Cara Daftar BPOM untuk UMKM secara Online

Bagaimana cara daftar BPOM secara online? Pertanyaan ini seringkali dilontarkan para pelaku bisnis Umkm, terutama yang baru saja memulai usaha.


Pas ini syarat mengurus izin BPOM dan juga biaya izin BPOM sanggup diketahui bersama mengerti dan transparan secara online. Layanan ini dinilai lebih praktis dan mempermudah pelaku bisnis khususnya UMKM untuk meraih izin Bpom.

Kemungkinan anda menghendaki jelas cara daftar BPOM kosmetik atau cara mengurus BPOM makanan disesuaikan bersama bidang bisnismu. Sebelum tersebut, pahami pernah berkenaan apa tersebut izin BPOM dan manfaatnya untuk kemajuan usaha.

 

Peran BPOM dan Manfaat BPOM bagi Usaha

BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan adalah forum formal pemerintah yang berwenang untuk mengawasi dan mengimbuhkan izin edar seluruh product obat-obatan dan makanan di Indonesia. Tak hanya mengawasi dan menerbitkan izin, BPOM juga miliki kewenangan untuk melarang peredaran sebuah product obat atau makanan.

Bagi anda pelaku usaha, terlampau berarti miliki izin edar berasal dari BPOM untuk produkmu. Sebagian fungsi izin BPOM bagi usaha antara lain:

Jadi garansi keamanan bagi product supaya konsumen akan lebih yakin.
Legalitas sadar dan mampu masuk kualifikasi jadi relasi corporate dan instansi pemerintah.
Gambaran product meningkat dan mampu lebih unggul dibandingkan kompetitor yang belum punya izin Bpom.
Kestabilan harga berasal dari product yang udah punya izin Bpom.
Sanggup menjangkau pasar yang lebih luas, terhitung pasar manca negara.
Syarat Mengurus Izin BPOM dan Biayanya
Cara daftar BPOM online bukan rumit. Sebatas saja anda mesti menyiapkan syarat mengurus izin BPOM yang diperlukan. Untuk pendaftaran product didalam negeri, persyaratannya antara lain:

Surat Izin Industri berasal dari Disperindag atau Badan Koordinasi Penanaman Kapital (Bkpm).
Laporan uji analisis laboratorium yang berlaku enam bulan semenjak lepas pengujian perihal bersama dengan product zat gizi, uji kimia, cemaran mikrobiologi, zat yang diklaim disesuaikan label, dan lain sebagainya.
Rancangan label disesuaikan bersama dengan product yang diedarkan dan juga contoh product.
Formulir pendaftaran yang sudah diisi lengkap dan sahih.

Berapakah biaya izin Bpom? Berdasarkan penelusuran berasal dari Usaha.Com, biaya registrasi izin BPOM sudah diatur di dalam Ketentuan Pemerintah (Pp) Nomor 32 Year 2017 Terkait Model dan Tarif atas Model Penerimaan Negara Tidak Pajak (Pnbp) yang berlaku untuk layanan Bpom.

Biaya mengurus izin BPOM mulai berasal dari Rp100.000 per product untuk makanan dan obat-obatan. Sedangkan untuk jasa notifikasi kosmetika yang diproduksi negara ASEAN sebesar Rp500.000 per product, dan untuk negara di luar ASEAN biayanya mulai berasal dari Rp1.500.000 per product.

Sehabis 5 tahunan, izin BPOM wajib diperpanjang atau registrasi lagi. Biaya registrasi kembali izin BPOM adalah sebesar Rp1.000.000 per product untuk bisnis kecil obat tradisional. Biaya sertifikasi CPKB atau Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik adalah sebesar Rp5.000.000 per sertifikat.

 

Cara Daftar BPOM Makanan

Cara daftar BPOM dapat dilakukan jika perusahaan telah terdaftar di laman resmi pom.go.id. Untuk mendaftarkan perusahaan, ikuti langkah berikut:

  1. Buka laman https://e-reg.pom.go.id kemudian klik registrasi baru.
  2. Lengkapi formulir isian yang diminta dengan data yang sebenarnya, berupa data usaha, data penanggung jawab, serta data pengguna. Kemudian klik halaman selanjutnya.
  3. Masukkan data Pemeriksaan Sarana Bangunan yang dimiliki oleh perusahaan.
  4. Unggah berkas persyaratan yang telah disiapkan.
  5. Setelah data yang kamu unggah lolos verifikasi, kamu akan menerima email yang berisi user ID dan password untuk mendaftarkan izin BPOM untuk masing-masing produk.

Dikutip dari Siap Sukses , cara mengurus BPOM makanan dapat dilakukan secara online. Setelah badan usaha berhasil terdaftar di BPOM, kamu dapat mengajukan izin BPOM untuk tiap-tiap produkmu.

Sebelum melakukan pendaftaran izin BPOM, pelajari dulu tentang standar dan persyaratan pangan olahan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain kategori pangan, bahan tambahan makanan, pangan steril komersial, pangan organik, pangan iradiasi, pangan produk rekayasa genetik, dan lain-lain.

 

Cara mengurus BPOM makanan adalah sebagai berikut:

  1. Buka laman https://e-reg.pom.go.id kemudian klik menu e-registrasi pangan atau e-registrasi BTP.
  2. Login menggunakan user ID dan password yang dikirimkan melalui email setelah pendaftaran perusahaan.
  3. Upload dokumen persyaratan yang diminta, selanjutnya klik proses.
  4. Kemudian akan muncul penerbitan surat perintah pembayaran. Lakukan pembayaran sesuai dengan nominal dan instruksi yang tersedia.
  5. Data yang kamu ajukan akan melalui tahap evaluasi, verifikasi, dan validasi dari petugas BPOM.
  6. Jika disetujui, kamu akan mendapatkan Nomor Izin Edar secara elektronik untuk produk yang kamu daftarkan.