CARA MENGOPTIMALKAN SITUS WEB ANDA UNTUK PENCARIAN SUARA

Saat ini, penelusuran suara mencapai lebih dari 40% dari semua penelusuran seluler. Tapi persentase ini akan meningkat. Menurut studi Comscore, pada tahun 2020 sebanyak 50% pencarian akan dilakukan , dan 30% sesi web akan dilakukan tanpa menggunakan layar dan keyboard.

CARA MENGOPTIMALKAN SITUS WEB ANDA UNTUK PENCARIAN SUARA

Pencarian suara adalah tren yang terus berkembang . Tidak hanya tersebar luas di kalangan generasi milenial dan digital natives, tetapi juga mulai berkembang di kalangan mereka yang tidak lagi terlalu muda. Dan fenomena ini memiliki implikasi signifikan untuk SEO, yang harus menyesuaikan pendekatannya dengan paradigma baru.

Cara baru dalam berinteraksi dengan perangkat digital membutuhkan pemikiran ulang tentang teknik optimasi website, agar dapat bersaing juga dalam hal pencarian suara. Jika Anda mengelola sebuah situs web, Anda tidak mungkin tidak siap.

Jika Anda tidak tahu cara SEO untuk kueri suara, Anda telah datang ke tempat yang tepat.

Dalam panduan yang saya dapat dari jasa backlink kampus ini, saya pertama-tama akan memeriksa aspek paling signifikan dari pencarian suara, dengan fokus pada kekhasan dan perbedaannya dibandingkan dengan pencarian tradisional. Dan kemudian saya akan memandu Anda melalui beberapa tip yang sangat efektif untuk mengoptimalkan situs web Anda untuk pencarian suara.

Apa itu Pencarian Suara

Penelusuran Suara mengidentifikasi model baru interaksi manusia-mesin, di mana perangkat digital dapat menafsirkan permintaan yang dibuat oleh pengguna dan memberinya respons yang memadai.

Jenis pencarian ini dapat dilakukan di smartphone tetapi juga dari desktop, di speaker pintar seperti Google Home dan Amazon Echo, di perangkat satelit di mobil, dan di jam tangan pintar. Dalam semua kasus ini, perangkat dilengkapi dengan asisten suara , perangkat lunak yang mampu memproses permintaan yang diterima dan memproses respons yang relevan.

Asisten virtual utama adalah:

  1. Asisten Google, aktif di Google Home dan perangkat Android
  2. Alexa, asisten Amazon, aktif di Amazon Echo
  3. Cortana: asisten suara Microsoft (yang menggunakan Bing sebagai mesin pencarinya)
  4. Siri: Asisten Apple, yang menggunakan Google

 

Kita hidup dalam masyarakat Internet of things , di mana objek cerdas terhubung ke jaringan untuk bertukar informasi dan dapat melakukan tindakan yang sesuai.

Dalam posting ini, bagaimanapun, saya tidak akan berurusan dengan asisten rumah tangga, yang juga semakin meluas di pasar Italia. Saya akan fokus secara eksklusif pada pencarian suara dari smartphone , yang memiliki pengaruh terbesar dari sudut pandang SEO.

Jika Anda ingin memposisikan diri Anda juga untuk Penelusuran Suara, Anda perlu mengoptimalkan situs Anda sesuai dengan beberapa tindakan pencegahan yang tepat. Ini bukan masalah merevolusi sepenuhnya struktur situs web Anda, tetapi mempraktikkan beberapa perubahan yang akan memungkinkan Anda untuk menentukan peringkat juga untuk Pencarian vokal.

Sebelum mencermati tindakan yang akan diterapkan, mari kita coba lebih memahami apa saja ciri-ciri penelusuran suara.

Fitur Pencarian Suara

Pencarian suara berbeda dari pencarian tradisional terutama untuk media yang digunakan (suara sebagai pengganti keyboard). Dan sejauh ini perbedaannya tampak cukup jelas.

Namun pada kenyataannya, bukan hanya sarana yang digunakan untuk melakukan penelitian yang berubah. Dalam penelusuran suara, keseluruhan konteksnya berbeda. Ini menyiratkan bahwa ada perbedaan penting mengenai:

  • jenis pencarian (apa yang dicari pengguna)
  • bahasa yang digunakan (bagaimana mereka mencarinya)
  • situasi (di mana dan kapan mereka melihat)

 

Jenis penelitian

Dengan penelusuran suara, orang-orang terutama mencari informasi praktis dan tip berguna untuk kehidupan sehari-hari mereka (cuaca, resep, informasi tentang layanan dan produk yang diminati, aktivitas komersial, tutorial, cara melakukannya).

Ini tidak berarti bahwa jenis lainnya dikecualikan. Namun umumnya mereka yang melakukan pencarian suara menuntut jawaban yang cepat dan konkret, karena tidak ingin mengetik kueri di keyboard atau karena tangannya penuh. Pencarian suara biasa:

  • Bagaimana cuaca di Roma?
  • Di manakah restoran X berada?
  • Bagaimana carbonara dibuat?

Hampir tidak ada orang yang menanyakan lebih banyak informasi tentang penyebaran atau tren inflasi saat mengemudi atau memasak.

Bahasa

Bahasa yang digunakan untuk pencarian vokal sangat berbeda dari bahasa standar yang biasa kami gunakan saat mengetik kueri di keyboard.

Ini adalah bahasa yang alami dan percakapan , sehingga pencarian suara juga dikenal sebagai pencarian percakapan.

Pertanyaan sering digunakan, kami berbicara dengan orang pertama dan kami menyapa asisten virtual seolah-olah dia adalah teman untuk meminta nasihat. Kueri lebih lama dan juga menyertakan semua kata-kata penghenti yang biasanya dihilangkan di keyboard.

Mari kita ambil contoh untuk memperjelas dengan lebih baik. Jika saya ingin mengetahui jarak antara Roma dan Milan, di papan ketik saya akan menulis kueri seperti ini: “jarak Roma Milan”

Tapi jika saya harus mengucapkannya, kalimat yang sama itu akan menjadi: “berapa jarak Roma dan Milan?

Seperti yang Anda lihat, pendekatannya sangat berbeda.

Situasi (dimana dan kapan)

Pencarian suara dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, tetapi cocok untuk situasi tertentu, di mana kita mungkin sibuk melakukan hal lain.

Ini adalah pilihan yang tepat misalnya saat kita berada di dalam mobil, karena dapat diaktifkan tanpa menyentuh smartphone dan tidak mengganggu kita dalam berkendara. Tetapi juga saat kita sedang memasak atau melakukan pekerjaan rumah tangga.

Statistik berbicara tentang peningkatan penelusuran di tempat umum dan keramaian juga.

Apa manfaat pencarian suara?

Mengapa penelusuran suara mengalami kesuksesan ini?

Alasan dasarnya 3:

  • Kecepatan : seperti yang dapat Anda pahami dengan mudah, mengucapkan kalimat lebih cepat dan tidak terlalu menuntut daripada mengetiknya di keyboard. Jika kita kemudian menambahkan bahwa ada orang yang tidak terlalu familiar dengan smartphone, gambarannya sudah lengkap. Selain kecepatan soal, kita harus menjumlahkan kecepatan untuk memperoleh jawaban. Untuk banyak pencarian suara, Google juga membebaskan kita dari tugas menggulir hasil Serp, membacakan jawaban yang kita cari.
  • Kepraktisan : ini adalah sistem yang sangat praktis, cocok untuk kehidupan masyarakat kita yang sibuk dan sangat cocok dengan filosofi multitasking. Kita bisa mencari kapanpun kita mau, tanpa mengganggu aktivitas kita.
  • Efektivitas: Pencarian suara telah membuat kemajuan besar dalam beberapa tahun terakhir dan sekarang sepenuhnya dapat diandalkan. Hasil yang dikembalikan dapat diandalkan dan dapat sepenuhnya memenuhi kueri yang diucapkan. Kemajuan ini dimungkinkan berkat peningkatan Pemrosesan Bahasa Alami, algoritme yang memproses dan menyandikan bahasa alami.

Bagaimana mengoptimalkan situs untuk pencarian suara

Mari kita lihat sekarang cara mengoptimalkan situs web untuk pencarian suara.

Bahasa alami dan bahasa sehari-hari

Fitur pertama yang harus dipertimbangkan berkaitan dengan jenis bahasa . Kami telah melihatnya: Pencarian suara telah mengubah cara orang berhubungan dengan media digital.

Sebelumnya, pengguna mencari melalui bahasa robotik, terutama berdasarkan kata kunci. Artikel dan preposisi dihilangkan, dan permintaan pencarian direduksi menjadi hal yang esensial. Ini karena dua alasan: di satu sisi karena lebih nyaman mengetik lebih sedikit kata di keyboard, di sisi lain karena Google dapat menafsirkan kueri dan memberikan hasil yang relevan.

Dengan penelusuran suara, orang menggunakan register percakapan dan informal, seolah-olah mereka sedang berbicara dengan seorang teman. Mereka mengajukan pertanyaan khusus, mereka menggunakan kata kerja sebagai orang pertama. Misalnya, jika mereka ingin mendapatkan informasi tentang cuaca di Roma, dulu mereka harus mengetik “meteo Roma” di keyboard. Tetapi jika mereka melakukan pencarian yang sama dengan suara mereka, pertanyaannya berubah dan menjadi “bagaimana cuaca di Roma”?

Jika Anda juga ingin relevan dengan kueri suara, Anda harus mempertimbangkan aspek-aspek ini saat membuat konten situs web Anda.

Tulislah dengan cara yang sederhana, cobalah menjalin dialog dengan pengguna ideal Anda. Hubungi persona pembeli Anda secara langsung, menggunakan kata kerja dalam bentuk tunggal dan bukan jamak. Pada dasarnya, Anda harus memberikan Anda dan bukan Anda kepada pembaca Anda.

Selalu sertakan apa yang disebut kata-kata henti: konjungsi, kata depan, dan artikel. Ini akan memfasilitasi korespondensi antara konten Anda dan kueri yang diucapkan oleh pengguna.

Tulis liriknya seolah-olah Anda sedang membantu teman memecahkan masalah. Dengan cara ini Anda akan membuat sambungan langsung dengan pengguna situs Anda, dan meningkatkan peluang untuk memenuhi permintaannya dengan cara terbaik.

Optimalkan konten untuk kata kunci ekor panjang

Kata kunci ekor panjang adalah kata kunci yang lebih panjang dan lebih spesifik, kurang kompetitif tetapi lebih dekat dengan konversi. Menjadi lebih pandai berbicara, mereka khas dari bahasa alami dan pencarian vokal. Seperti yang telah kita lihat, sebenarnya, kueri penelusuran suara lebih panjang dan lebih lengkap daripada kueri tradisional.

Kesalahan yang sering dibuat saat melakukan penelitian kata kunci adalah berfokus secara eksklusif pada volume pencarian kata kunci individual, memilih kata kunci yang lebih umum dengan potensi lalu lintas tertinggi .

Tetapi teori ekor panjang mengajarkan kita bahwa kata kunci ekor panjang tidak boleh diabaikan. Berfokus pada kata kunci ekor panjang akan meningkatkan kemampuan untuk mencegat pertanyaan pengguna dan memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih baik.

Jawaban singkat

Pengguna mencari jawaban yang cepat dan efektif untuk pertanyaan mereka. Permintaan suara yang lebih panjang harus dicocokkan dengan jawaban yang relevan dan akurat, tetapi pada saat yang sama juga singkat dan ringkas .

Menurut studi Backlinko , rata-rata hasil pencarian suara adalah 29 kata. Ini tidak berarti Anda harus menulis postingan yang sangat pendek untuk setiap kueri. Strategi yang berguna adalah memastikan Anda memasukkan paragraf pendek tapi komprehensif ke dalam halaman dan posting Anda.

Tulis konten panjang

Kami telah mengatakan bahwa paragraf harus pendek dan ringkas, tetapi sebaiknya artikel dan isi halaman panjang dan mendalam.

Karena? Hanya karena ini meningkatkan peluang laman Anda memenuhi lebih banyak kueri suara. Tidak ada korelasi langsung antara panjang konten dan pemosisian terbaik untuk pencarian suara. Ini hanyalah statistik.

Semakin panjang kontennya, semakin besar kemungkinan untuk menjawab pertanyaan yang berbeda.

Saat menganalisis kueri suara, Google memindai dokumen yang paling cocok dengan permintaan pengguna. Kemudian mengembalikan hasil yang ditemukan, meskipun itu di bagian bawah halaman.

Singkatnya: Anda tidak harus membuat banyak konten pendek , tetapi Anda harus fokus pada satu konten yang memperdalam topik secara vertikal.

Hal penting lainnya: kata kunci tidak perlu muncul di judul. Google kemudian akan menemukan kecocokan yang tepat dengan kueri pengguna di dalam teks.