Berapa Usia Ideal Anak Masuk TK? Berikut Pertimbangannya

Berapa Usia Ideal Anak Masuk TK? Berikut Pertimbangannya

Apakah anda sudah mempersiapkan pendidikan anak anda? Pendidikan merupakan kegiatan belajar mengajar yang dijalankan untuk mendapatkan ilmu sebagai bekal untuk masa depan anak nantinya. Pendidikan anak sendiri dimulai pada jenjang TK atau Taman Kanak – Kanak. Anak direkomendasikan untuk masuk TK sendiri pada rentang usia 4 hingga 5 tahun.

Dalam memasukkan anak ke lembaga pendidikan sendiri dibutuhkan berbagai pertimbangan agar anda tidak salah dalam menyekolahkan anak. Ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan dalam mengirim anak ke lembaga pendidikan. Dimana beberapa pertimbangan ini dinilai dari kesiapan anak dan kemampuan anak dalam menimba ilmu. Apa saja sih pertimbangan untuk memasukkan anak sekolah TK berdasarkan usianya?

  •         Anak sudah mampu berinteraksi dengan baik

Saat anak bersekolah nantinya, mereka akan bertemu banyak wajah baru. Mulai dari teman yang baru hingga guru yang baru. Anak yang memiliki kemampuan interaksi sosial yang baik akan mampu untuk bermain bersama temannya tanpa malu – malu dan tidak segan untuk memulai pertemanan mereka. Bila di usia 4 tahun anak sudah pandai berinteraksi sosial, maka anda bisa memasukkannya ke TK.

  •         Anak bisa memahami instruksi yang diberikan

Selama proses belajar mengajar nantinya, anak akan mendapatkan instruksi – instruksi penting. Mulai dari membuat barisan, mengerjakan tugas hingga melakukan ragam kegiatan seru lainnya. Sebab itu, penting memastikan anak paham instruksi yang diberikan. Pemberian susu pertumbuhan anak usia 5 tahun keatas juga penting untuk mendukung perkembangan otak anak karena kaya omega 3 dan omega 6.

  •         Anak bisa bekerja mandiri

Di Sekolah, memang ada Guru yang mendampingi kegiatan anak selama proses belajar mengajar. Namun, ada kalanya anak harus bisa memperhatikan diri mereka sendiri. Anak harus pandai dalam menyiapkan menu makanan mereka sendiri, merapikan seragamnya sendiri, hingga merapikan alat tulisnya sendiri dengan baik. Bila anak masih bergantung pada anda, ada baiknya mulai membiasakannya. Jangan lupa memberikan susu pertumbuhan anak usia 5 tahun keatas untuk mendukung kebutuhan nutrisi anak.

  •         Anak bisa memahami emosinya

Pastikan anak memahami emosi yang dirasakannya dan cara menanganinya. Seperti misalnya saat marah, ada baiknya anak tahu bagaimana harus meredakannya. Anda bisa mengerjakannya secara perlahan kepada anak. Selain itu, susu pertumbuhan anak usia 5 tahun keatas juga membantu anak untuk bisa memanajemen emosinya. Anak yang sedang lapar biasanya mudah emosi. Bila konsumsi susu pertumbuhan anak usia 5 tahun keatas maka anak akan kenyang dan Bahagia. Selain itu, susu juga mampu menstimulasi hormon serotonin sehingga mendukung mood anak.

  •         Anak sudah lulus toilet training

Pastikan anak sudah lulus toilet training. Tidak selamanya di TK anak akan didampingi oleh guru kemanapun. Ada kalanya anak harus bisa buang air kecil dengan baik. Ajarkan anak untuk toilet training bertahap agar biasa dan bisa melakukannya sendiri.