7 Penyakit Akibat Stres Berlebihan Yang Bisa Anda Rasakan!

Stres bisa terjadi akibat berbagai faktor. Nah stress ini adalah reaksi tubuh terhadap sesuatu yang berbahaya. Mulai dari merasa tertekan atau terancam saat mengalami sebuah perubahan. Stress berlebihan umumnya memicu penyakit setelahnya. Ada beberapa penyakit akibat stres berlebihan yang kemudian muncul dan membuat anda semakin khawatir.

Stres bisa membawa dampak negatif bagi kesehatan mental atau kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tentunya perasaan stress ini harus ditangani dengan baik agar tidak semakin membahayakan kesehatan. Di bawah ini ada beberapa penyakit yang diakibatkan oleh stres secara berlebihan.

  • Obesitas

Penyakit akibat stres berlebihan yaitu anda bisa mengalami yang namanya obesitas. Karena stres bisa menyebabkan penumpukan lemak di perut sehingga lebih meningkatkan resiko Anda mengalami kelebihan berat badan. Ketika anda stres maka meningkatkan kadar hormon kortisol dalam tubuh. Hormon ini yang menyebabkan lemak banyak menumpuk di dalam perut.

  • Diabetes

Selain obesitas, rupanya stress juga bisa membuat diabetes yang anda derita semakin berbahaya. Stres pemicu kebiasaan buruk, yaitu anda akan mengkonsumsi makanan dan minuman tidak sehat secara berlebihan setiap hari. Nah stres juga bisa meningkatkan kadar glukosa darah untuk penderita diabetes tipe 2. Dua hal tersebut tentu bisa menyebabkan diabetes di tubuh anda semakin buruk dan berbahaya tentunya.

  • Asma

Ketika Anda memiliki penyakit asma, stres juga bisa mempengaruhi keadaan tersebut. Bahkan ada beberapa penelitian yang menyebutkan, stress yang dialami orang tua membuat penularan penyakit asma pada anak semakin tinggi. Belum lagi pada ibu hamil yang terpapar udara kotor dan memiliki kebiasaan merokok, umumnya bisa membuat anak yang dikandung mengalami penyakit asma pula.

  • Flu

Penyakit akibat stres berlebihan, umumnya juga bisa menyebabkan terjadi flu. Hal ini karena ada hubungannya antara stres dan menurunnya imunitas tubuh seseorang. Ketika kadar hormon kortisol naik tajam, perasaan stress bisa menurunkan respon imun terhadap berbagai ancaman salah satunya virus flu. Hal ini membuat orang-orang yang stress cenderung lebih mudah terserang flu. Bahkan ketika stres anda tidak bisa dikontrol akan memperparah flu hingga Anda sulit kemana-mana.

  • Gangguan Tidur

Stres yang anda alami, tentu sangat bisa membuat anda susah tidur. Karena ketika stres, otak penuh dengan banyak pikiran dan juga emosi. Hal ini tentu bisa memicu Anda mengalami gangguan tidur akut seperti insomnia misalnya. Ketika hal ini dibiarkan terus-menerus, stres bisa berpengaruh pada tekanan darah hingga akhirnya yang paling berbahaya adalah dapat memperpendek usia anda.

  • Sakit Punggung

Biasanya sakit punggung terjadi karena sikap tubuh yang salah ketika anda melakukan aktivitas. Namun ketika sakit punggung anda tidak sembuh juga, hal ini bisa dipengaruhi oleh tekanan emosional atau stress berlebihan. Karena stres mampu memicu ketegangan fisik yang menyakitkan. Hal ini umumnya terjadi di sekitar punggung, bokong, bahu hingga jaringan lunak pada leher.

Jadi ketika anda mencoba berbagai cara agar sakit punggung sembuh, coba perhatikan juga kondisi mental dan emosional di dalam diri anda.

  • Sakit Kepala

Penyakit akibat stres berlebihan tentunya sangat mudah memicu sakit kepala. Ini karena otot anda dan juga saraf di kepala akan tegang karena stres yang terjadi. Stres yang anda alami, akan memicu kepala tegang, migrain hingga kesemutan pada satu atau dua sisi kepala. Sakit kepala ini bisa terjadi secara singkat atau bertahan lama tergantung tingkat stres yang Anda rasakan.

Demikian beberapa penyakit akibat stres berlebihan yang umumnya sering timbul. Maka dari itu kurangi stress karena tidak hanya membahayakan mental Anda tapi juga kesehatan tubuh.