Peluang Bisnis Online Tanpa Modal

5 Ide Bisnis UKM Paling Menjanjikan di Tahun Baru

Bingung ingin buka usaha apa pada tahun baru ini? Bingung mengawali darimanakah karena baru pertama kalinya mengawali usaha? Saat ini, Anda tak perlu cemas kembali. Mulai usaha pertama Anda dari bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Rupanya, usaha UMKM di Indonesia alami perkembangan yang paling cepat lho.

Berdasar data Kementerian Koordinator Sektor Ekonomi, peran UMKM di ekonomi nasional terhitung lumayan besar, capai 99,9%. Bahkan juga, usaha UMKM sanggup meresap tenaga kerja sampai 97% dan menyumbangkan PDB sampai 60,34%. Nah, Anda mulai ketarik buka usaha bertaraf UMKM? Berikut 5 gagasan usaha UKM sangat prospektif yang dapat Anda coba peruntungannya di tahun baru 2020 ini.

1. Bisnis Kuliner Kekinian

Ide bisnis UKM pertama yang dapat Anda coba ialah usaha kulineran modern. Kenapa harus kulineran? Tidak disangkal, data memperlihatkan jika usaha kulineran berkembang benar-benar cepat di Indonesia.

Berdasar data Tubuh Ekonomi Inovatif (Bekraf), usaha kulineran di Indonesia capai 5.576.000 atau 68% dari keseluruhan 8,2 juta usaha ekonomi inovatif Indonesia. Pasti tipe usaha ini bawa kesempatan yang baik untuk Anda.

Nah, agar Anda dapat memperoleh keuntungan optimal pada tahun ini, coba buka usaha kulineran modern yang diprediksikan makin ngetrend pada tahun ini. Anda tentu sudah kenal dengan bermacam tipe usaha kulineran modern kan?

Kecuali menunjukkan penampilan/ penyuguhan makanan yang unik dan instagrammable, kulineran modern condong memakai beberapa bahan makanan alternative yang ngetrend. Misalkan: pemakaian boba, pemanis alternative, meat-plant, dan ada banyak kembali.

2. Bisnis Kafe Instagrammable

Ide bisnis UKM sangat prospektif yang ke-2 ialah buka cafe yang instagrammable. Maknanya, Anda dianjurkan tidak untuk sekedar buka cafe biasa yang menyediakan minuman dan makanan. Tetapi, Anda pun perlu mendesain interior cafe Anda dengan design yang unik dan instagrammable. Hingga, konsumen setia kerasan lama-lama di cafe Anda dan dengan suka hati memberikan beberapa foto di cafe Anda secara suka-rela.

Untuk membuat cafe yang instagrammable, Anda perlu mengangkat satu topik khusus untuk cafe Anda. Lantas, coba melengkapi cafe Anda dengan perkakas dan pernak-pernik unik yang dapat memberikan dukungan penampilannya jadi lebih menarik. Yakinkan ada juga nilai plus yang membandingkan cafe Anda dengan cafe biasanya. Hingga, cafe Anda dapat lebih dikenang oleh konsumen setia.

3. Bisnis Katering Sehat/ Menu Diet

Saat ini kesadaran akan keutamaan mempertahankan kesehatan makin berkembang cepat. Ini membuat kesempatan usaha yang baik untuk membangun usaha katering sehat/ menu diet. Karena, banyak orang belum juga sanggup mempersiapkan menu sehatnya sendiri, khususnya karena jumlahnya aktivitas di luar rumah.

Nah, untuk memulai usaha ini, Anda dapat pasarkan katering menu sehat/ diet Anda lewat service pesan antar online. Hingga Anda berkesempatan memperoleh konsumen setia baru lebih gampang. Janganlah lupa untuk terus-menerus lakukan promo, baik secara off line atau online. Karena, banyak orang pemula belum juga begitu aware dengan hadirnya layanan katering yang khusus sediakan makanan sehat/ menu diet.

4. Bisnis Kado Handmade

Ide bisnis UKM sangat prospektif yang ke-4 ialah usaha hadiah handmade atau customize seperti keinginan konsumen setia. Tidak disangkal, konsumen setia semakin tertarik beli hadiah kustom, karena karakternya yang lebih berasa terbatas. Misalkan: tawarkan kustom dress, kustom ilustration, sampai bahkan juga furniture kustom.

Anda dapat cari gagasan usaha seperti ketrampilan yang Anda punyai. Misalkan, Anda pakar dalam membuat gambar contoh, karena itu Anda dapat tawarkan layanan ilutrasi kustom. Yang jelas, untuk mencoba tipe usaha ini, Anda dituntut mempunyai kreativitas tinggi dalam menyediakan produk yang berbeda untuk tiap konsumen setia.

5. Bisnis Peralatan Zero Waste

Ide bisnis UKM ke-5 yang dapat Anda coba dengan jual perlengkapan untuk memberikan dukungan pola hidup zero waste. Tidak disangkal, sekarang ini banyak mulai orang yang makin sadar untuk kurangi sampah dan menahan beberapa barang sekali gunakan. Hingga, keperluan akan perlengkapan zero waste juga makin besar dan menjadi kesempatan usaha yang menggiurkan untuk Anda.

Anda dapat mengawali usaha ini dengan jual perlengkapan zero waste, seperti tumbler, kotak makan, totebag, stainless straw, dan ada banyak kembali. Untuk menarik konsumen setia, Anda perlu aktif lakukan edukasi mengenai keutamaan mengawali pola hidup zero waste. Salah satunya triknya dengan membuat postingan-postingan di sosial media dan ajak pengikut berunding mengenai desas-desus yang terkait dengan persoalan sampah dan lingkungan hidup. Kenalilah ilmu bisnis supaya usaha anda lancar.

Nah, bagaimana? Ketarik mengawali usaha UKM yang mana? Yang jelas, apa saja usaha UKM yang akan Anda tekuni, yakinkan Anda aktif lakukan pengembangan dan mengikut perubahan tehnologi terbaru.