Info Ngetrip ke Malang Batu Bromo durasi Itinerary 4 Hari 3 Malam komplit dengan informasi Destinasi & Anggaran Biayanya

Saat berbincang-bincang seputar tamasya di Jawa Timur, Malang merupakan salah satu daerah yang memiliki jajaran daerah liburan terbaik. Nah, supaya wisata bisa jadi menyenangkan dan memuaskan, sedikitnya butuh beberapa hari untuk berada di Kota Apel. Maka dari itu, berikut adalah itinerary Malang 4 hari 3 malam yang dapat kamu coba untuk mempermudah tamasya kau. Selain itu anda juga dapat melihat pilihan Paket Travel Batu Malang yang ditawarkan oleh 24travel.id

 

Rincian Liburan Hari Pertama

Bila kamu berasal dari daerah yang tak jauh dari Malang, yaitu sekitar Jawa Timur, kau dapat ke kota ini dengan mengorder travel, naik bus, atau bahkan naik kereta api. Naik kendaraan beroda empat pribadi rasanya juga dapat menjadi alternatif yang pas karena berkeliling bersama sahabat terdekat atau keluarga pastinya lebih mudah. Sekiranya kau dari daerah yang cukup jauh, kamu dapat langsung ke Malang dengan pesawat. Ada Udara Abdul Rachman Saleh yang melayani penerbangan domestik.

Hari pertama di kota andalan Jawa Timur ini kau bisa mulai dari menjelajahi Malang Kota. Karena termasuk salah satu kota wisata terbaik di Jawa Timur, tempat tamasya di sini juga cukup banyak. Akan lebih mengasyikkan seandainya hari pertama di kota ini juga diiringi dengan wisata kuliner. Memesan mobil atau motor sewaan dalam waktu satu hari juga dapat menjadi opsi terbaik supaya berkeliling di kota lebih menyenangkan. Tidak mustahil kok memutari daerah tamasya sekalian tempat kuliner di Malang dalam waktu satu hari karena kemacetan di sini bisa dibilang tak separah kota besar lain di Indonesia. Berikut merupakan itinerary hari pertama yang dapat kau ikuti.

1. Opsi Penginapan di Malang Kota

Setelah sampai di Malang, tujuan pertama yang perlu dituju yaitu penginapan. Di penginapan, kau bisa meletakkan barang yang kamu bawa dan melepas Lelah meski hanya sejenak. Beruntunglah kamu sebab Malang ialah salah satu kota liburan di Jawa Timur yang sudah mempunyai banyak pilihan hotel.

Di kota ini kamu dapat mudah mencari hotel yang mempunyai lokasi strategi dan harga yang terjangkau. Salah satu hotel yang mempunyai harga yang benar-benar relatif murah ialah OYO. Akan melainkan, sekiranya kau mencari hotel di tengah kota yang cukup populer Swiss-Bellin atau The Alimar Hotel dapat menjadi alternatif.

Swiss-Bellin adalah hotel kedua terpopuler yang benar-benar mudah dicari karena terletak di dekat salah satu mall besar di Malang. Akan tapi, kalau agak berharap menjauh dari wilayah perkotaan yang ramai, The Alimar Hotel dapat menjadi alternatif. Banyak traveler yang merekomendasikan hotel ini karena selain harganya yang dapat dibilang cukup relatif murah, fasilitasnya juga tak kala hoke.

Desain bangunannya bahkan bisa dibilang unik dan instagramable. Kamu malahan tak akan merasa demikian itu crowded di hotel ini karena lokasinya yang tidak segera di pusat kota. Ketiga hotel di atas, bisa menjadi opsi pilihanmu. Pastikan saja cocok dengan keperluan dan bujet yang kamu miliki. Setelah itu, kamu dapat memilih beberapa tujuan terbaik di Malang kota ini.

2. Kampung Biru dan Warna-Warni Jodipan: Kampung Tema Terpopuler di Jawa Timur

Di masa kini, daerah yang instagramable ialah salah satu hal yang patut untuk dipertimbangkan saat berlibur. Nah, kamu bisa mulai dari kampung Jodipan dan kampung Arema yang lokasinya berdekatan. Kedua kampung hal yang demikian sebenarnya dulunya adalah kawasan kumuh. Akan tetapi, masyarakat di sana berharap merubah citra itu.

Berawal dari sebuah ide mahasiswa yang berkuliah di Malang, dan pemerintah juga menyetujui usulannya. Hasilnya kampung tersebut mulai dirombak sempurna dengan diwarnai dengan bermacam-macam warna menarik. Dinding-dinding rumah dan tempat di Jodipan tersebut malah digambari dengan background seru dan pastinya betul-betul instagrammable.

Tak cuma gambar dinding yang seru, Jodipan juga menyediakan tempat-daerah tema seperti tempat dengan banyak bunga dan tempat payung-payung di atasnya. Tak jauh dari Jodipan, kau bisa menuju ke kampung Arema yang dibangun dengan dasar yang sama. Perbedaannya, kampung biru ini dicat dengan suasana biru sesuai dengan namanya.

Di kampung biru, kau juga masih bisa menemukan berjenis-jenis gambar seru yang pastinya betul-betul instagrammable. Tarif masuk ke kedua kampung tersebut juga tidak mahal, kok. Kamu cuma perlu siapkan bujet sekitar Rp 7 ribu untuk masuk ke tiap kampung. Puas-puaskan deh berfoto ria di dalamnya. Hasil Foto di kampung biru ini dapat untuk jatah foto hingga setahun, lho.

3. Cicipi Berjenis-jenis Warung dan Daerah Makan Legendaris di Kota Malang

Sesudah dari kedua kampung tema, kau dapat pergi ke sebagian daerah makan populer legendaris yang tidak jauh dari sana. Sebagian tempat tamasya masakan yang dekat dengan daerah wisata lainnya yakni Depot Kios Nguling dan Warung Oen. Depot warung Nguling yakni salah satu depot legendaris yang sudah ada semenjak tahun 1942, meskipun Kios Oen adalah toko vintage yang telah berdiri semenjak tahun 1930. Kedua tempat legendaris tersebut berlokasi di dekat alun-alun kota Malang. Kau dapat sekalian menjelajahinya hanya dengan jalan kaki.

4. Hawai Water Park dan Malang Night Spectacular

Setelah puas berjalan-jalan di dekat taman, kau bisa ke hotel kembali untuk beristirahat sebentar atau melanjutkan penjelajahan apabila memang ada waktu. Salah satu tempat menjelajah yang bisa menjadi pilihan utamamu yakni Hawai Water Park.

Tak sepatutnya bermain air, di Hawai Waterpark juga tersedia Malang Snow City. Di zona khusus hal yang demikian, kau akan merasakan alangkah asyiknya bermain salju. Tidak perlu membawa perlengkapan khusus salju karena di sana juga sudah disediakan komplit.

Di wilayah Hawai Waterpark ini juga ada Malang Night Spectacular yang hanya dibuka setiap malam. Jadi, jika kamu hingga malam di kawasan itu, kau dapat segera merasakan Malang Night Spectacular. Di sana ada beragam area lampu-lampu mengasyikan yang pasti tidak kalah instagrammable, lho. Sesudah puas berfoto, kau bisa kembali ke penginapan.

Rincian Wisata Hari Kedua

Setelah hari pertama menjelajahi Malang Kota, di hari kedua kau dapat menuju Batu. Kota tamasya yang satu ini tenar dengan udaranya yang dingin dan asri serta daerah tamasya yang juga tiada duanya. Setelah pagi check out, kamu bisa langsung mencari hotel-hotel di dekat tempat liburan batu. Sesudah itu, kau dapat mulai untuk menjelajahi satu per satu tempat populer di Batu.

1. Jatim Park 2: Daerah Pelbagai Binatang dan Tumbuhan Liar Terpelihara

Jatim Park 2 adalah salah satu tujuan tamasya keluarga yang populer di Malang. Di sini tersedia berjenis-jenis tempat yang menarik dan benar-benar instagramable. Taman yang mempunyai luas sekitar 14 hektar ini memiliki koleksi hewan yang cukup komplit. Malahan, ada museum hewan liar yang juga menjadi komplemen dari eco green park satu ini.

Daerah yang satu ini bisa menjadi salah satu tujuan bertamasya untuk kau dengan sahabat ataupun keluarga. Cukup siapkan uang mulai dari Rp75,000 sampai Rp125,000 untuk setiap orang dengan alternatif paket yang berbeda. Destinasi tamasya ini buka mulai 08.30 sampai 16.30 WIB, jadi ada bagusnya kau datang agak permulaan supaya tidak ramai. Lazimnya, bertamasya di Jatim Park 2 ini dapat menghabiskan waktu 2.5 hingga 3 jam lamanya.

2. Daerah Makan Populer Ini Bisa Kamu Pilih untuk Makan Siang

Sesudah berkeliling di Jatim Park 2 kemungkinan besar kau akan merasa lapar. Setelah itu tak mengherankan sebab destinasi tersebut memang cukup luas. Di waktu normal, kau memang bisa menghabiskan waktu 2.5 hingga 3 jam. Akan namun, kalau kau banyak mengambil foto, biasanya kamu akan menghabiskan waktu lebih lama. Sesudah selesai, kau bisa mengisi perut di beberapa tempat makan populer, mulai dari Toko Bamboe Lesehan Sidomulyo, Pupuk Bawang Restaurant, sampai Ria Djenaka Restaurant.

Tempat makan pertama yaitu Kios Bamboe. Daerah yang satu ini adalah tempat yang bisa dibilang sungguh-sungguh asri dan berada di atas kolam ikan. Ya, kamu dapat bersantai sejenak sembari memberi makan ikan yang dirawat di sana. Daerah yang satu ini juga menyediakan makanan bertema ikan yang tak keok lezat. Tempat makan kedua yang dapat dihasilkan alternatif ialah Pupuk Bawang Restaurant.

Pas yang satu ini yaitu cafe bertema unik yang berada di dekat kaki gunung. Tempat di sebelah meja makan, kau akan menemukan hamparan sawah yang tidak kalah apik, lho. Satu daerah lain yang tak keok menarik ialah Ria Djenaka Restaurant. Di Ria Djenaka ini disediakan pelbagai makanan kekinian, mulai dari mie, cake, kentang goreng dan makanan lainnya.

3. Jatim Park 3 atau Museum Angkut

Masih dalam keluarga Jatim Park, ada dua daerah lain yang bisa kamu jadikan alternatif. Pilih saja salah satu sebab kedua daerah ini memakan waktu yang juga tak keok banyak karena tempatnya yang cukup luas. Pertama merupakan museum angkut, daerah wisata keluarga ataupun si kecil muda yang cukup populer.

Tempat ini cukup populer karena ada koleksi lebih dari 300 kendaraan yang berasal dari bermacam-macam negara ataupun beragam masa. Kamu bisa puas mengambil foto di Museum Angkut ini karena daerah ini yang satu ini termasuk daerah yang diakui sebagai daerah yang rekreatif. Untuk masuk ke museum angkut, siapkan dana sekitar Rp 70 ribu sampai 100 ribu tiap-tiap orangnya.

Daerah kedua yang dapat jadi opsi untuk kau ialah Jatim Park 3. Destinasi ini memiliki beberapa jenis wahana yang layak untuk keluarga maupun buah hati muda. Taman Dino ialah salah satu wahana yang cocok untuk keluarga dan anak-si kecil. Ada juga Legend Star Park yang memiliki beragam area negara sampai tokoh terkenal.

Wahana yang satu ini pantas untuk keluarga maupun anak muda yang mencari tempat hits untuk berfoto. Ada juga wahana Infinite World yang mencontoh wahana di Singapura. Wahana ini memberikan sensasi mandi sinar dan kaca. Masuk ke Infinite World ini dijamin feed Instagrammu akan penuh, deh.

4. Campfire Outdoor untuk Makan Malam yang Penuh Kehangatan

Setelah selesai berjalan-jalan, dapat dipastikan kau akan kembali lapar. Salah satu daerah saran untuk makan malam yakni campfire outdoor cuisine. Daerah makan yang satu ini mengusung tempat makan terbuka dan api unggun. Jadi, kamu bisa bersantai dengan keluarga dan teman-teman sembari menghangatkan diri. Setiap Batu yang lazimnya dingin benar-benar mensupport suasana kafe ini. Apabila meja tersedia bangku melingkar dan menu barbecue yang dapat kamu pilih sepuasnya.

5. Opsional: Meriahkan Malammu di Batu Night Spectacular

Bila kamu belum terlalu capek, bisa juga nih kau ke salah satu daerah wisata yang khusus dibuka di malam hari lainnya. Tempat tamasya ini masih satu bagian Jatim Park Group. Ada sekitar 27 ragam wahana yang bisa kau nikmati. Beberapa wahana di Batu Night Spectacular (BNS) ini mirip dengan wahana yang ada di taman bermain pada lazimnya. Sebagian di antaranya adalah rumah hantu, merry go round, flying swinger, Viking, mini train, dan go kart.

Sebagian variasi lain juga tak dapat kamu peroleh di tempat liburan lain. Wahana yang paling terkenal itu yaitu sepeda udara. Dengan sepeda udara ini, kamu akan bisa melintasi keseluruhan area BNS dengan menaiki sepeda di atas udara. Di dalam BNS, kau juga dapat peroleh wahana bertema penyihir di barat, yakni witch castle.

Ada juga wahana trick art daerah kau dapat menemukan berjenis-jenis lukisan 3 dimensi yang sungguh-sungguh bagus untuk obyek foto. Liburan itu terdapat pula salah satu parade laser, lampu, dan air mancur di spectacular show.

Rincian Wisata Hari Ketiga

Liburan di hari ketiga yaitu variasi wisata yang lebih kepada daerah-tempat tamasya familiar yang juga populer di Batu. Akan namun, tempat wisata populer di Batu masih benar-benar banyak jenisnya. Kamu tak boleh melewatkan pelbagai daerah liburan yang bertema alam di Batu, ya. Sebagian daerah yang bertemakan alam ini tentunya tidak hanya memanjakan mata melainkan juga menjadi sarana healing dan pereda stress. Berikut yakni itinerary hari ketiga yang bisa kamu pilih.

1. Spot Dikala Asyik untuk Berfoto Coban Rais Flower Garden Batu

Lebih dalam lagi ke tempat pegunungan Batu, kamu bisa pergi ke Coban Rais Flower Garden Batu. Taman wisata ini akan memanjakan mata dan pikiran dengan beraneka panorama asri nan hijaunya. Ketika masuk ke dalam daerah wisata ini, mata akan dimanjakan dengan pemandangan dari hutan dan bukit yang hijau. Tak cuma itu, banyak titik foto dan wahana yang tidak keok serunya. Malah, terdapat salah satu zona khusus yang tenar karena saljunya.

Di komponen bukit bunga, kamu akan dikasih pelbagai wahana mulai dari sepeda gantung dan taman hammock. Tak hanya itu, banyak spot foto yang pastinya tak keok unik, mulai dari bukit bunga, ayunan, pinus, hingga spot foto berlatarkan kayu I Love U.

Tak cuma itu, coban rais juga menyediakan jalanan khusus untuk pergi ke air terjun. Air terjun Coban Rais ini juga tidak keok indah karena tak cuma air terjun yang dikenalkan tetapi kamu bisa merasakan pemandangan kota Malang dari Bukit Gumuk. Seandainya masuk ke Coban Rais ini juga benar-benar terjangkau, lho. Cukup siapkan dana Rp 10 ribu per orang untuk masuk ke Coban Rais ini.

2. Puaskan Bermain di Taman Labirin Coban Rondo

Sekiranya belum sampai siang, kau bisa sekaligus pergi ke Coban Rondo. Coban Rondo merupakan salah satu kawasan Coban yang berarti air terjun dalam bahasa Indonesia. Tamasya sama-sama air terjun, pesona air terjun Coban Rondo ini tentunya sangat berbeda diperbandingkan dengan air terjun coban rais. Dengan biaya Rp 10 ribu saja, kau dapat masuk menikmati air terjun sekaligus taman labirin di dalamnya.

Taman labirin Coban Rondo ini yakni salah satu titik baru yang sangat instagrammable secara khusus jika difoto dari atas. Banyak si kecil muda yang mencari labirin mini ini untuk berfoto atau sekedar bermain di dalamnya.

3. Masakan Jika Legendaris Kota Batu: Pos Ketan Batu

Jika sudah selesai menjelajahi pemandangan, tentu kamu akan menikmati lapar, ya. Seandainya telah kelaparan, langsung saja ke kota untuk merasakan bermacam kuliner Batu yang familiar. Salah satu kuliner terkenal dari kota Batu yakni Pos Ketan. Pos Ketan Legenda merupakan salah satu variasi makanan populer yang telah berdiri semenjak tahun 1967.

Pos ketan ini terletak tidak jauh dari alun-alun Batu. Jadi, selain menikmati masakan, kau juga dapat menjelajahi alun-alun Batu dengan bianglalanya. Pokoknya, kamu tidak akan merasa begah tetapi dipastikan kau akan puas bermain di tempat kota Batu ini!

4. Nikmati Sore Dikala dan Malam Kota Batu di Omah Kayu Malang

Dikala hingga di kota, kau bisa beristirahat sebentar di hotel setelah selesai menjelajahi liburan masakan legendaris. Sekiranya sudah beristirahat dan menerima kembali tenagamu, kamu bisa menuju ke salah satu tempat liburan alam terpopuler di Batu, ialah Omah Kayu.

Omah Kayu adalah daerah wisata yang dekat dengan wisata Paralayang. Masakan yang satu ini akan amat bisa kamu nikmati lebih maksimal sekitar pukul 2 siang hingga sore. Sensasi berparalayang ini tentunya akan membuatmu tak cuma merasakan panorama indah kota batu tetapi sensasi melayang di udaranya tidak keok mengasyikkan.

Tidak cuma berparalayang, kamu juga bisa menikmati titik menarik di Omah Kayu tersebut. Masakan paralayang dan Omah Kayu kota Batu ini termasuk tenar terutamanya di waktu malamnya. Untuk itu, kau dapat menikmati suasana sore sampai malam di tempat tamasya ini.

Dengan biaya Rp 10 ribu per orang, kau dapat puas merasakan panorama indah kota Batu. Di sekitar daerah paralayang juga banyak daerah masakan yang tak keok lezat. Kau bisa mampir dikala pulang sembari bersiap untuk ke daerah berikutnya.

Tamasya Liburan Hari Keempat

Kalau kamu sudah puas menjelajahi kota tamasya Batu dan kota Malang, sepatutnya aturannya untuk menjelajahi gunung Bromo. Gunung Bromo yang sungguh-sungguh legendaris ini amat gampang dijangkau dari kota Malang. Untuk lebih mudahnya, kamu bahkan bisa memesan paket tamasya gunung Bromo sehari dengan biaya sekitar 300 sampai 550 per orangnya. Dengan paket wisata tersebut, kamu bisa mulai berangkat di malam hari atau tengah malam untuk bisa menikmati sunrise di Bromo.

Catatan yang penting sebelum berangkat ke Bromo yaitu menyiapkan makanan selama di sana khusus untuk muslim. Setelah itu disebabkan orang di sekitar Bromo bukanlah orang muslim sehingga status kehalalan makanan di sekitar sana belum terjamin. Untuk itu, kamu bisa beli saja makanan camilan ataupun makanan pokok sebelumnya.

1. Puncak Penanjakan: Salah satu Suhu Sunrise Terbaik di Indonesia

Ketika akan menuju Bromo, pastikan kau telah menyiapkan pakaian yang cukup tebal sebab cuaca di Bromo termasuk tenar dingin. Akan namun, sekiranya kamu sudah agak awam dengan cuaca dingin di Batu, kemungkinan besar kau akan sedikit terbiasa dengan suasana di Bromo. Awalnya di puncak Bromo ini lazimnya berada sekitar 3 hingga 15 derajat celcius.

Nah, tempat tamasya pertama yang akan menyambutmu di Bromo merupakan panorama matahari terbit di Puncak Penanjakan. Liburan udara asalnya sudah dingin, ketika kamu pergi di kala musim kemarau, suhu di sana malahan bisa mencapai nol derajat celcius. Untuk menuju ke atas, kau sepatutnya memakai jeep. Beruntunglah kau yang sudah mengorder paket tamasya karena dengan paket tamasya tersebut, kamu tak perlu lagi menyewa jeep.

2. Pesona Pasir Berbisik Memberikan Sensasi Bukit yang Bersenandung untukmu

Di Indonesia ada gurun pasir? Ya, gurun pasir di Indonesia rasanya hampir tak ada, ya. Akan tetapi, kau akan dapat menemukan gurun pasir hal yang demikian kalau berkelana ke gunung Bromo. Gurun pasir di Indonesia mungkin dapat dihitung dengan jari dan kamu bisa mendatanginya di gunung bromo, adalah di pasir berbisik. Keunikan dari gurun pasir yang satu ini merupakan lokasinya yang berada di ketinggian 2.000 mdpl.

Bagian, gurun pasir ini sesungguhnya tak mempunyai nama. Akan melainkan, di tahun 2001 ada film berjudul Pasir Berbisik yang lokasi syutingnya berada di tempat gurun pasir Bromo hal yang demikian. Film yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dan Christine Hakim ini berhasil melejit di waktu itu. Tidak heran jika letaknya malahan menjadi terkenal. Di pasir berbisik tersebut, kau bisa berfoto di atas mobil jip maupun menyewa kuda, lho.

3. Manjakan Mata dengan Bukit Teletubbies yang Hijau

Sunrise yang cerah keemasan akan dapat membuka matamu di pagi hari. Lalu, pasir berbisik dengan latar berwarna keabuan akan memberikan panorama yang jarang untuk didapatkan. Keindahan terakhir yang tak bisa dilewatkan yakni menikmati pemandangan hijau. Kamu dapat menikmati pemandangan bukit yang hijau ini di bukit Teletubbies. Hamparan bukit hijau yang memrentang luas layaknya rumah Teletubbies yakni penyebab utama kenapa bukit yang satu ini dinamakan dengan bukit Teletubies.

Dari kejauhan, kamu akan dapat merasakan padang savana yang hijau memrentang luas. Kamu Bukit Teletubbies ini rasanya akan susah kamu dapatkan di tempat lain sehingga kau bisa menikmatinya sembari piknik. -duduk sambil menikmati makanan yang sudah dibawa akan sangat menyenangkan di sini. Dikala duduk di bagian bawah bukit Teletubbies ini kamu bisa menikmati pemandangan. Sensasi piknik di bukit Teletubbies ini rasanya tidak akan dapat kamu temukan di tempat lain, deh!

Bagaimana? Dengan itinerary di atas, rasanya kamu akan dapat menjelajahi semua tamasya di Malang dengan lebih puas. Kamu bisa siapkan biaya sekitar Rp 2,1 juta sampai Rp 2.3 juta per orang untuk dapat menjelang tempat liburan, akomodasi, hingga tarif transportasi.