Cara menghapus Cache Memori di Windows 10

Kecuali Anda menjalankan konfigurasi lanjutan, kehabisan memori bukanlah masalah besar. Semakin banyak aplikasi yang Anda miliki, semakin banyak memori yang akan digunakan. Meskipun menutup aplikasi dapat membantu, tetapi terkadang, memori mungkin masih ditempati, oleh karena itu beberapa orang mungkin perlu menghapus memori lama dan mengosongkan RAM. Posting ini akan memandu Anda melalui cara menghapus cache di Windows 10.

Cara membersihkan cache di Windows 10

Ikuti saran ini untuk menghapus cache Windows 10 untuk mengosongkan RAM komputer. Memulai ulang komputer adalah cara terbaik. – Tutup program dan proses yang tidak diinginkan dari Task Manager – Kurangi item startup – Kurangi efek visual Windows – Hapus file halaman secara berkala saat shutdown – Tambahkan lebih banyak RAM jika Anda merasa kekurangan. Anda akan membutuhkan izin administrator untuk memperbaiki masalah tersebut.

1> Memulai ulang komputer adalah cara terbaik

Sebagian besar masalah terpecahkan jika Anda memilih untuk memulai ulang. Ketika saya me-restart komputer saya, itu menghapus semuanya dari memori dan memulai kembali. Jadi jika ada kasus dimana memori masih terisi bahkan setelah program keluar, maka restart. Anda pasti akan menghapusnya.

2> Tutup program dan proses yang tidak diinginkan dari Pengelola Tugas

Jika Anda perlu terus menjalankan aplikasi karena Anda mungkin membutuhkannya lagi dan terus melupakannya, maka itu masalah dalam beberapa jam. Periksa bilah tugas dan baki sistem untuk program semacam itu dan tutuplah, karena meskipun Anda mungkin telah menutup program, program tersebut mungkin berjalan di latar belakang. Dalam hal ini, buka Task Manager dengan Ctrl + Shift + Esc. Urutkan program berdasarkan memori.

Jika Anda melihat program menghabiskan banyak memori, dan Anda tidak akan kehilangan pekerjaan apa pun, klik kanan padanya dan pilih Akhiri tugas. Tip: Beberapa orang merekomendasikan untuk menjalankan perintah Rundll32.exe advapi32.dll, perintah ProcessIdleTasks untuk memaksa tugas menganggur yang tertunda untuk segera dijalankan, tanpa harus menunggu untuk jangka waktu yang lama. Ini benar-benar tidak membantu!

Perintah ini hanya menempatkan Windows dalam keadaan diam, yang memungkinkannya melakukan tugas yang biasanya tidak dilakukan saat menggunakan komputer; dalam arti lain. Singkatnya, ini memaksa tugas-tugas yang menganggur untuk dieksekusi dan tidak ada hubungannya dengan membersihkan memori dan membuat komputer Anda berjalan lebih cepat.

3> Mengurangi item startup

Jika memulai ulang komputer Anda tidak membantu, dan perlu waktu untuk mulai menggunakan komputer Anda, itu karena program startup. Saat menginstal program dan aplikasi, mereka terdaftar untuk memulai sebagai boot Windows dan cadangan memori. Jika Anda memiliki banyak, itu akan selalu rendah memori, buka task manager dengan Ctrl + Shift + Esc, dan pergi ke tab Startup. Klik kanan pada program yang tidak Anda perlukan setelah Anda masuk ke komputer dan menonaktifkannya.

4> Mengurangi Efek Visual Windows

Efek visual selalu menghabiskan RAM, dan meskipun Anda mungkin tidak hidup tanpanya, Anda dapat menonaktifkannya. Cara termudah adalah dengan menggunakan Ultimate Windows Tweaker, yang memungkinkan Anda untuk mengaktifkan atau menonaktifkan dengan satu klik, tetapi ini adalah versi yang lebih panjang:

– Buka Pengaturan Sistem dengan Win + X, lalu pilih Sistem- Temukan dan klik tautan Pengaturan Sistem Lanjutan di panel kanan- Beralih ke tab Kinerja di jendela Properti Sistem- Pilih pengaturan untuk kinerja terbaik.
Baca: Cara Menghapus Cache Komputer di Windows 10.

5> Pindai file halaman secara berkala pada penutupan

File halaman adalah sistem bawaan di Windows di mana sebagian dari penyimpanan digunakan sebagai memori akses acak. Ini membantu jika OS mendapatkan ruang sementara ekstra untuk menampung hal-hal yang seharusnya hampir habis, karena ini adalah file fisik, itu tetap ada di komputer bahkan setelah dimatikan. Meskipun Windows merekomendasikan untuk membiarkan sistem operasi mengelolanya, Anda dapat memilih untuk menghapus file halaman dengan setiap shutdown.

Anda dapat melakukannya secara manual, tetapi kami sangat merekomendasikan Ultimate Windows Tweaker untuk menyelesaikannya dengan lancar dan hanya dengan beberapa klik. Ini adalah program internal yang dilengkapi dengan fitur modifikasi Windows yang lengkap. Anda akan melihat pengaturan di bawah Personalization> File Explorer. Tip: Pengoptimal memori tidak benar-benar berfungsi. Mereka mentransfer data memori komputer ke memori virtual atau file halaman dan dengan demikian menipu pengguna agar percaya bahwa mereka mengosongkan memori komputer.

Baca Juga artikel menarik lainnya di https://www.ngobroltekno.com

6> Tambahkan lebih banyak RAM jika Anda merasa lemah

Jika tidak ada yang berhasil, maka Anda membutuhkan lebih banyak RAM. Menurut skenario saat ini, Anda harus memiliki setidaknya 16 GB RAM karena aplikasinya berat, dan jika Anda perlu menjalankan lebih banyak aplikasi sekaligus, ini sangat penting. Tingkatkan RAM berdasarkan unit saat ini di komputer Anda atau pilih unit lain dengan memeriksa versi motherboard yang didukung.

Jika kecepatan RAM Anda di bawah maksimum yang didukung, Anda dapat memilih untuk mengganti seluruh tumpukan RAM dengan versi yang lebih baik, dan Anda mungkin juga ingin membaca posting kami tentang mitos yang disetel di Windows Tweaks.

Di sini kita telah membahas fitur-fitur seperti bagaimana program seperti pembersih registri dan pembersih file sampah tidak terlalu membantu meningkatkan kinerja. Kami juga telah membagikan bagaimana menggunakan perangkat keras yang lebih baik seperti SSD dan RAM yang lebih cepat dapat membantu.