Apa itu Tes MMPI Online dan Apa Saja Tipe Tesnya?

Tes MMPI online bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan mental dan ada tidaknya gangguan mental pada orang yang menjalani tesnya. Orang yang menentukan ada atau tidaknya gangguan mental tersebut juga bukanlah orang biasa, melainkan seorang ahli profesional di bidangnya.

Hal ini karena seorang ahli profesionalnya telah benar-benar mengerti tentang kondisi mental seseorang sehingga dapat memberikan diagnosa yang benar. Jika yang menentukan bukalah seorang ahli profesional maka bisa saja diagnosanya salah dan tidak benar. Hal ini tentunya dapat menimbulkan suatu masalah nantinya.

Pengertian Tes MMPI Online dan Tipenya

Tes MMPI adalah sebuah tes psikologi yang dilakukan untuk menilai kepribadian dan psikopatologi dari pelaku tesnya. MMPI sendiri merupakan kependekan dari Minnesota Multiphasic Personality Inventory. Tujuan dari dibuatnya tes ini yaitu untuk mempermudah para ahli profesional dibidang kesehatan mental untuk melakukan diagnosis berbagai gangguan mental pada seseorang.

Selain digunakan untuk kebutuhan psikologi klinis saja, akan tetapi tes ini juga dapat digunakan untuk berbagai kepentingan lainnya. Contohnya yaitu digunakan pada berbagai kasus hukum kriminal dan juga masalah hak asuh.

Tes MMPI online juga dapat digunakan dalam salah satu instrumen penilaian dalam proses seleksi karyawan baru suatu perusahaan. Apalagi untuk profesi atau posisi tertentu yang memiliki pekerjaan dengan risiko yang tinggi.

Tes MMPI ini sendiri pertama kali dibuat pada tahun 1937 oleh dua orang yang merupakan ahli klinis bernama Starke R. Hathaway dan seorang neuropsikiatri yang bernama J. Charnley McKinley. Sesuai dengan namanya Minnesota Multiphasic Personality Inventory, test ini dikembangkan di University of Minnesota.

Akan tetapi, tes ini baru dipublikasikan pada tahun 1942 setelah melalui berbagai perubahan untuk membuat hasilnya menjadi lebih akurat. Untuk saat ini tes MMPI adalah salah satu tes psikologi yang banyak digunakan dan telah diadaptasi oleh lebih dari 40 negara di dunia.  

Tipe-Tipe Tes MMPI

Tes MMPI online memiliki beberapa tipe yang digunakan, berikut ini adalah beberapa tipenya:

1. Tes MMPI (MMPI-1)

Tes MMPI (MMPI-1) merupakan versi awal dari tipe MMPI. Versi ini memilki soal 566 item pertanyaan. Di Indonesia, penggunaan MMPI-1 adalah yang paling umum karena skalanya sudah dilakukan penelitian untuk subjek orang Indonesia. Tes ini masih relevan penggunaannya untuk subjek orang Indonesia.

2 Tes MMPI-2

Tipe ini adalah tipe yang paling umum digunakan dan pernah melalui beberapa kali revisi, yaitu pada tahun 1989, 2001, dan 2009. Tes MMPI-2 tahun 2009 inilah yang hingga sekarang masih digunakan untuk menilai status mental. Tipe tes ini adalah tipe yang dilakukan untuk orang dewasa yang terdiri atas 567 pertanyaan dan juga memiliki hasil yang valid dan dapat dipercaya.

3 Tes MMPI-2-RF

Tes ini pertama kali terbit pada tahun 2008 dan merupakan versi baru dari Tes MMPI-2. Banyak juga ahli profesional yang mulai menggunakan tipe ini, meskipun begitu dibutuhkan beberapa revisi untuk memperbarui jenis pertanyaannya untuk meningkatkan validitas atau kebenaran dari hasil tesnya.

Tipe ini juga memiliki 338 pertanyaan sehingga jumlahnya lebih sedikit dan waktu untuk menjawabnya juga lebih singkat daripada dengan tipe pertama.

4 Tes MMPI-A

Tipe tes ini pertama kali terbit pada tahun 1992 dan diperuntukkan untuk anak remaja yang berusia 14 hingga 18 tahun, sehingga tidak akan relevan jika digunakan untuk orang dewasa. Tes ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik anak dan remaja dan juga membantu ahli dalam merencanakan perawatan jika anak memiliki gangguan mental. Total pertanyaan dari tes MMPI online ini yaitu 478 pertanyaan.

5 Tes MMPI-A-RF

Kepanjangan dari MMPI-A-RF adalah Minnesota Multiphasic Personality Inventory-Adolescent-Restructured Form. Tes ini merupakan alternatif dari tipee tes MMPI-A dan pertama kali digunakan pada tahun 2016. Jumlah pertanyaannya juga lebih sedikit dari tes MMPI-A yaitu hanya 241 pertanyaan.

6 Tes MMPI-3

Tes ini merupakan versi terbaru dari tes MMPI yang baru diterbitkan pada tahun 2020. Pada versi ini tersedia dalam berbagai format yaitu Inggris, Spanyol, Prancis dan Kanada.

Tes MMPI Online NS Development

Bagi Anda yang sedang mencari platform untuk tes MMPI maka Anda dapat memanfaatkan NS Development. Dengan menggunakan tes MMPI online dari NS Development Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan diantaranya yaitu dapat diakses online kapanpun dan dimanapun, jumlah peserta tidak dibatasi, hasil tes akurat karena dijalankan oleh sistem dan hasil tes dapat diakses secara real time. Dengan ini maka Anda tidak perlu ragu atau khawatir lagi dengan NS Development.

Apa itu Tes MMPI Online dan Apa Saja Tipe Tesnya?