Bisnis Makanan dan Minuman – Menenggelamkan Giginya Menjadi Robotika

 

Tenaga kerja manusia di industri makanan dan minuman telah diganggu dengan masalah untuk beberapa waktu sekarang dengan isu-isu seperti produktivitas dan efisiensi, keamanan dan efektivitas biaya menjadi beberapa perhatian utama. Karena masalah ini, lebih banyak perusahaan manufaktur makanan dan minuman mencari robotika untuk merampingkan operasi mereka.

Penggunaan robotika di bidang manufaktur bukanlah konsep baru. Ada banyak industri yang sekarang mengandalkan robot untuk sebagian besar operasi mereka sehari-hari. Perusahaan makanan dan minuman juga mulai melihat keuntungan yang bisa dilakukan robotika untuk keuntungan mereka.

 

Keuntungan

Sistem robotika membantu menyempurnakan produktivitas. Banyak tugas yang terlibat dalam industri ini membutuhkan pengulangan dan kecepatan, dan robotika dapat membantu perusahaan membawa produk mereka ke konsumen lebih cepat.

Manfaat lain dari Nama Unik Untuk Usaha Minuman Kekinian memanfaatkan robot dalam produksi adalah memungkinkan produsen untuk membangun lingkungan kerja yang lebih aman. Secara tradisional, produsen bergantung pada tenaga kerja manual untuk pengemasan produk, perakitan makanan, dan bahkan pengangkatan berat. Tetapi ada potensi kecelakaan yang begitu tinggi dalam tugas-tugas ini sehingga lebih masuk akal untuk menempatkan sistem yang dapat menangani operasi tanpa risiko bahaya fisik.

Ada juga peningkatan dari segi kualitas dan keamanan. Sanitasi adalah masalah vital dalam penanganan makanan dan kenyataannya, kemungkinan kontaminasi lebih tinggi ketika operasi ditangani oleh manusia. Tindakan yang diprakarsai manusia tidak sebanding dengan standar kebersihan yang dapat dicapai dengan robotika. Teknologi sanitasi yang sama canggihnya hadir dengan sistem canggih ini.

Pilih, Kemas, dan Tumpuk

Mayoritas sistem robotika di lini manufaktur dikhususkan untuk memilih, mengemas, dan menumpuk fungsi karena ini biasanya merupakan area yang paling berulang dan kritis terhadap kecepatan.

Fungsi pengambilan adalah salah satu tahap awal dalam proses produksi dan efisiensi penting selama fase ini. Bahan makanan memiliki berbagai bentuk. Sangat penting bahwa sistem robotika yang digunakan mampu menangani ketidakkonsistenan seperti ini karena sangat berdampak pada kecepatan operasional.

Pengepakan biasanya merupakan area di mana robotika paling sering digunakan. Robotika memiliki potensi besar dalam operasi pengemasan karena ada banyak jenis pengemasan yang digunakan untuk membungkus makanan. Robot dapat dimanipulasi untuk menangani perbedaan dimensi paket secara efisien.

Penumpukan produk juga merupakan area di mana robotika dapat digunakan secara luas. Penumpukan bisa menjadi proses yang rumit terutama ketika palet dimuat dengan berbagai jenis produk. Selain itu, produk yang sangat mudah rusak perlu dimuat di ruangan dengan suhu yang sangat rendah. Buruh manusia tidak bisa tinggal lama di ruangan ini dan di sinilah robot mengambil alih. Juga, ada peralatan tertentu yang tidak akan bekerja secara efisien dalam suhu dingin. Masalah ini dihilangkan dengan penggunaan sistem robot.

Pandangan untuk Masa Depan

Para ahli yakin bahwa potensi robotika di industri makanan dan minuman akan berkembang. Industri ritel dipandang sebagai salah satu bidang di mana robotika dapat digabungkan. Rantai makanan cepat saji bisa mendapatkan keuntungan dari menggunakan robotika. Saat ini terdapat perkembangan sistem vending machine serta penggunaan robot untuk fungsi bartending.