7 Cara Membersihkan Telinga Yang Benar Dengan Bahan Alami

5 Cara Aman Membersihkan Telinga, Jangan Pakai Cotton Bud!

Keberadaan kotoran di dalam telinga sudah tentu menjadi hal yang sulit dihindari. Hal itu membuat cara membersihkan telinga dengan benar sangat penting diketahui oleh siapapun. Tentunya agar kebersihan dan kesehatan alat indra pendengaran selalu terjaga.

Namun sayangnya, hingga saat ini masih banyak orang yang belum memahami cara benar membersihkan telinga, yaitu bukan dengan menggunakan cotton bud. Penggunaan cotton bud memang lebih mudah dan praktis, namun efek jangka panjangnya justru menyebabkan kotoran telinga akan terdorong lebih dalam dan masalah bertambah parah.

Disebut juga dengan istilah serumen, bentuk kotoran telinga ini berupa gumpalan lunak yang diproduksi oleh kelenjar minyak di lubang telinga. Cara membersihkan telinga yang benar adalah cara yang bisa meluruhkan serumen dan melunakkan serumen yang sudah mengeras.

Sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, berikut 7 cara membersihkan telinga yang benar dengan menggunakan bahan – bahan alami.

  1. Baby Oil

Untuk membersihkan telinga dengan cara yang benar bisa menggunakan baby oil. Cara menggunakan baby oil untuk membersihkan telinga dengan benar adalah cukup meneteskan sedikit baby oil langsung ke dalam telinga. Kemudian, tutupi lubang telinga dengan kain atau benda yang aman selama beberapa menit.

  1. Minyak Almond

Cara membersihkan telinga yang benar selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak almond. Cara menggunakan minyak almond untuk membersihkan telinga adalah bisa menggunakan bantuan pipet tetes, kemudian teteskan minyak almond tersebut ke dalam telinga. Setelah itu, diamkan minyak almond didalam telinga beberapa menit, kemudian bersihkan kotoran telinga yang muncul dengan kain halus.

  1. Minyak Kelapa

Untuk memanfaatkan minyak kelapa sebagai cara membersihkan telinga yang benar adalah bisa dengan memanaskannya terlebih dahulu sedikit. Kemudian biarkan minyak kelapa agak sedikit dingin.

Kamu bisa menggunakan pipet tetes untuk memasukkan beberapa tetes minyak kelapa ke dalam telinga. Kemudian, diamkan 5 menit, dan bersihkan dengan menggunakan kain pembersih telinga.

  1. Bawang Putih

Cara membersihkan telinga yang benar dengan minyak bawang putih sangat mudah dilakukan. Cukup ambil 3 hingga 4 siung bawang putih, lalu panaskan diatas penggorengan dengan minyak hingga agak menghitam.

Setelah bawang putih menyerap minyak yang ada, sisihkan kemudian remaslah bawang putih secara perlahan agar minyak yang ada didalamnya menetes keluar. Selanjutnya teteskan minyak dari bawang putih tersebut ke dalam telinga yang harus dibersihkan. Gunakan minyak dari bawang putih tersebut sebelum tidur.

  1. Air Garam

Cara membersihkan telinga yang benar juga bisa dengan air garam. Cukup campurkan 1 sendok makan garam kedalam air. Setelah itu, rendam kapas pada air garam tersebut lalu teteskan ke dalam telinga. Namun, pastikan larutan air garamnya tetap terjaga dalam telinga agar tidak mengalir keluar selama beberapa menit.

  1. Baking Soda

Cara membersihkan telinga yang benar dengan menggunakan baking soda adalah cukup mencampurkan setengah sendok teh baking soda ke dalam air. Setelah itu, tuangkan beberapa tetes larutan baking soda ke dalam telinga. Diamkan selama beberapa saat, kemudian bersihkan telinga dengan kapas lembut. Lakukan cara ini secukupnya dan tidak berlebihan.

  1. Minyak Zaitun

Cara membersihkan telinga yang benar adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Penggunaan minyak zaitun bisa membantu melunakkan kotoran telinga yang sudah mengeras. Tekstur yang dimiliki minyak zaitun berkhasiat untuk membuat kotoran telinga yang keras menjadi lebih lunak, sehingga membuat mudah dibersihkan. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki kandungan zat antibakteri yang bisa membantu menjaga telinga tetap sehat.