Cara Atur APN Telkomsel Agar Koneksi Internet Lancar

Telkomsel memiliki sepak terjang yang lama pada dunia telekomunikasi di Indonesia. Oleh karena itu, Cara mengecek kuota Telkomsel mampu menggaet banyak pelanggan setia karena kemampuannya yang baik dalam pemberian layanan telekomunikasi. Tidak hanya itu, Telkomsel memiliki cakupan sinyal yang luas dengan beberapa signal tower yang mampu menembus daerah-daerah pelosok di Indonesia.

Dibandingkan dengan penyedia layanan telekomunikasi lain yang ada di Indonesia, Telkomsel memiliki kecepatan jaringan internet tercepat di Indonesia. Meskipun demikian, ada beberapa masalah yang didapati oleh pelanggan saat menggunakan internet dari Telkomsel, salah satunya adalah gagal tersambung pada jaringan internet.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa memperbaiki pengaturan APN Telkomsel di smartphone kamu dengan mudah. Sebelum melangkah lebih lanjut, tahukah kamu apa APN itu? Jika belum, simaklah ulasan dari koinx.id berikut ini!
Apa itu APN Internet?

APN internet adalah sebuah gerbang jaringan yang memiliki fungsi untuk mendaftarkan perangkat smartphone kamu ke sebuah jaringan internet. Hal tersebut bisa terjadi dengan memberikan IP Adress Publik yang ada di smartphone kamu. Dengan adanya IP Address, smartphone yang kamu gunakan akan terhubung dengan mudah pada jaringan internet yang luas.

Dengan menggunakan APN Telkomsel, kamu akan mendapatkan kualitas internet yang stabil dan cepat. Hal tersebut bisa kamu pastikan dengan mengecek kecepatan unggah dan unduh pada smartphone yang gunakan. Meskipun demikian, ada beberapa smartphone yang mengalami kegagalan untuk tersambung ke internet. Ada banyak alasan kenapa smartphone tidak bisa terkoneksi ke internet, salah satunya adalah kesalahan yang ada pada APN Internet di smartphone.

Biasanya, APN Internet sudah terpasang secara otomatis pada smartphone yang kamu gunakan dan telah dipasang oleh kartu Telkomsel. APN tersebut biasnya berupa APN bawaan dan jenis APN-nya sendiri sudah didukung dalam semua koneksi jaringan. Meskipun demikian, ada saja beberapa smartphone yang mengalami error sehingga tidak bisa mengakses internet. Oleh karena itu, jika kamu menggunakan APN Telkomsel, kamu bisa mengecek cara-cara mengatur APN Telkomsel di smartphone kamu dengan mudah.

Pastikan Pengaturan APN Telkomsel Sudah Benar

Saat ingin melakukan akses internet, kamu harus memastikan bahwa APN Telkomsel yang kamu gunakan bisa mendukung dan menangkap jaringan Telkomsel pada tipe GPRS, 2G (EDGE), 3G (HSDPA/HSDPA+), 4G (LTE). Jika tidak mendukung, hal tersebut bisa berpengaruh pada kualitas sinyal di tempat kamu.

Pengaturan APN Telkomsel sendiri harus dikonfigurasi ke “Internet” dengan username serta password yang dibiarkan kosong.Untuk lebih detailnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Atur APN Telkomsel Pada Smartphone Berbasis Android

Jika kamu adalah pemilik smartphone berbasis Android, kamu bisa mengatur APN Telkomsel dengan mudah. Meskipun demikian, pengaturan untuk mengubah konfigurasi APN Telkomsel pada smartphone berbasis Android berbeda dari smartphone satu dengan yang lain. Selain itu, beda versi Android juga memiliki langkah-langkah yang berbeda. Namun, kamu bisa mengikuti langkah-langkah umum berikut ini dan menyesuaikannya berdasarkan konfigurasi di smartphone kamu.

Pertama-tama, bukalah fitur Pengaturan pada smartphone Android kamu.
Kemudian, pilihlah menu Koneksi/Jaringan yang ada di dalam pengaturan.
Lalu, pilih menu Jaringan Seluler. Layar smartphone kamu akan menampilkan dua pilihan SIM, yakni SIM 1 atau SIM 2. Pilihlah opsi SIM di mana kamu memasang kartu Telkomsel yang akan kamu gunakan dalam berinternet nanti.
Jika telah memilih opsi SIM yang sesuai, kamu akan mendapati pilihan APN (Access Point Name/Nama Poin Akses). Klik opsi tersebut.
Setelah itu, pilih Tambahkan APN Baru dan lakukan konfigurasi seperti yang disebutkan di atas, yakni biarkan kolom username dan password