tempat wisata di Jakarta yang bisa dijangkau selama berwisata, terutama wisata sejarah. Beragam atraksi menarik seperti wisata budaya, wisata kuliner, wisata religi, hingga wisata alam juga bisa ditemukan di Kota Metropolitan ini.

Lalu lintas, panasnya, kekacauan dan banjir juga bisa menjadi kata sebagian orang ketika mendengar tentang Jakarta. Kota metropolitan terbesar sekaligus ibu kota Indonesia ini memang sarat masalah dari berbagai aspek. Meski demikian, Jakarta masih sangat bagus dan menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berbeda dengan kota lain, tempat wisata di Jakarta yang bisa dikunjungi tidak banyak, khususnya wisata alam. Pembangunan apartemen, gedung, dan perkantoran bertingkat tinggi di Jakarta semakin sempit. Namun nyatanya, Jakarta masih memiliki beberapa tempat wisata alam yang bisa menjadi alternatif menghabiskan waktu berwisata.

Kota yang menjadi pusat pemerintahan sejak zaman penjajahan Belanda ini menawarkan banyak atraksi sejarah dan budaya. Berbagai museum, monumen, dan bangunan tua berarsitektur Belanda dapat dengan mudah ditemukan. Tak hanya itu, Jakarta juga masih memiliki beberapa tempat wisata budaya di tengah banyaknya tempat wisata modern.

Kami juga membuka layanan sewa bus pariwisata daerah Jakarta dan sekitarnya.

Tak ayal Jakarta menjadi salah satu kota yang menjadi surganya para pecinta belanja. Dari Pasar Tanah Abang, hingga pusat perbelanjaan modern seperti mall bisa ditemukan dengan mudah. Wisata kuliner di Jakarta tak kalah menarik untuk dicoba, tidak hanya kuliner khas Betawi saja, tapi juga banyak citarasa kuliner Indonesia yang bisa dicicipi.

Meski Jakarta diliputi berbagai persoalan yang kompleks, namun tidak pernah menjadikan Indonesia kota metropolitan terbesar di Indonesia sebagai tujuan wisata alternatif. Terlebih lagi, wisatawan akan dimanjakan dengan segala fasilitas, infrastruktur dan kenyamanan yang ditawarkan. Jika Anda sedang merencanakan perjalanan ke Jakarta, berikut adalah daftar tempat wisata di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi.

1. Museum Nasional Indonesia

Sebagai kota bersejarah, Jakarta memiliki bangunan tua dengan nilai sejarah yang tinggi. Sebagian besar bangunannya kini menjadi museum, salah satunya adalah Museum Nasional Indonesia. Museum yang juga dikenal dengan nama Museum Gajah ini memiliki koleksi terlengkap di Indonesia dan terbesar se-Asia Tenggara.

Wisatawan bisa menemukan beragam koleksi dari zaman prasejarah hingga sekarang. Destinasi wisata ini sering digunakan untuk wisata, dan juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk destinasi wisata sejarah di Jakarta.

2. Kebun Binatang Ragunan

Sebuah alternatif tempat wisata murah di Jakarta yang tidak hanya menjadi tujuan wisata tetapi juga sebagai sarana edukasi khususnya bagi anak-anak. Kebun Binatang Ragunan merupakan kebun binatang dengan koleksi lebih dari 200 jenis binatang, dan merupakan yang pertama dibuat di Indonesia.

Selain mengetahui nama dan jenis hewan, anak juga bisa berinteraksi langsung dengan hewan yang jinak. Pepohonan rindang dan udara sejuk yang ditawarkan akan sedikit banyak dari suasana panas Jakarta yang terkenal.

3. Museum Wayang

Terletak di kawasan wisata Kota Tua Jakarta, museum ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Sesuai dengan namanya, Museum Wayang menawarkan berbagai macam koleksi wayang tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri. Ada lebih dari 4.000 koleksi wayang, seperti wayang golek, wayang wayangan, wayang suket, dll. Pada waktu tertentu, museum ini juga mengadakan pentas wayang yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan mancanegara.