Pulau Bawean

Daya tarik Pulau Bawean yang Harus Didatangi Oleh Kamu Sang Pencinta Pantai

Pulau Bawean adalah pulau yang ada di kabupaten Gresik. Lokasinya sekitaran 80 mil atau 120 km di utara kabupaten Gresik. Pulau ini jadi tujuan rekreasi bahari yang baru hingga namanya masih kedengar asing di kelompok traveller.

Warga Bawean sendiri menyebutkan pulau Bawean sebagai Bali Van Java karena keelokan pulau ini tidak kalah dari keelokan Pulau Bali. Pulau ini sedang gencar dipromosikan oleh pemda Gresik sebagai tujuan rekreasi bahari unggulan kabupaten Gresik.

Untuk kamu traveller yang ingin berkunjung tempat baru, pulau ini harus berada di daftar tujuanmu. Berikut beberapa tempat di pulau Bawean yang pantas kamu datangi.

1. Penangkaran Rusa Bawean

Jika di Pulau Bali ada rimba yang disanggupi monyet, di Bawean ada juga lho rimba yang disanggupi hewan ciri khas pulau ini, yakni rusa Bawean (Axis Kuhlii). Penangkaran rusa Bawean berada di Beto Gebang Pudakit, Kecamatan Sangkapura. Jarak Penangkaran ini kurang lebih 10 Km dari Sangkapura dan bisa dilakukan dengan memakai mobil atau motor sepanjang lebih kurang 30 menit. Penangkaran rusa Bawean ini telah ada semenjak tahun 2003 dengan keadaan yang terurus.

Lokasi penangkaran rusa Bawean bersisihan dengan rimba pelestarian Bawean. Keadaan alam yang fresh dan alami pas untuk beri kesegaran pemikiran dan refressing. Disamping itu, lokasi ini ada beberapa tebing yang membubung pas untuk pencinta panjat tebing yang ingin salurkan hobynya. Penangkaran ini dapat dijadikan tempat rekreasi pengajaran, riset dan ekowisata yang mempunyai tujuan agar semakin menyukai alam.

2. Tanjung Ga’ang

Tanjung Ga’ang ialah jejeran tebing batu karang di atas laut Bawean yang biru dan jernih. Lokasi tanjung Ga’ang sekitaran 8 km dari Sangkapura. Pengunjung bisa nikmati daya tarik tanjung Ga’ang dengan sewa perahu nelayan atau mendaki telusuri bentangan batu karang. Disamping itu, pengunjung nikmati keelokan laut yang jernih dengan ikan beragam warna. Dapat dijadiin tempat mancing nih!

baca : Ingin Berlibur Tetapi Tidak Dapat Mengambil Cuti? Ke Pulau Macan Jakarta

3. Pulau Noko

Pulau Bawean sebagai pulau khusus dikitari beberapa pulau kecil dengan pantai yang mengagumkan. Satu diantaranya ialah pulau Noko. Pulau Noko ialah pulau kecil tidak memiliki penghuni mempunyai bentangan pantai pasir putih yang cantik. Luas pulau ini cuman sekitaran 1 km2 saja, sehingga kita dapat senang berkeliling-keliling pulau ini. Ombak di pantai ini tidak besar, jadi aman bila kalian ingin bermain air. Karena air di pulau ini benar-benar jernih kalian dapat snorkeling untuk nikmati keelokan bawah laut.

4. Pulau Noko Selayar

Daya tarik Pulau Bawean yang Harus Didatangi Oleh Kamu Sang Pencinta Pantaidisparbud.gresikkab.go.id
Noko Selayar ialah pulau dengan bukit-bukit di tengah-tengah laut. Pulau ini tidak memiliki penghuni, cuman bentangan pasir putih di pinggir pantai dan sedikit pohon-pohonan di tengah-tengah pulau. Pulau Noko Selayar mempunyai luas sekitaran 6 km2. Akses ke pulau ini benar-benar gampang, pengunjung bisa memakai motor boat atau sewa perahu nelayan yang memerlukan waktu sekitaran 20 menit. Jarak pulau ini kurang lebih 4,5 km dari pulau Bawean.

Keelokan alam yang dijajakan pulau ini ialah bentangan pasir putih yang panjang. Disamping itu, keelokan bawah lautnya pun tidak gampang untuk diacuhkan. Kalian dapat snorkeling atau diving karena di pulau ini ombak tidak besar dan air lautnya juga jernih.

5. Pulau Gili

Pulau Gili sebagai salah satunya tujuan rekreasi di Bawean yang jangan terlewatkan. Pulau Gili atau pulau Gili Timur ialah pulau kecil dengan luas sekitaran 2,3 km2. Pulau ini ialah pulau terluas bila dibanding dengan beberapa pulau kecil yang mengelingi pulau Bawean. Pulau ini memiliki penghuni lho, ada sekitaran 700 kepala keluarga yang tinggal di pulau elok ini. Agar bisa berkunjung pulau ini kalian dapat tempuh perjalanan sekitaran 30 menit dari pulau Bawean dengan sewa perahu nelayan. Hal yang memikat pada pulau ini ialah kita bisa memperoleh hasil tangkapan laut yang fresh dari warga di tempat. Nikmati ikan bakar sekalian saksikan sunset, romantis bukan ?

baca juga : Pulau Royal resort jakarta

6. Air terjun Laccar

Bila kalian sudah senang bermain-main di pantai, nih gaes ada air terjun yang harus didatangi di pulau Bawean. Air terjun Laccar ialah air terjun dengan tinggi 25 km dengan latar belakang dinding tebing yang artistic. Lokasi air terjun ini sekitaran 15 km dari Sangkapura.

Untuk capai lokasi air terjun bisa memakai motor atau mobil sampai desa laccar dusun kebun teluk dalam, perjalanan bisa dilanjutkan dengan jalan kaki lebih kurang 1 km. Sejauh jalan kaki, pengunjung bisa nikmati keelokan alam yang asri dan udara yang fresh. Di sini kalian dapat mendapati monyet-monyet rimba yang tiba menegur.

7. Danau Kastoba

Pulau Bawean memiliki danau yang cantik, yakni danau Kastoba. Danau Kastoba berada di tengah pulau Bawean persisnya di Dusun Candi, Kecamatan Tambak. Dibutuhkan waktu satu 1/2 jam perjalanan memakai motor atau mobil dari Sangkapura. Karena danau ini berada di atas bukit, menjadi pengunjung harus melalui lajur trackking lebih kurang 1 km atau sekitaran 25 menit. Perjalanan yang meletihkan itu akan terbayarkan dengan keelokan danau yang tenang dan situasi yang asri. Berkunjung danau kastoba benar-benar pas untuk refressing dan hilangkan depresi.

Pulau Bawean dapat menjadi salah satunya tujuan rekreasi yang harus buat kamu datangi nih, apa lagi jika kamu sukai sekali wisatadengan pantai dan tempat rekreasi yang jauh dari hingar-bingar kota.