Cara Menjaga Kesehatan dan Keindahan Bulu Kucing Persia

Cara Menjaga Kesehatan dan Keindahan Bulu Kucing Persia

Bulu merupakan salah satu aset terbesar yang dimiliki oleh kucing ras persia. Ciri khas bulu panjang dan lebat pada kucing persia membuatnya terlihat begitu lucu dan menggemaskan. Namun, untuk menjaga kualitas dan kesehatan bulu tersebut, diperlukan makanan kucing persia berkualitas dan juga beberapa perawatan khusus. Berikut ini adalah jenis perawatan untuk menjaga kesehatan bulu kucing persia.

Cara Merawat Kesehatan Bulu Kucing Persia

  1. Menyisir Secara Rutin

Cara pertama untuk menjaga dan merawat keindahan dan kesehatan bulu kucing persia adalah dengan rajin menyisir bulunya. Dengan secara rutin menyisir, bulu kucing persia yang rontok alami dapat terpisah dari tubuh kucing.

Hal tersebut menjadi cukup penting karena bulu rontok tersebut jika tidak dipisahkan dari tubuh kucing dapat menghambat pertumbuhan bulu baru. Untuk menyisir kucing, Anda dapat menggunakan sisir khusus untuk kucing. Selain sudah disesuaikan dengan kucing, sisir kucing juga dapat membuat kucing merasa nyaman saat disisir.

  1. Rajin Memandikan Kucing

Cara berikutnya untuk menjaga kesehatan bulu kucing adalah rutin memandikan kucing. Paling tidak, dalam sebulan Anda memandikan kucing Anda sebanyak satu kali. Namun, untuk beberapa kondisi tertentu, Anda juga dapat memandikan kucing dua minggu sekali.

Memandikan kucing dapat bermanfaat untuk menghilangkan dan membersihkan tubuh kucing dari sisa kulit mati dan juga bulu-bulu yang sudah rontok. Saat memandikan kucing, Anda dapat wajib menggunakan sampo khusus untuk kucing atau anjing. Sampo tersebut sudah mengandung zat-zat yang aman untuk kulit kucing.

  1. Menjaga Kebersihan Kandang/Lingkungan

Kondisi kandang kucing yang kotor, pastinya dapat mengundang berbagai macam bakteri dan parasit yang berbahaya pada kesehatan bulu kucing. Untuk itu, agar kesehatan bulu kucing persia terjaga, Anda juga wajib untuk membersihkan kandang secara rutin. Selain itu, Anda juga harus rajin membersihkan tempat-tempat yang sering kucing Anda datangi.

  1. Mengajak Kucing Berjemur Sinar Matahari

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan bulu kucing persia adalah dengan rajin mengajaknya berjemur sinar matahari pagi. Seperti kita ketahui, sinar matahari pagi memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit dan bulu kucing. Dengan menjemur kucing di sinar matahari pagi secara rutin dapat membuat kucing terbebas dari gangguan parasit dan juga bakteri.

  1. Tempatkan Kucing Di Suhu Ruangan

Tubuh kucing secara alami telah mempunyai cara sendiri untuk menjaga suhu tubuh dengan bulunya. Suhu normal kucing biasanya berada di angka 37 derajat sampai dengan 38 derajat celcius. Apabila kucing persia berada di suhu lebih dari itu maka secara alami kucing akan merontokkan bulunya karena suhu tubuh panas. Jadi, ada baiknya Anda menjaga kucing agar tidak terlalu lama di tempat yang panas.

Demikianlah tadi cara menjaga bulu kucing persia agar tetap sehat dan cantik. Selain melakukan perawatan di atas, memilih makanan kucing persia yang tepat juga menjadi hal yang penting. Salah satu produk makanan kucing yang telah teruji kualitas dan mengandung nutrisi lengkap adalah Pro Plan. Pro Plan menyediakan pakan kucing dari usia anakan sampai dengan kucing senior di atas 7 tahun.