Keunggulan Jagung

5 Keunggulan Jagung Untuk Kesehatan | Ini Dia Protein, Serat dan Karbohidrat di Dalamnya

5 Keunggulan Jagung Untuk Kesehatan | Ini Dia Protein, Serat dan Karbohidrat di Dalamnya – Kesehatan Ini Deretan Faedah Jagung untuk Kesehatan 6 Februari 2020, 11:10 –> Jagung dipakai oleh beberapa warga Indonesia sebagai makanan dasar setiap hari. Tidak cuma nikmat, faedah jagung untuk kesehatan berlimpah, dimulai dari memperlancar pencernaan, mencegah dampak radikal bebas, sampai bagus untuk kesehatan mata.

Jagung atau Zea mays sebagai tipe pangan yang tidak asing untuk warga Indonesia. Makanan ini mempunyai rasa manis yang sedap dan bisa didapat pada harga dapat dijangkau.

Tidak itu saja, jagung dapat diproses dengan bermacam langkah, dimulai dari dipanggang, direbus, dikukus, sampai diolah jadi sup dan popcorn.

 

maklon kosmetik

Cari Pabrik Maklon Kosmetik dan Skincare Terbaik? Cek Disini

 

– Keutamaan 6 Faedah Jagung untuk Kesehatan

Dalam sebuah jagung yang sama dengan lebih kurang 100 g biji jagung, ada sekitaran 80-100 kalori. Disamping itu, jagung memiliki kandungan bermacam gizi, misalnya:

– Serat.

– Protein.

– Karbohidrat kompleks.

– Mineral berbentuk kalium, fosfor, zat besi, zinc, magnesium, tembaga, dan folat.

– Vitamin, seperti vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin C.

– Anti-oksidan, seperti asam fenolat, zeaxhantin dan lutein.

Karena bermacam kandungan gizinya, ada banyak faedah jagung yang bisa didapat. Berikut ialah beberapa faedah jagung untuk kesehatan:

  1. Memperlancar aliran pencernaan

Jagung memiliki kandungan serat yang berguna untuk memperlancar pencernaan. Serat ini akan diolah semakin lama dan bisa membuat aliran pencernaan lebih aktif. Karena memiliki kandungan serat, jagung bisa dimakan untuk menolong memudahkan dan menahan sembelit.

  1. Sehatkan mata

Jagung memiliki kandungan anti-oksidan zeaxantin dan lutein. Tipe gizi ini dikenali bagus untuk jaga kesehatan mata. Beberapa study memperlihatkan jika teratur konsumsi jagung bisa kurangi resiko berlangsungnya masalah mata berkaitan penuaan, seperti degradasi makula dan katarak.

  1. Tingkatkan kepadatan tulang

Jagung berguna juga untuk jaga kesehatan tulang, khususnya untuk orang yang susah mengolah susu atau mempunyai alergi susu atau intoleransi laktosa.

Masalahnya dalam satu porsi jagung ada lebih kurang 90 mg fosfor. Jumlah ini sama dengan 10% keperluan harian fosfor orang dewasa. Fosfor sendiri sebagai gizi yang berperan tingkatkan kepadatan dan kemampuan tulang dan gigi.

 

Baca juga: saffron face mist palsu

 

  1. Menahan stres

Jagung memiliki kandungan magnesium yang bisa jaga kesehatan dan peranan otak sekalian jaga situasi hati. Kandungan magnesium yang rendah disebutkan bisa tingkatkan resiko terserang stres. Maka dari itu, konsumsi jagung dengan teratur bisa tingkatkan kandungan magnesium pada tubuh untuk kurangi resiko stres.

  1. Mengontrol tekanan darah

Kandungan mineral kalium dan magnesium dan anti-oksidan pada jagung bagus untuk menolong mengatur tekanan darah. Oleh karenanya, konsumsi jagung dengan teratur bisa memberikan faedah menahan penyakit darah tinggi.

Tetapi, jagung seharusnya tidak ditambahkan garam berlebihan karena konsumsi garam yang terlalu berlebih malah bisa tingkatkan tekanan darah.

  1. Mencegah radikal bebas

Jagung memiliki kandungan banyak anti-oksidan dan vitamin C yang bagus untuk jaga supaya badan masih tetap sehat. Anti-oksidan dijumpai bagus untuk mencegah dampak radikal bebas yang bisa tingkatkan resiko terserang penyakit dan penuaan awal.

Untuk memperoleh faedah jagung di atas, pilih jagung dengan keadaan yang bagus dan bersihkan jagung sampai betul-betul bersih saat sebelum mengkonsumsinya. Sesudah dibersihkan sampai bersih, jagung bisa diolah dengan direbus, dipanggang, atau dikukus sampai masak sepenuhnya.

Walau mempunyai faedah untuk kesehatan, jagung seharusnya tidak dimakan terlalu berlebih, khususnya untuk pasien diabetes. Masalahnya jagung memiliki kandungan kandungan gula yang lumayan tinggi, hingga bisa tingkatkan kandungan gula darah.

Karena itu, Anda dapat konsultasi sama dokter nutrisi untuk tentukan berapa banyak jatah konsumsi jagung yang aman, sama sesuai keadaan kesehatan Anda.

 

baca juga: Raphael Michael CEO Pabrik Maklon