Cara Asyik Belajar Bahasa Inggris Tanpa Harus Pusing Rumus

Belajar bahasa Inggris dari SD sampai SMA tetapi masih puas komentar “nggak mampu basa enggrees” di medsos hehehe siapa hayoo. Sepertinya “belajar hanya untuk tes” dan hanya berpatokan pada buku menjadi salah satu alasan mengapa umumnya dari kami belum mampu berbahasa inggris aktif walaupun memperoleh mata pelajaran bahasa inggris saat di sekolah. Atau barangkali kadang termasuk terbujuk oleh olok-olokan orang lain seperti gausah sok bule, gausah banyak gaya, atau bahkan malu kecuali terciduk polisi grammar.

Tapi jujur saja, aku sendiri pun terasa tidak banyak ilmu yang aku dapatkan di sekolah tentang bahasa inggris walaupun aku udah belajar bahasa inggris sejak kelas 1 SD. Mulai dari sebatas this is an apple plus this is a banana, sampai rumus-rumus 16 tenses, tidak tersedia yang membuat aku tertarik untuk belajar lebih banyak, lebih-lebih lagi penat bersama dengan tuntutan menghafal rumus tenses untuk mengerjakan soal-soal di LKS sehingga mampu nilai bagus di ujian kenaikan kelas.

Padahal hafal tenses sampai ‘ngelotok’ pun gak akan tersedia artinya kecuali tidak mempunyai lumayan vocabulary. Kalau diingat ingat lagi, yang paling aku ingat dari belajar bahasa inggris di sekolah sebatas dikala guru menegur siswa “Good morning students how are you today?” maka aku kudu menjawab “I’m fine”

Oiya tersedia satu lagi pengalaman lucu yang aku ingat di sekolah dikala guru bahasa inggris aku tertawa heran dikarenakan jawaban aku yang konyol soal materi degrees of comparison. Hanya dikarenakan kata komparatif untuk “big” adalah “bigger”, aku isi kolom komparatif “gooder” untuk kata “good” padahal mestinya “better”

Sebegitu alerginya aku bersama dengan mata pelajaran bahasa inggris, sampai pada suatu saat salah satu teman aku saat SMP mengajak lihat video klip Drag Me Down milik One Direction, dan karena itu aku menjadi memutar lagu itu selama berminggu minggu sampai selanjutnya menjadi Directioners until now. Saya pun terasa menghendaki mampu menyanyi manfaatkan cara cepat belajar bahasa Inggris..

Sambil baca lirik sambil baca terjemahannya begitu terus sampai lama kelamaan alergi aku pada bahasa inggris hilang. Ditambah lagi tidak bosan-bosannya aku lihat video dairy, interview, dan film dokumenter One Direction sampai pelan-pelan paham beraneka aksen bahasa inggris dan pronounciationnya. Tidak hanya One Direction, obsesi aku merembet ke penyanyi-penyanyi barat lain dan menjadi sering lihat film berbahasa inggris dan alhasil tersedia peningkatan di mata pelajaran bahasa Inggris aku dikala di SMA dan dikarenakan iseng sesekali dulu lucky mampu juara 3 lomba debat bahasa inggris.

Berdasarkan pengalaman aku yang awalnya benci bahasa inggris menjadi cinta bahasa inggris, menjadi sedikit di tulisan ini aku menghendaki berbagi beberapa tips belajar bahasa inggris bersama dengan langkah yang asik sehingga terjauhkan dari mindset anti bahasa inggris.

1. Sesuaikan bersama dengan hobi

Jika kamu puas mendengarkan musik, bahkan berbahasa inggris, jangan lupa untuk baca terjemahan lagu-lagu di playlistmu. Bisa sambil nyanyi sambil baca terjemahan, langkah ini lebih menyenangkan ketimbang kudu memaksakan diri menghafal beberapa kata dari kamus setiap harinya.

Jika kamu puas lihat film, manfaatkan subtitle bahasa inggris sesudah itu mencatatat kosakata yang belum kamu ketahui artinya. Memang agak mengganggu sih kudu pause filmnya berulang-ulang, tetapi ini termasuk mampu kamu jalankan saat rewatch film itu sekaligus belajar pronounciation.

Cara itu termasuk berlaku untukmu yang puas membaca buku. Segera cari paham arti kata yang belum diketahui sekaligus paham penggunaannya berdasarkan konteks kata-kata yang tersedia di buku yang kamu baca.

Dan yang satu ini tips dari teman aku yang puas main game, tersedia beberapa game yang memaksa kami untuk membaca teks dan mendengarkan audio untuk paham urutan cerita didalam game tersebut. Baik video game seperti tomb raider maupun game-game ringan yang sebetulnya ditujukan untuk belajar bahasa inggris seperti scrabble dan word match.

2. Penuhi teras medsos bersama dengan konten berbahasa inggris

Pernah nggak? Menunda pekerjaan dan tambah scroll tiktok sampai lupa waktu? Meskipun itu nggak bagus juga, tetapi kecuali fyp tiktokmu penuh bersama dengan konten-konten belajar bahasa inggris, waktumu yang terbuang dikarenakan menunda pekerjaan tadi boleh menjadi bermanfaat. Misalnya kamu mampu follow akun tiktok @jagobahasa.com yang berisi konten bahasa inggris contohnya tentang menambahkan -ing dan jawaban a/an. Selain itu akun @gurukumrd dan @instatenglish yang merupakan native speaker yang mengajar bahasa inggris amat membantu memperbaki kesalahan-kesalahan didalam bahasa inggris yang umum terjadi.

Agar tidak amat bosan, kamu termasuk mampu follow akun bule-bule luar yang tentunya manfaatkan bahasa inggris dan isinya konten kocak dan jokes seperti @brentrivera, konten makeup seperti @jamescharles. Atau akun milik Jesse Chuku @chewkz yang berisi konten tentang perbedaan aksen British dan American yang dibuat bersama dengan pembicaraan yang agak sarkas tetapi menghibur. Ada termasuk Erik Bergman @smilingerik yang senantiasa membuat konten tips-tips menarik contohnya 5 ways to improve your social skills, a sederhana way to improve your life dan lain-lain. Dengan begitu kamu secara tidak sengaja termasuk membiasakan diri mendengar pembicaraan langsung dari native speaker, ditambah lagi kamu termasuk akan paham beberapa slangwords yang tentunya gak dulu diajarkan di sekolah. Nah langkah ini termasuk mampu kamu terapkan di fasilitas sosialmu yang lain seperti Instagram dan youtube.

3. Pasang aplikasi dictionary didalam smartphone

Kamu mampu mendownload google translate atau aplikasi kamus-kamus di playstore sehingga kamu mampu langsung cari paham terjemahan kata bahasa inggris yang kamu temukan dimanapun itu. Entah tulisan di produk, website, atau tempat wisata, kuncinya adalah tetaplah penasaran. Alon-alon asal kelakon, menurut aku langkah ini mampu membuat kami lebih ringan mengingat kosakata tersebut dibanding menghafal yang umumnya membuat cepat lupa. Contohnya aku sendiri senantiasa teringat spidol dikala mendengar atau menemukan kata-kata “keep away from children” dikarenakan pertama kali aku menyaksikan kata-kata itu adalah di spidol paan tulis yang saat itu langsung aku translate di google.

4. Cari lingkungan yang membantu komunikasi didalam bahasa inggris

Mengandalkan musik, film, game, dan fasilitas sosial saja tentu saja tidak lumayan untuk membuat kami lancar berkomunikasi bersama dengan bahasa inggris. Kita senantiasa kudu orang lain yang mampu mengoreksi tata bahasa yang kami gunakan. Grammar tentu saja senantiasa kudu dipelajari sambil memperbanyak kosakata, so kamu mampu melacak tempat les atau kursus bahasa inggris untuk menyeimbangkan pembelajaran resmi dan pembelajaran dari fasilitas hiburan. Tidak kudu malu bersama dengan aksen bawaan dan percaya dirilah dikala berbicara. Dengan demikianlah belajar akan senantiasa menyenangkan dan efektif.

Itulah beberapa langkah yang aku manfaatkan didalam rangka membuat sembuh alergi aku pada bahasa inggris hehehe. Semoga bermanfaat, selamat belajar dan stay curious