Dokumen yang Harus Diperhatikan Ketika Mengurus Kadin Timur Tengah

Apakah Anda sedang mengurus surat izin export? Salah satu negara yang banyak dikunjungi adalah Arab Saudi. Cara agar bisa mengunjungi negara tersebut, dibutuhkan legalisir Kadin Timur Tengah. Namun, sebelumnya harus mengurus form B asli di kantor dinas perdagangan yang dekat dengan domisili perusahaan.

Dokumen yang Harus Diperhatikan Saat Mengurus Kadin Timur Tengah

Bisa dibilang untuk mengurus dokumen export membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya yang ekstra. Tidak heran jika banyak yang menggunakan jasa dibandingkan mengurus sendiri. Namun, bagi Anda yang merasa penasaran dan ingin mencoba bagaimana rumitnya mengurus dokumen, berikut beberapa dokumen yang harus diperhatikan.

Persyaratan Kadin Timur Tengah Secara Umum

Ada beberapa ketentuan yang harus Anda lengkapi persyaratannya agar bisa mendapatkan surat rekomendasi. Berikut beberapa syaratnya, antara lain:

  • Jumlah lembar dokumen termasuk form B dan Invoice maksimal enam lembar. Jika jumlah lembar dokumen lebih, maka akan dikenakan biaya dua kali dari biaya registrasi.
  • Adanya biaya tambahan terkait surat-surat yang penting. Mulai dari Sertifikat Kesehatan, Sertifikat Halal, Sertifikat Fungi, dan sertifikat lainnya. Dengan catatan sertifikat tersebut mempunyai kaitan dengan standardisasi produk sesuai ketentuan lembaga sertifikasi dalam dan luar negeri. Biaya yang dikenakan adalah Rp 150.000.
  • Adanya biaya sama dengan biaya registrasi dokumen sesuai dengan nilai voicenya jika membuat COO yang diterbitkan oleh Kadin Indonesia Komite Timur Tengah dan OKI.
  • Dikenakannya biaya sebesar Rp 200.000 per nomor surat untuk dokumen yang berbentuk surat permohonan visa, MOU, dokumen legal yang tidak berkaitan, dan agreement.

Persyaratan dengan Tujuan Bisnis atau Visa Tijariyah

Jika kehadiran Anda berkunjung ke Saudi adalah dalam rangka bisnis, maka ada sejumlah persyaratan lainnya yang harus dilengkapi. Tujuannya untuk mendapatkan surat rekomendasi Kadin Timur Tengah dengan mudah dan cepat. Persyaratannya, antara lain:

  • Melakukan copy pasport orang yang akan berkunjung ke Saudi.
  • Memberi Surat Pengantar dari perusahaan ke Kadin Timur Tengah. Dalam satu kop surat bisa membuat lebih dari satu nama.
  • Memberikan Surat Pengantar dari perusahaan yang ditujukan ke embassy Saudi. Dalam satu kop hanya membuat satu nama saja. Jadi, jika lebih dari satu, dibuatkan masing-masing.
  • Membayar biaya rekomendasi sebesar Rp 200.000 ke Kadin Timur Tengah.

Persyaratan di atas harus Anda penuhi sehingga proses legalisir Kemenperindag akan terasa lebih mudah. Jika sudah mendapatkan stempel legalisir, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengurus legalisir Kedutaan Arab Saudi melalui enjaz Saudi.

Jika persyaratan di atas terlalu rumit bagi Anda, maka bisa menggunakan jasa pengurusan dokumen di PT. Jangkar Global Groups. Selain bisa membantu mendapatkan legalisir dokumen, perusahaan tersebut juga menyediakan jasa penerjemah tersumpah, biro jasa pengurusan visa, sampai jasa kartu kredit untuk medical gamca.