Apa Itu Mendirikan PT?

Apa saja syarat mendirikan PT dan prosedur yang perlu Anda lalui? Perseroan Terbatas (PT) merupakan badan usaha yang paling sering entrepreneur pakai dalam mobilisasi usaha dikarenakan mempunyai banyak berlebihan dibandingkan dengan badan usaha yang lain, layaknya CV, firma dan sebagainya. Sebagai pelaku usaha, misalnya menghendaki mendirikan perusahaan, sebaiknya persiapkan berasal dari awal persyaratannya. Berikut ini ulasannya!

Apa Itu Mendirikan PT?

PT adalah Perseroan Terbatas yang merupakan badan usaha berbadan hukum dengan persekutuan modal dan didirikan berdasarkan perjanjian. Aktivitas usaha yang berbentuk PT dilaksanakan dengan modal basic yang seutuhnya terbagi atas saham dengan menggunakan jasa pembuatan pt murah .

PT dengan status berbadan hukum, memicu PT mempunyai hak yang serupa atau setara dengan manusia. Dalam hal ini melakukan tindakan sebagai subjek hukum.

Pengertian PT tersebut tertuang dalam Undang-Undang No.40/2007 Pasal 1 angka (1) berkenaan Perseroan Terbatas (PT).

Dalam mendirikan PT, terdapat lebih dari satu syarat yang perlu Anda penuhi dan juga serangkaian prosedur yang perlu Anda jalankan.

 

Dasar Hukum PT

Pemerintah udah mengatur berkenaan Perseroan Terbatas (PT) dalam lebih dari satu peraturan, pada lain:

Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHD)
UU Nomor 40 tahun 2007 berkenaan Perseroan Terbatas (PT)
UU Nomor 20 tahun 2008 berkenaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
Peraturan Pemerintah (PP) No.29 tahun 2016 berkenaan Perubahan Modal Dasar Perseroan Terbatas
Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) No. 3 tahun 2017 berkenaan Biaya Jasa Hukum Notaris untuk Mendirikan Perseroan Terbatas Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
Undang-Undang (UU) No.11 tahun 2020 Tentang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja)