menurunkan kolesterol

4 Tips Untuk Mencegah Naiknya Kolesterol Jahat.

Tips Untuk Mencegah Naiknya Kolesterol Jahat – Kolesterol merupakan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama dalam pembentukan jaringan sel, selain itu kolesterol juga dapat berguna untuk melindungi sistem saraf serta memperbaiki kinerja organ didalam tubuh.

Namun lain hal jika kadar kolesterol jumlahnya berlebihan, terlebih lagi kolesterol jenis LDL (Low Density Lipoprotein), yaitu adalah kolesterol jahat yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Jenis kolesterol satu ini dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung dan stroke.

Ada banyak faktor penyebab meningkatnya kadar kolesterol jahat didalam tubuh, namun yang paling sering dipicu oleh makanan yang kurang sehat serta gaya hidup yang buruk.

Namun tenang ada banyak cara untuk menghindari sekaligus mengurangi kolesterol dalam tubuh. Kamu bisa mengubah gaya hidup demi menurunkan kolesterol tinggi dan mempertahankan kadar kolesterol ke batas normal.

Berikut beberapa gaya hidup sehat agar terhindar dari masalah kolesterol :

1. Kurangi porsi makanan yang mengadung lemak

Cara paling mudah yang pertama guna untuk menjaga kadar kolesterol tetap di batas normal ialah dengan memperhatikan jumlah asupan lemak yang di porsi makan kamu.

Baiknya hindari untuk makanan dan minuman yang memiliki tingkat lemak jenuh maupun lemak trans yang tinggi, seperti susu dengan kandungahn tinggi lemak dan daging merah. Sebagai penganti lainya, kamu dapat mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh lebih rendah.

2. Berhenti merokok

Kegiatan merokok mampu menurunkan jumlah kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol jahat.

Selain itu zat yang terkandung didalam rokok juga bisa masuk kedalam tubuh dan merusak dinding pembuluh darah.

Oleh karennya, hentikan kebiasaan merokok dalam upaya kamu untuk menurunkan kolesterol serta menghindari dampak buruk dikemudian hari.

Artikel lainya : Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan

3. Kurangi konsumsi minuman beralkohol

Selanjutnya yaitu kurangi untuk mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Terlalu banyak dalam mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol jutstru dapat menyebabkan meningkanya kadar kolesterol jahat dan tekanan darah menjadi tidak stabil.

Untuk itu kamu harus bisa dalam membatasi konsumsi minuman beralkohol, dan lebih baik stop kebiasan satu ini karena akan berdampak buruk dimasa mendatang.

4. Rajin berolahraga

Olahraga tak selalu bermanfaat untuk menurunkan berat badan, olahraga secara teratur disetiap harinya juga dapat berguna dalam meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dan sekaligus menurunkan jumlah kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

Baiknya kamu melakukan kegiatan olahraga paling tidak 30 menit per hari, atau minimal 3 kali seminggu agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Kamu dapat dengan berlali-lari keliling komplek atau senam.

Selain itu kamu bisa mengontrol kolesterol agar tetap normal dengan melakukan tes kolesterol secara teratru dengan anjuran dokter.

Itulah beberapa cara dalam upaya menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mulai sekarang ubah gaya hidup menjadi lebih sehat serta kurangi kebiasan buruk yang dapat meningkatkan kolesterol jahat.

Ref : infomenarik