Berbagai Wisata Kuliner Kudus yang Lezat dan Wajib Anda Coba

Jika berbicara tentang Kudus, kebanyakan orang akan mengingat wisata alam dan wisata religinya yang terkenal. Namun, tahukah Anda bahwa kuliner Kudus juga menyimpan beragam tempat yang cocok untuk wisata kuliner?

Untuk Anda yang pecinta kuliner, daerah di Jawa Tengah ini layak untuk Anda jadikan tujuan wisata selanjutnya. Jika berkunjung atau melintasi Kudus, sempatkanlah diri untuk mampir dan menyantap berbagai kuliner khas daerah yang satu ini.

Wisata Kuliner Kudus yang Wajib Dicoba

Bingung mau coba yang mana lebih dulu? Berikut ini adalah berbagai makanan khas Kudus yang bisa Anda jadikan referensi untuk wisata kuliner nanti.

1. Sate Kerbau

Biasanya, pedagang sate menyajikan sate yang terbuat dari daging ayam dan daging sapi. Namun, di Kudus Anda bisa menemukan makanan yang satu ini terbuat dari daging kerbau, lho.

Sate kerbau khas Kudus sangat kaya rasa. Bumbu yang digunakan dalam penyajiannya terbuat dari campuran kacang tanah, kentang, dan serundeng. Semua itu menyatu dengan daging kerbau yang gurih dan lembut. Makanan yang satu ini dijamin bisa memanjakan lidah Anda.

2. Soto Kudus

Makanan khas Kudus yang satu ini sudah sangat terkenal sejak dahulu kala. Soto Kudus tentunya masuk ke dalam daftar kuliner khas yang harus Anda coba ketika berkunjung ke kabupaten yang satu ini.

Walaupun banyak ditemukan di berbagai kota, tapi Soto Kudus yang dijajakan di daerah asalnya tentu saja memiliki rasa yang lebih otentik. Banyak orang yang tidak tahu bahwa Soto Kudus yang asli menggunakan daging kerbau sebagai campuran, walau beberapa juga menggunakan daging ayam.

Penggunaan ayam dalam Soto Kudus ini ternyata memiliki sejarahnya sendiri. Dulu, Sunan Kudus melarang masyarakat untuk menyembelih sapi demi menghormati umat Hindu yang kebanyakan merupakan penduduk asli di tempat itu.

Soto Kudus disajikan dengan bahan tambahan yang beragam, seperti kecambah, daun bawang, juga seledri.

3. Garang Asam Ayam

Makanan yang satu ini dulunya dianggap sebagai hidangan mewah. Alasannya karena garang asem dulu hanya dapat disantap oleh orang-orang kaya dan hanya disajikan pada waktu-waktu tertentu saja.

Namun, seiring perkembangan zaman makanan enak satu ini jadi kian populer. Sekarang, Anda bisa dengan mudah menemukan garang asam ayam di Kudus. Ada banyak rumah makan yang menyediakannya. Makanan dengan cita rasa yang enak ini wajib Anda coba, terutama jika ingin mencicipi cita rasa makanan bangsawan zaman dahulu.

4. Lentog Tanjung

Berbeda dengan soto kudus yang terkenal di berbagai daerah, kuliner Kudus yang satu ini justru jarang ditemukan di luar daerah asalnya. Lentog berarti ‘lontong’, sementara Tanjung merujuk pada Desa Tanjungkarang yang merupakan daerah tempat makanan ini berasal.

Lentog Tanjung merupakan lontong yang disajikan dengan lodeh tahu, kuah sayur nangka muda, serta tambahan sambal cair yang khas.

Kuliner kudus ini biasanya disantap saat sarapan. Jika ingin menikmatinya, Anda dapat mengunjungi daerah sekitar Desa Tanjungkarang. Kawasan itu seringkali dipadati pengunjung saat akhir pekan maupun hari libur. Pembeli yang mencari Lentog Tanjung tidak hanya berasal dari Kudus saja, tapi juga wisatawan dari luar kota.

Mana Kuliner Kudus yang Ingin Anda Coba?

Itulah beberapa kuliner Kudus yang wajib Anda coba jika ingin wisata kuliner ke daerah ini. Jika ingin mengetahui tentang Kudus hari ini, Anda dapat mengunjungi Lingkar Jateng yang selalu memberikan informasi terupdate tentang daerah ini, termasuk tentang wisata yang ada di Kudus.

Makanan khas Kudus tak kalah lezat jika dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia. Selain itu, kebanyakan punya harga terjangkau dan mudah ditemukan. Daerah ini layak untuk Anda jadikan tujuan wisata kuliner selanjutnya.