air terjun seloprojo

Air Terjun Seloprojo : Tempat Sejuk Cocok Untuk Piknik Asik

Cuaca panas akhir-akhir ini membuat Anda ingin berlibur ke tempat yang dingin dan asri. Nah kebetulan banget, kini banyak wisata air terjun di Magelang yang bisa Anda kunjungi. Tempatnya sejuk, asri dan damai. Cocok untuk Anda melipir sejenak, melepas kepenatan dari seharian bekerja di perkotaan. Yaitu air terjun Seloprojo.

Anda bisa langsung mencicipi tempat wisata air terjun yang satu ini, namanya Air Terjun Seloprojo. Air terjun yang satu ini punya ciri khas unik, yakni terdapat sebuah patung kepala singa yang dijadikan sebagai aliran air yang mengucur dari sumber air terjun ke aliran sungai yang nantinya menjadi irigasi untuk persawahan para petani di desa tersebut.

Wah, baru sekilas saja sepertinya udah sangat seru dan asik ya? Apalagi, kalau bisa melihat langsung dan bersentuhan langsung dengan air dingin yang mengalir dari puncak air terjun. Pastinya Anda bisa sangat relaksasi.

Rasa lelah, rasa penat bisa hilang dengan Anda berendam di kolam yang berada tepat di bawah pancuran. Ada dua kolam air yang bisa Anda pilih. Semuanya tidak terlalu dalam sehingga sangat pas untuk dijadikan tempat berendam. Merasakan air dingin merasuk ke dalam tubuh kita melalui pori-pori kulit.

Lokasi Air Terjun Seloprojo

Air Terjun Seloprojo ini tidak jauh dari Candi Borobudur. Jadi, jika Anda lelah berkeliling ke Candi Borobudur, Anda bisa menepi ke tempat ini untuk beristirahat sembari merendam kaki, atau merendam tubuh jika memang membawa baju ganti. Lokasinya berada di Ngablak, Kabupaten Magelang.

Jika tidak membawa baju ganti pun Anda tetap bisa menikmati keindahan alam Air Terjun ini. Mengapa? Karena lokasi air terjun ini berbatasan langsung dengan persawahan warga yang berada di bukit. Untuk menuju ke sini, Anda harus rela trekking sekitar 10 menit dari area parkir. Sebelumnya, Anda bisa memilih sewa mobil Jogja lepas kunci agar bisa mencapai titik ini karena lokasinya yang memungkinkan untuk menggunakan mobil.

Namun, jangan buru-buru malas dulu. Saat Anda trekking, berjalan kaki dari area parkir, Anda akan berjalan, menyusuri pematang sawah melalui jalanan kecil yang kiri kanan Anda adalah tanaman padi yang hijau terhampar.

Sesekali Anda bisa melihat perkampungan penduduk sekitar dari atas bukit. Sangat indah. Anda bisa berjalan, menikmati suasana alam yang asri, Anda juga bisa sekaligus menghirup udara segar di sepanjang perjalanan Anda menuju ke Air Terjun Seloprojo.

Harga Tiket Masuk Murah

air terjun seloprojo
sumber: pariwisata.magelangkab.go.id

Masuk ke kawasan wisata Air Terjun ini, Anda tidak akan dituntut untuk membayar tiket masuk mahal. Pasalnya kawasan wisata  ini termasuk ke dalam golongan wisata murah di Magelang.

Uang yang harus Anda keluarkan untuk bisa merasakan keindahan alam Air Terjun Seloprojo ini sangatlah kecil. Dan rasanya tidak sebanding dengan kedamaian yang nantinya akan Anda dapatkan di Air Terjun Seloprojo ini.

Anda hanya cukup membayar tiket masuk sebesar 3.000 per orang saja. Cukup murah kan? Ditambah lagi parkir motor sebesar 2.000 rupiah saja. Nah total biaya yang harus Anda keluarkan untuk sekali wisata ke Air Terjun Seloprojo hanya sebesar 5.000 rupiah saja. Wahhh, murah.

Biaya tersebut diluar makan, dan akomodasi ya. Tapi, dengan hanya menyiapkan uang sebesar 5.000 rupiah saja, Anda sudah bisa merasakan piknik seru di alam bebas ditemani dengan air dingin alami dari pegunungan yang mengucur deras di Air Terjun Seloprojo.

Waktu yang Tepat Untuk Berkunjung Ke Air Terjun Seloprojo

Jika Anda benar-benar ingin menikmati suasana alam yang asri di kawasan Air Terjun Seloprojo, Anda juga harus memastikan waktu yang terbaik untuk mengunjunginya. Salah-salah, bisa jadi malah tidak sesuai ekspetasi.

Jadi, selain biaya wisata, transpot dan lain sebagainya, satu yang tak kalah penting harus menjadi pertimbangan Anda sebelum memulai wisata, yakni waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini.

Jadi, kapan waktu terbaik untuk bisa menjelajah Air Terjun Seloprojo? Anda bisa datang pada saat pagi hari dan pada hari biasa jika memang menginginkan suasana yang lebih damai dan tidak terlalu ramai. Datang pada pagi hari juga akan membuat Anda lebih segar. Udara yang ada di sana juga masih sejuk, sehingga Anda jadi semakin bisa menikmatinya.

Satu lagi, Anda jangan nekat datang pada musim penghujan ya. Kalau pada saat musim penghujan tentu aliran air akan sangat deras. Hal itu juga akan lebih membahayakan untuk bisa berendam di kolam alami yang ada di sana.

Jadi, Anda bisa datang ke sini pada bulan Juni-Agustus untuk bisa mendapatkan aliran air yang pas dan cuaca yang cerah. Jadi, Anda bisa mengambil foto yang bagus dengan sudut pandang yang menawan.

Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan di Air Terjun Seloprojo

Selain bisa mengunjungi dan menikmati Air Terjun ini, Anda juga bisa menikmati suasana lain di sekitar kawasan Seloprojo yang tak kalah menarik. Apa saja ya kira-kira?

Anda bisa menyusuri hutan pinus yang tumbuh di sekitar kawasan Air Terjun Seloprojo. Di sana ternyata ada kawasan camping ground yang tepat berada di tengah hutan. Jika Anda berniat untuk berwisata alam terbuka, Anda bisa mendirikan tenda di hutan pinus di sekitar Air Terjun ini.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi sebuah air terjun lagi yang lokasinya berada di tengah hutan pinus. Aliran airnya tidak terlalu deras, namun tebingnya sangat tinggi. Anda bisa pergi ke sana sembari mengamati keindahan air yang mengalir melalui tebing batuan hitam yang megah.

Jika lelah dan ingin menikmati suasana alam yang ada di sana sembari menikmati bekal makanan yang Anda bawa, tenang saja di sana juga sudah ada beberapa gazebo yang bisa Anda pakai untuk bersantai. Santap makanan pun akan semakin lezat karena berada di tengah hutan yang asri.

Anda juga bisa sesekali mendengar gemericik air dan suara gesekan daun yang tertempa angin. Semilir, sejuk, asri itu lah yang nantinya Anda bisa rasakan saat mengunjungi wisata Air Terjun ini. Tempat ini memang pas, jika dijadikan sebagai tempat melipir dari hiruk pikuknya perkotaan.

Datang ke air terjun Seloprojo ini akan lebih mudah dengan menggunakan sewa mobil yang dipesan lewat https://rentaljogja.co.id/ dengan mudah lho. Yuk booking sekarang.