5 Hal Yang Mungkin Kamu Belum Ketahui Soal Filipina

Filipina adalah satu diantara negara di Asia Tenggara. Satu diantara lokasinya yang berwujud perairan bersebelahan langsung dengan lokasi Indonesia ialah sisi Laut Sulawesi. Seperti Indonesia, negara beribukota Manila ini bersifat kepulauan dengan pulau-pulaunya yang sejumlah lebih dari pada 7.000. Filipina diketahui selaku negara yang punya garis pantai panjang.

Sampai atas perihal itu, negara ini jadi negara dengan garis pantai paling panjang ke-5 dalam dunia. Karenanya tidak terheran apabila pantai jadi satu diantara bagian liburan teratas di negara itu.

Penduduk Filipina peringati hari kemerdekaannya tiap-tiap tanggal 12 Juni. Anggota ASEAN ini jadi satu diantara negara paling padat dalam dunia dengan 100 juta masyarakat lebih. Negara ini punya beberapa kekhasan serta kenyataan menarik, di bawah ini informasi filipina yang barangkali belum kamu pahami.

Memiliki Presiden Yang Sangat Tegas

Filipina punya presiden yang kerapkali memetik pro kontra. Siapa kembali bila bukan Rodrigo Duterte. Dia diketahui selaku presiden yang paling keras memusuhi bandar narkoba di Filipina sampai menyuruh aparatnya tidak untuk malas membunuh bandar narkoba.

Tidak aneh apabila presiden Filipina itu mendapatkan banyak simpati dari rakyat walaupun pun mendapat banyak celaan dari pelaku serta organisasi Hak Asasi Manusia di pelosok dunia. Bab narkoba, Duterte pernah berkata “Hitler menggasak 3 juta orang Yahudi… ada 3 juta pemadat narkoba. Gue dengan senang menggasak mereka.”

Ada Ratusan Aksen Di Filipina

Satu diantara kenyataan menarik dari negeri bernama Pearl of the Orient Seas ini yaitu punya sejumlah 175 bahasa. Ingat jumlah masyarakatnya yang sampai 100 juta lebih, tidaklah mengherankan apabila kebudayaan di negeri ini menarik.

Satu diantara kekayaan budaya Filipina yaitu bahasanya. Dari 175 variasi aksen itu, 171 antara lain masih bertahan sampai waktu ini. Dan buat bahasa wilayahnya sendiri ada 19 bahasa.

Dengan resmi, bahasa yang diucapkan oleh penduduk di tempat yaitu bahasa Filipino. Diluar itu, pemerintahan di tempat pun membuka bahasa Inggris selaku bahasa sah ke-2 di negara itu.

Tidak hanya Filipino serta Inggris, sejumlah lokasi ada yang memanfaatkan bahasa Spanyol serta Arab dalam variasi ucapnya. Banyak variasi aksen ujar di negara ini tunjukkan kalau mereka punya kekayaan budaya khusus.

Jeepney, Model Transportasi Super Antik

Perihal antik lain dari negeri Mutiara Laut dari Orien ini yaitu transportasi kebanyakan. Apabila Jakarta punya Bajaj, jadi negeri ini punya model angkutan publik yang diketahui berikut nama jeepney.

Selintas, jeepney kelihatan seperti gabungan di antara oplet unik Betawi dengan moncong berwujud jeep. Bukan tanpa ada argumen, semula kendaraan umum ini adalah mobil jeep yang dibiarkan oleh banyak serdadu Amerika Serikat.

Militer Amerika Serikat masa selesainya Perang Dunia II tinggalkan beberapa mobil jeep mereka. Sisa-sisa kendaraan itu selanjutnya disihir jadi angkutan publik. Saat ini wujud jeepney bertambah luas maka dapat mengangkat sampai 18 penumpang.

Sehari-hari jeepney dengan cat semarak berwarna-warni bawa penumpang ke tujuan tempat. Tentulah jeepney cuma dapat kamu dapatkan di jalanan Filipina, bukan negara lain.

Ratu Kecantikan dan Obsesi Orang Filipina

Miss Universe serta Miss World yaitu dua tempat kecantikan terkenal dalam dunia. Ke-2 tempat itu tidak hanya menghadirkan muka elok dari beberapa negara dunia. Namun banyak peserta pun tunjukkan kepintarannya.

Filipina salah satunya negara yang aktif kirim perwakilan ke dua tempat kecantikan berkelas itu. Tak bermain-main, wakil Filipina baik di Miss Universe ataupun Miss World terus dipandang sebagai lawan berat.

Sampai dalam histori tempat Miss Universe, ada empat orang Filipina yang mendapat mahkotanya. Dan di tempat Miss World, wakil Filipina pernah 1 kali jadi pemenangnya.

Pernah Diduduki Tiga Negara

Tidak hanya Thailand, sekian banyak negara di Asia Tenggara pernah rasakan waktu kolonialisme, tergolong Filipina. Negara yang pernah menduduki lokasi Filipina salah satunya Spanyol, Amerika Serikat, dan Jepang.

Di zaman ke-16, Spanyol datang di dataran Filipina buat kali pertamanya. Setelah itu Spanyol menduduki lokasi itu waktu 265 tahun. Pada waktu masyarakatan Spanyol, Raja Felipe II menamai Filipina.

Saat akhir abad-19, negeri ini ada di dalam bawah pemerintah Amerika Serikat waktu 77 tahun. Pada waktu Perang Dunia II, Filipina ditempati oleh Jepang waktu tiga tahun. Kemerdekaan secara de facto digapai di tanggal 4 Juli 1946.

Mutiara Paling besar Pernah Ditemukan di Sini

Sudah pernah kamu mengandaikan punya mutiara bukan seberat 10 atau 100 gr namun 34 kilo-gram? Ya, mutiara dengan berat 34 kg itu nyata-nyatanya benar-benar dijumpai di laut Filipina.

Penemunya tak lain adalah seseorang penduduk nelayan dengan tak berniat setelah itu menaruhnya di tempat tinggalnya. Waktu hasil itu diberikan pada petinggi berotoritas, berlangsung keseruan bakal penemuan itu.

Bagaimana tak, mutiara yang kebanyakan bersifat kecil saat ini dijumpai sampai seberat 34 kg. Penemuan mutiara ini tentulah langsung menundukkan rekor hasil awal mulanya, ialah mutiara Lao Tzu yang punya berat 6,4 kg.

Barangkali sedikit dari kamu yang mengenali segala keterkaitan terkait Manila. Dengan mengenali sejumlah bukti di atas, kamu bisa memperbanyak pengetahuan biar jadi bertambah luas.