Cara Mengecek Tagihan Kartu Kredit Yang Mudah Dan Tepat

Panduan Pemula: Mengenal Berbagai Jenis Kartu Kredit - PinterPoin

Setiap pengguna kartu kredit tentu memiliki kewajiban membayar tagihan setiap bulannya sebelum tanggal jatuh tempo yang sudah ditetapkan. Namun sebelum membayar, alangkah baiknya Anda mengecek terlebih dahulu tagihan kartu kredit untuk mengetahui rincian tagihan. Jangan sampai Anda membayar sejumlah uang yang tidak sesuai dengan transaksi kartu kredit yang sudah dilakukan.

Untuk mengetahui cara cek tagihan kartu kredit yang tepat, simak penjelasan dibawah ini :

  1. Langkah Mengecek Tagihan Kartu Kredit

Biasanya, penerbit kartu kredit akan mengirimkan tagihan kartu kredit ke alamat yang sudah didaftarkan.

Pertama, pastikan data pribadi yang tertera di lembar tagihan kartu kredit sudah sesuai. Data yang harus diperiksa adalah :

  • Nama pemilik kartu kredit
  • Alamat penagihan pemilik kartu kredit
  • Nomor kartu kredit yang tercantum

Tidak hanya itu, ada juga tanggal tagihan dan jatuh tempo. Tanggal jatuh tempo biasanya ditentukan dalam kurun waktu 20 hari setelah tagihan dikirimkan. Jika terlambat membayar tagihan setelah jatuh tempo, maka Anda akan dibebani biaya keterlembatan.

Mengenai total nilai tagihan, Anda bisa melihat total nilai yang harus dibayarkan dibagian atas lembar surat tagihan.

  1. Cara Cek Tagihan Kartu Kredit Online

Kamu juga bisa mengecek tagihan kartu kredit tanpa harus melihat surat tagihan yang dikirim setiap bulannya. Caranya adalah dengan mengecek tagihan kartu kredit melalui e-commerce. Melalui e-commerce, Anda bisa cek tagihan kartu kredit kapan saja dan dimana saja.

Caranya mudah, Anda hanya perlu memasukkan nomor kartu kredit. Selain itu, Anda juga bisa langsung membayar tagihan kartu kredit hanya dengan sekali klik.

  1. Informasi Tambahan Tentang Cek Tagihan Kartu Kredit

Ketika Anda menggunakan kartu kredit, terdapat sistem minimum payment yang memungkinan Anda untuk tidak segera melunasi tagihan. Jadi, Anda bisa membayar hanya 10 % saja dari total tagihan (umumnya seperti itu, tergantung kebijakan Bank penerbit kartu kredit) untuk bulan tersebut.

Namun, jika hanya membayar dengan minimum payment, maka sisa tagihan Anda akan terus ada sampai dilunasi. Dalam tagihan kartu kredit juga terdapat kualitas kredit yang terbagi menjadi : kredit lancar, dalam perhatian khusus, kurang lancar, diragukan, dan macet.

Kualitas kredit tersebut ditentukan dari kelancaran pembayaran kredit secara keseluruhan. Jika sudah mencapai kualitas kredit macet, maka pengguna kartu kredit serta pengajuan pinjamannya akan jadi jauh lebih sulit. Jadi, alangkah baiknya melunasi tagihan sesegera mungkin.

Untuk detail yang lebih rinci, terdapat beberapa kolom utama seperti detail transaksi kartu kredit sekaligus ringkasan tagihan. Dalam kolom transaksi kartu kredit, ada rincian tentang transaksi yang dilakukan dan masuk ke tagihan bulan tersebut. Rincian tersebut mencakup kapan, dimana, dan transaksi apa saja yang sudah dilakukan dengan menggunakan kartu kredit.

Kamu harus pastikan kalau transaksi yang terdaftar benar benar terjadi. Jika menemukan transaksi yang tidak sesuai tapi masuk kedalam tagihan, segera laporkan ke pihak Bank supaya bisa segera ditindaklanjuti.

Kemudian, terdapat kolom berisi ringkasan tagihan yang memuat beberapa poin penting seperti sisa tagihan sebelumnya dan tagihan saat ini, batas transaksi kartu kredit (limit) dan tarik tunai, bunga kredit dan tarik tunai, serta overlimit charge yang akan dibebankan jika Anda melewati batas transaksi kartu.

Kolom tersebut sangat penting untuk diperhatikan, supaya terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan seperti overlimit, terlambat membayar tagihan, atau tidak membayarkan sisa tagihan yang masih terhutang.