manfaat daun pandan

4 Manfaat Daun Pandan Yang Tak Banyak Orang Tahu.

Manfaat Daun Pandan Yang Tak Banyak Orang Tahu – Pandan atau pandan wangi, umunya tanaman satu ini ditanaman untuk diambil daunya, baik sebagai obat atau penyedap makanan.

Yap, hal ini dikarenakan daun pandan memiliki wangi harum, yang mana dapat meningkatkan aroma sedap pada makanan serta meningkatkan nafsu seseorang untuk menyantapnya.

Selain itu, daun tanaman panda juga kerap dijadikan pewarna makanan, hal ini dikarenakan daun pandan memiliki zat hijau daun yang pekat, sehingga sangat baik dan jauh dari efek samping jika digunakan sebagai pewarna pada masakan.

Namun tahukah kamu bahwa, manfaat daun pandan tak hanya digunakan sebagai pewarna dan penambah aroma wangi pada makanan. Daun pandan juga bisa digunakan sebagai obat herbal alami guna untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Sayangnya tak banyak orang tahu akan khasiat dari tanaman satu ini, maka dari itu berikut beberapa manfaat daun pandan yang tak banyak oran tahu :

1. Memperbaiki siklus tidur.

Mengkonsumsi minuman hangat di malam hari dapat membuat tubuh lebih rileks dan mudah untuk tidur terlelap. Selain itu air rebusan daun pandan bisa menjadi salah satu alternatif dalam memperbaiki siklus tidur kamu loh, sangat cocok buat kamu yang tak terlalu suka minum susu hangat karena mungkin terlalu mengenyangkan.

Cukup hirup aroma uapnya, kemudian seruput teh pandan secara perlahan. Pasti kamu jadi jauh lebih tenang dan gejala insomnia dapat diringankan.

Artikel lainya : Tips mencegah naiknya kolesterol jahat

2. Detoks tubuh.

Daun pandan dapat membantu tubuh dalam melakukan detoksifikasi menjadi lebih maksimal. Hal ini diketahui karena terdapat beberapa senyawa yang terkandung pada daun pandan bersifat antioksidan.

Bila kamu bosan dengan mengkonsumsi air lemon atau teh hijau, kamu bisa mengantinya dengan coba air rebusan daun pandan.

3. Mengontrol tekanan Darah.

Manfaat selanjutnya yaitu daun pandan diklaim mampu mengontrol tekanan darah menjadi lebih stabil dan kembali kebatas normal.

Jadi jika kamu sering mengalami seperti sakit kepala karena tekanan darah tinggi? Cobalah untuk mengkonsumsi rebusan daun pandan lalu dikonsumsi selagi hangat secara teratur.

4. Menurunkan panas tubuh.

Manfaat berikutnya dari daun pandan ialah dapat menurunkan panas tubuh akibat demam.

Kamu bisa mengolah daun pandan wangi dengan cara ambil beberapa lembar daun pandan lalu rebus bersamaan dengan dua gelas air.

Masak hingga mendidih dan airnya berkurang separuh lalu konsumsi dua kali sehari hingga demam turun. Atau dengan cara lainya yaitu daun pandan dihaluskan dengan diblender dan saring ampasnya lalu minum setengah gelas air sarinya.

Metode pengobatan tradisional tersebut dipercaya bisa membantu membuat kondisi tubuh jadi lebih baik.

Nah itulah 4 manfaat daun pandan untuk kesehatan, selain digunakan sebagai pewarna dan pengaharum makanan.

Kamu bisa menggunakanya sebagai salah satu pengobatan herbal alami, harap untuk tidak menggunakannya secara berlebihan ya, selain itu ada baiknya untuk menghentikan penggunaan jika masalah penyakit sudah sembuh.