5 Manfaat Quinoa untuk Kesehatan

5 Manfaat Quinoa untuk Kesehatan

Kinoa atau quinoa adalah makanan yang biasa di konsumsi oleh orang amerika selatan terutama suku Indian.  Quinoa di anggap sebagai serealla semu, di anggap serealla semua karena biji yang di hasilkan tidak berasal dari tumbuhan yang satu suku dengan tanaman padi-padian.

Bagi orang yang sedang dalam tahap proses diet, biji quinoa merupakan pilihan makanan yang tepat, selain itu yang mau menjaga pola makan tetap sehat juga bisa mengkonsumsi biji quinoa. Bahkan untuk bayi bisa menjadi quinoa sebagai sumber vitamin untuk daya tahan tubuh anak, termasuk juga yang masih berusia bayi.

Biji quinoa selain kaya akan kandungan serta dan magnesium, tapi juga mengandung zat besi, kalium, kalsium, vitamin B, vitamin D, vitamin E, fosfor juga mengandung berbagai macam antioksidan. Berikut ini adalah berbagai macam manfaat dari biji quinoa yang sebenarnya tidak hanya sekedar untuk diet saja.

  1. Menjaga dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jika harus di bandingkan dengan biji-bijian yang lainnya tentu biji quinoa termasuk lebih unggul, karena asam animo esensialnya banyak. Setiap mengkonsumsi  biji quinoa dengan jumlah 185 gram maka anda sudah mendapatkan 8 gram asupan asam amino esensial untuk tubuh. Dengan asam amino esensial yang tercukupi maka tubuh tidak akan mudah mengalami masalah kesehatan.

  1. Meningkatkan pertumbuhan otot dan tulang

Dengan adanya kandungan kalsium dan zat besi sudah sangat jelas bahwa biji quinoa sangat bagus di gunakan untuk membantu pertumbuhan masa otot dan ketebalan tulang.

Biji Quinoa juga sangat bisa di konsumsi sebelum ada sesudah olahraga, untuk mengurang resiko cedera pada otot dan mempercepat peyembuhan otot yang mengalami luka.

  1. Memperlancar perncernaan

Biji Quinoa tidak hanya memperlancar pencernaan pada orang dewasa, tapi ketika di konsumis oleh bayi juga mampu memperlancar dan menyehatkan pencernaan pada bayi. Biji Quinoa memiliki kandungan serat yang banyak dengan kandungan air yang mempermudah sistem pencernaan bekerja dengan baik.

  1. Menjaga dan mencerdaskan otak

Biji Quinoa mengandung zat besi, kadar hemogbloin sangat di pengaruhi oleh terpenuhinya zat besi di tubuh. Ketika kadar hemogbloin naik maka proses mengalirkan oksigen keseluruh tubuh termasuk otak menjadi lebih cepat. Dengan oksigen di otak tercukupi ini membuat maka membuat otak pada anak menjadi lebih cerdas serta konsentrasi meningkat.

  1. Mencegah dan menyembuhkan anemia

Biji Quinoa yang mengandung zat besi membuat tubuh mampu mencegah dan menyembuhkan dari anemia. Anemia di pengaruhi karena kekurangan zat besi, sel darah juga kan berkurang ketika zat besi kurang .

Sekarang sudah tau manfaat dari quinoa, maka jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi biji-bijian yang satu ini.