Apar Alat Pemadam Api Ringan

Pada umumnya, alat untuk memadamkan api itu terdiri dari beberapa macam jenis. Tidak hanya untuk memadamkan api besar saja, namun ada juga jenis apar alat pemadam api ringan. Jadi, dari kedua jenis tersebut cukup disesuaikan saja dengan keperluan masing-masing.

Apar Alat Pemadam Api Ringan

Jenis Apar Alat Pemadam Api Ringan

Sama seperti harga alat pemadam kebakaran, jenis alat Apar ini juga mempunyai variasi yang berbeda-beda. Jadi, tidak hanya ada satu jenis saja, melainkan ada beberapa macam. Dari variasi tersebut, Apar memiliki kegunaan serta tingkat bahayanya sendiri yang perlu diperhatikan.

  1. Jenis Apar Pemadam Api Air / Water

Salah satu jenis Apar yang paling banyak digunakan adalah air / water. Sesuai dengan namanya, jenis Apar satu ini diisikan dengan air bertekanan tinggi. Alat pemadam ini termasuk yang paling ekonomis dan juga cocok untuk memadamkan sejenis api yang disebabkan oleh bahan non logam.

Misalnya saja seperti kain, kertas, plastik, karet dan masih banyak lagi lainnya. Biasanya jenis kebakaran yang disebabkan oleh bahan non logam ini disebut sebagai kebakaran kelas A. Untuk Apar berisikan air ini akan sangat berbahaya bila digunakan oleh jenis kebakaran instalasi listrik.

  1. Jenis Apar Pemadam Api Busa / Foam

Selain itu, ada jenis Apar yang terbuat dari bahan kimia dalam bentuk busa / foam. Jenis ini dikenal dengan istilah busa AFFF, saat digunakan akan menyembur keluar menutupi bahan yang sudah terbakar. Jadi, oksigen tidak bisa masuk. Bahkan Apar ini termasuk yang paling efektif dalam memadamkan api.

Sama halnya seperti jenis air / water sebelumnya, Apar busa / foam ini digunakan untuk memadamkan api yang disebabkan oleh bahan non logam. Namun, juga bisa dipakai untuk pemadaman api oleh bahan cairan yang mudah terbakar. Misalnya minyak, solvent, alkohol.

  1. Jenis Apar Pemadam Api Serbuk Kimia / Dry Chemical Powder

Kemudian, ada jenis Apar lain yang terbuat dari serbuk kering kimia atau Dry Chemical Powder. Komposisi dari Apar satu ini termasuk kombinasi dari Monoamonium Danammonium Sulphate. Serbuk yang nantinya akan keluar, akan menyelimuti bahan yang sudah terkena bakar.

Untuk jenis Apar satu ini juga termasuk ke dalam jenis pemadaman api paling serbaguna. Mengingat fungsinya sangat efektif dalam memadamkan api hampir di semua jenis kelas kebakaran. Mulai dari kelas A sampai dengan C.

Itulah beberapa penjelasan secara singkat mengenai jenis dari apar alat pemadam api ringan. Sesuai dengan pembahasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa setiap jenis dari Apar memiliki kegunaan dan komposisinya sendiri.