3 Tari Yang Berasal Dari Jawa Barat

3 Tari Yang Berasal Dari Jawa Barat – Tari Jawa Barat – Bandung merupakan ibukota dari Jawa Barat, kota ini memiliki banyak kekayaan mulai dari seni, budaya hingga pusat pariwisata bagi turis. Salah satu jenis kesenian yang menjadi ciri khas sekaligus identik dari dari Jawa Barat ialah tarian dan beberapa peninggalan bersejarah.

Contohnya seni tari, ada banyak seni tari yang menjadi salah satu iconik dan masih di lesetarikan hingga kini. Bahkan tarian di sini bukan hanya sebagai hiburan dalam sebuah acara tertentu, namun sebagai bentuk memperkenalkan kepada masyarakat luas hingga ke manca negara.

Untuk itu patut berbangga kamu karena menjadi bangsa yang memiliki banyak sekali budaya daerah.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Tari Jawa Barat

Kalian bisa melihat beberapa perbedaan dari tari Jawa Barat tradisional dengan jenis tarian dari daerah lain. Bahkan dari segi kostum hingga pembawaan, kebanyakan tari tradisional dari Jawa Barat menggunakan kostum dengan warna yang cerah dan di lengkapi beberapa aksesoris yang khas.

Disisi lain adapun iringan musik menggunakan alunan suara gamelan, sehingga terdengar begitu khas. Tak heran, jika gerakan tari tampil lebih licah, gemulai dan energik menjadi satu.

Nah, untuk itu berikut 3 tari berasal dari Jawa Barat yang terkenal dan bisa kamu pelajari.

3 Tarian khas Jawa Barat

1. Tari Topeng

Yang pertama ada Tari Topeng. Ini adalah tari yang berasal dari Cirebon, seperti namanya para penari di perkenankan untuk menggunkan topeng saat beraksi mementaskan.

Stidaknya terdapat lima topeng utama yang digunakan dalam satu kali pertunjukan, dan beberapa topeng di sebut Topeng Panca Wanda yang terbagi menjadi 5 diantaranya topeng panji, topeng samba, topeng rumyang, topeng patih, dan topeng kelana.

Kesenian satu ini masuk ke Cirebon melalui seniman jalanan yang pada akhirnya di pakai sebagai media untuk beberapa tujuan tertentu. Namun dengan seiring waktu, kesenian ini kini di kenal sebagai tari Cirebon.

Sebagai hasil kebudayaan, jika kalian melihat pertunjukan tari topeng maka kalian akan mendapatkan pesan-pesan baik didalamnya, seperti pesan kehidupan yang dapat berupa cerita kepribadian, kepemimpinan, cinta, serta menggambarkan jalan kehidupan sejak lahir hingga dewasa, dan juga pesan yang memiliki nilai pendidikan.

2. Ketuk Tilu

Ketuk tilu yanf artinya 3 ketukan sebagai salah satu pengiring utama yang khas dalam tari ini, menggunakan alat musik rebab. Meski pada awanya tarian satu ini di anggap sebagai tarian sakral, dan hanya yang digunakan pada saat melaksanakan upacara spiritual penyambutan panan padi, namun tetapi seiring waktu tari Ketuk Tilu telah menjadi bagian dari tari pertunjukan masal.

3. Jaipong

Berikutnya ada Jaipong, ini merupakan seni Tari Jawa Barat yang berasal dari kota Karawang. Tari satu ini sangat terkenal, bahkan seluruh di Indonesia mengenalnya hingga di jadikan pembelajaran di sekolah.

Ciri khas tarian jaipong ada pada aksesoris seperti sanggul dengan aksen hiasa bunga, di samping itu di para penari di lengkapi dengan selendang yang hanya dikalungkan pada bagian leher.

Iringan musik bertempo cepat dan licah membuat penari harus bergerak secara gemulai namun dengan semangat. Kalian bisa menonton para penari jaipong yang bergerak dengan sangat lincah mengikuti tempo musik yang cepat, hal ini mempunyai arti untuk menggambarkan seorang perempuan yang penuh dengan energik dan tidak pantang menyerah.

Jika di lihat Tari Jaipong lebih menonjolkan lekuk tubuh dan paras cantik dari sang penari, sekaligus mengartikan bahwa di balik keanggunan dan kelembutan seorang wanita ada keinginan menjadi diri sendiri tanpa terbatas sudut pandang dari orang lain.

Nah itulah beberapa jenis tari Jawa Barat yang bisa kamu ketahu, ketahui beragam jenis tari jawa barat lainya di greatnesia.id.