Pulau Nusa Barong

Eksotik! Yok, Lihat 4 Daya tarik Mistik Pulau Nusa Barong Jawa Timur Ini

Pulau Nusa Barong sebuah pulau kecil yang berada di kecamatan Puger, Jember, Jawa Timur. Persisnya di 4 km barat selatan dari dermaga Puger Wetan. Nusa Barong sebagai pulau tidak memiliki penghuni, yang dijadikan sebuah cagar alam membuat perlindungan ekosistem yang berada di pulau itu.

Karena tidak memiliki penghuni, pada akhirnya pulau ini jarang-jarang tersentuh oleh manusia membuat panorama dipulau ini masih asri dan sangat menganakemaskan mata. Lantas apasih yang spesial dari Nusa Barong ini? Penasarankan, yok langsung lihat beritanya di bawah ini.

1. Populer sebagai Phi-Phi Islandnya Jawa Timur

Bila Thailand punyai Phi-Phi Island yang eksotik, Jawa Timur punyai Nusa Barong yang oleh pelancong dipandang benar-benar serupa dengan pulau eksotik di Thailand itu. Pulau memiliki ukuran 6.100 hektar ini, dikitari oleh air laut dengan warna biru jernih dan dihias oleh bentangan pasir putih yang memikat.

Diputuskan sebagai Cagar Alam di tahun 1920 membuat pulau ini dipenuhi dengan bermacam flora dan fauna. Satwa-satwa yang bisa kita jumpai menempati pulau ini salah satunya ialah biawak air, ular piton, kera abu-abu, apabila untung kita dapat berjumpa dengan penyu hijau dan penyu sisik yang bertelur di pulau Nusa Barong ini.

Lautnya banyak juga simpan terumbu karang dan beragam jenis ikan yang berlindung dan berenang didalamnya. Tetapi bila kalian ingin berenang melihat-lihat keelokan terumbu karang, kalian harus berhati-hati supaya tidak berenang terlampau jauh ke tengah, ya!

baca : 5 Pantai dengan Pemandangan Sunset Terbaik di Pulau Sumba

2. Riwayat gelap yang membuat pulau ini tidak memiliki penghuni

Keelokan dari pulau ini tidak perlu disangsikan kembali, tetapi siapa kira dibalik keelokan itu ada riwayat gelap yang menerpa pulau ini. Pada zaman dulu, Nusa Barong sebagai pulau memiliki penghuni sebelumnya terakhir Belanda serang.

Nusa Barong sebagai penunjang ekonomi kerajaan Blambangan. Pulau yang ini populer sebagai pemroduksi sarang burung walet yang membuat ekonomi kerajaan makin mengalami perkembangan. Bersamaan dengan perubahan ekonomi, perubahan politik di pulau ini makin bertambah.

Dan hal tersebut membuat Belanda berasa terancam, sampai pada akhirnya memilih untuk memantau pulau ini. Di tahun 1777 pecahlah perang dipulau elok ini, yang tewaskan sekitar 27 orang.

Dan pada akhirnya pemerintahan Hindia Belanda larang orang untuk bertandang ketempat ini dan merubahnya jadi cagar alam. Itu pertama kali pulau ini tidak memiliki penghuni.

3. Keelokan alami dengan bebatan situasi mistik

Tiap tempat di Indonesia, tentu punyai yang bernama beberapa cerita dogma dan mistik yang berkembang dalam masyarakat. Pulau Nusa Barong ini tidak lepas dari hal itu, sesuai namanya Nusa (pulau) Barong (ular) masyarakat sekitaran menjelaskan jika pulau ini ditempati oleh satu ekor ular besar dan makhluk tidak nyata yang lain.

Bahkan juga tersebar berita jika Nusa Barong jadi tempat untuk mereka yang ingin pelajari pengetahuan gaib. Tetapi tidak perlu takut, asal tidak mengusik kamu tidak terganggu.

baca juga : Pulau Harapan 2 hari 1 Malam

4. Panduan liburan di Pulau Nusa Barong

Bila berminat untuk berekreasi ke pulau yang ini, ada banyak hal yang perlu kamu lihat dan persiapkan. Seperti bawa camera dan smartphone dengan batrerai penuh untuk mendokumentasikan peristiwa liburan kalian di pulau yang cantik ini.

Yakinkan tidak boleh buang sampah asal-asalan, untuk jaga keasrian dan keelokan dari pulau Nusa Barong. Dan janganlah lupa untuk bawa banyak perbekalan makanan, karena kalian akan bertandang ke pulau tidak memiliki penghuni, yang pasti tidak ada kios atau toko di situ.

Dan yang paling akhir ialah berdoa meminta keselamatan supaya perjalanan kalian aman dan membahagiakan dan dapat pulang kembali tanpa hal jelek yang terjadi.

Itu pengenalan singkat berkenaan Pulau Nusa Barong, janganlah lupa untuk jadikan pulau yang ini sebagai arah wisatamu ya!