Samson Go Mic

Ini dia 8+ Rekomendasi Terbaik Mic Condensor dengan Suara Terjernih

Mic adalah sebuah microphone yang digunakan untuk merekam suara. Baik itu suara vocal, akting, ataupun berbincang – bincang. Jika dilihat dari jenisya, microphone terdiri dari 3 jenis, yaitu : microphone biasa, microphone portable, dan Mic Condenser. Ketiga produk tersebut mempunyai fungsi yang berbeda – beda sesuai bidangnya.

Pada artikel kali ini kami secara khuses akan membahas tentang mic condenser. Seperti yang telah diketahui, mic condenser merupakan sebuah microphone yang digunakan untuk keperluan rekaman di studio music. Mic jenis ini dapat menangkap suara secara maksimal dan menghasilkan suara yang jernih.

Tidak hanya itu saja, akan tetepi mic condenser juga dapat dipakai sebagai alat untuk menunjang pembuatan sebuah film, meliput sebuah acara, dan lain – lain. Pemakaian mic condenser biasanya dipadukan dengan perangkat lain seperti : soundcard, kabel jack, dan headphone. Sedangkan untuk pengoprasianya sendiri bisa diatur menggunakan Laptop ataupun smartphone.

Seiring berkembangnya zaman, mic condenser kini telah mendunia dan banyak produk yang dijual dipasaran. Namun, terkadang kita merasa bingung ketika akan memilih produk manakah yang memiliki kualitas terbaik ?.

Berikut 8+ Rekomendasi Terbaik Mic Condensor dengan Suara Terjernih yang bisa digunakan di studio / menunjang aktifitas lain. Sebelum ke daftar produk, simak telebih dahulu beberapa tips penting saat memilih mic condenser agar fungsinya bisa dipakai secara maksimal dan tidak mengecewakan, dibawah ini :

 

Tips Memilih Mic Condenser Terbaik :

  • Pilih Mic Condenser Sesuai Kebutuhan

Seperti yang teah kita ketahui bahwa fungsi dari mic condensor adalah sebagai alat untuk merekam vocal, live broadcasting, karaoke, atau membuat sebuah adegan film. Semuanya tentu memerlukan perangkat mic condenser yang cocok. Selain berfungsi sebagai pecocokan produk, hal ini juga bertujuan agar tidak merogok kocek terlalu dalam.

  • Perhatikan Ukuran Diafragma Pada Mic Condenser

Diafragma merupakam sebuah komponen paling penting pada microphone. Komponen ini berperan penting untuk menangkap berabagai macam frekuensi suara dan indtrumen lagu. Sebuah kelebihan ketika microphone memiliki diafragma yang besar adalah mampu merekam secara konstan walaupun dalam jarak maupun frekuensi rendah.

  • Pilih Mic Condenser Dalam Frekuensi Standar

Bila kita melihat ketentuan yang telah ditetapkan sejak dahulu tentang frekuensi yang standar yaitu sekitar 20 HZ sampai 20 KHZ. Frekuensi ini merupakan nilai paling berpengaruh pada setiap hasil  rekaman yag dibuat. Pilih mic condensor yang sesuai dengan frekuensi standar agar memudahkan saat proses pembuatan rekaman.

  • Tentukan Bahan Pembuatan Mic Condenser

Bahan yang digunakan mic condensor secara umum terdiri dari 3 jenis, yaitu : alumunium, metal, besi, dan logam. Pilihlah mic condensor sesuai yang diinginkan agar mic condensor jadi lebih awet dan berkualitas. 

  • Pilih Mic Condenser Dengan Fitur Tambahan

Mic condensor dengan fitur tambahan akan memberikan performa terbaik saat dipakai di studio maupun di luar studio. Beberapa fitur yang sangat bermanfaat seperti peredam noice tentunya akan memperjernih kualitas suara.

 

Ini dia 8+ Rekomendasi Terbaik Mic Condensor dengan Suara Terjernih :

  • Rode Classic II

Rode Classic II

Rode merupakan sebuah perusahaan asal Jerman yang mengembangkan berbagai jenis mic condensor dengan kualitas terbaik dan sangat laku dipasaran. Pada awal Bulan Juli, tepatnya tanggal 18 tahun 2018, Rode merayakan ulang tahunya yang ke 15. Mereka berinisiatif untuk membuat sebuah produk mic condensor terbaru yang dibuat secara eksklusif.

Rode Classic II merupakan sebuah mic condenser yang terbuat dari bahan – bahan bermutu tinggi, baik itu permukaan capsule, transformastor, bodi, katup, serta kebel nya. Pada bagian trafo, dirancang khusus sehingga serasi dengan katup dapat menampilkan suasana klasik. Untuk performa rekamanya sendiri, mic condenser ini menggunkan part khusus pada pusat elektroda (penangkap suara) berfungsi menyimpan suara dengan sangat jernih dan tanpa noice.

Body mic condenser terbuat dari kuningan yang dipoles secara manual sebelum dilapisi nikel noda berwarna hitam mengkilap bahkan dilapisi emas 24 karat. Terdapat Logo ”15 Years of Classic Sound” pada permukaan luarnya, menandakan bahwa microphone tersebut sangat istimewa. Perangkan (NOS) disuplai dengan dalam silinder yang terbuat dari alumunium sehingga menghasilkan suara agar dapat bertahan lama.

Satu hal yang menjadi keunggulan pada mic condenser ini yaitu dipasilitasi garansi produk seumur hidup, dan hanya di peroduksi sebanyak 15 unit di dunia. Penasaran dengan harganya ?, Rode Classic II dibendrol pada kisaran Rp. 24.000.000 sampai Rp. 25.000.000 per unit. Sungguh fantastis dan berkelas.

  • Rode NTK Large-Diaphragm Tube

Rode NTK Large-Diaphragm Tube

Jika kalian menginginkan produk mic condenser dari Brand Rode dengan harga yang lebih murah, maka produk yang satu ini dapat menjadi rekomendasi. Rode NTK Large-Diaphragm Tube hadir dengan berbagai macam keunggulan. Disainya berbentuk Vintage yang dipadukan dengan kapsul eksternal dan tabung twin – triode menghasilkan getaran suara yang stabil.

Selain itu, frekuensi yang dapat ditangkap antara 20Hz-20kHz membuat vocal semakin lembut dan enak di dengar. Setiap paketnya terdiri dari : microphone, konektor, dudukan mic, dan kabel. Produk ini praktis dibawa kemanapun karena dikemas dalam sebuah tas plastik yang mudah di genggam. Mic condenser ini dibendrol senilai Rp. 7.000.000 sampai Rp. 7.500.000 per paket.

  • Akg P220

Akg P220

Microphone Akg P220 adalah sebuah mic condenser yang memiliki diafragma berukuran cukup besar dalam dimensi 1 inci. Body nya  terbuat dari logam kuat terhadap benturan dan gesekan. Mic condenser ini dapat menangkap berbagai macam suara vocal ataupun instrumen music secara sempurna. Terdapat fitur Filter bass-cut berfungsi meredam berbagai macam gangguan suara seperti nagin ataupun langkah kaki ketika rekaman.

Komoponen Pad atenuasi switchable sudah diaplikasikan pad SPL tinggi hingga 155dB, mampu menangkap suara secara hangat, klasik, dan jernih. Menariknya mic condenser ini dilengkapi stand mic berbentuk seperti laba – laba yang dirancang di negara Austria. Untuk pemakaianya sendiri banyak digunakan oleh beberapa musisi ketika berada diatas panggung hiburan /  saat acara pentas seni. Mic condenser high performance ini dibendrol pada kisaran harga Rp. 2.500.000 sampai Rp. 3.000.000 per unit.

  • Behringer B-2 Pro

Behringer B-2 Pro

Mc condenser yang dilengkapi 2 buah diafragma memungkinkan suara vocal yang akan ditangkap menjadi lebih jernih dan terkontrol. Kedua diafragma tersebut diletakan pada bagian dalam tabung tepatnya di atas kisi – kisi dan dilapisi emas asli. Komponen Roll – Off dalam frekuaensi rendah berfungsi memilih nada suara yang sesuai agar tidak terlalu bising di telinga.

Fitur ”FET Transforemeless Noise” akan bekerja ketika rekaman berlangsung dan menghilangkan semua efek noice yang timbul. Mic ini memiliki multi fungsi yaitu sebagai rekaman dan digunakan ketika live music. Behringer B-2 Pro semakin sempurna ketika dapat di padukan dengan aplikasi live music. Untuk informasi harga, mic condenser ini berkisar antara Rp. 2.000.000 sampai Rp. 2.500.000 per unit.

  • Isk P33

Isk P33

Mic condenser pintar banyak disukai berbagai macam kalangan mulai dari pria ataupun wanita tanpa batasan usia, yang direkomendasikan untuk rekaman vocal, vodcast dan siaran radio. Produk ini dirancang secara sempurna menggunakan material alumunium murni pada diafragma dan kompenen capsule serta body nya yang memberikan kejelasan suara yang begitu jernih dan lembut.

Isk P33 hadir dengan desain seperti lolipop yang unik dalam 4 varian warna yaitu : hitam, merah, biru, dan pink. Body nya sangat kecil dan ramping sangat mudah ketika dipakai / di genggam. Mic condensor ini memberikan respon frekuensi yang luar biasa. Tedapat fitur pola pikap “cardioid”, dapat menimbulkan sensitivitas tinggi terhadap noise sehingga memungkinkan suara tanpa noise. Harga jual dari mic condenser ini adalah sekitar Rp. 500.000 sampai Rp. 700.000 per unit.

  • Technica AT2020

Technica AT2020

Satu lagi mic condenser spesialis untuk live, recording, brodcasting, atau situasi apa pun di mana kejelasan dan akurasi sesuai dengan yang diinginkan. Technica AT2020 merupakan sebuah mic condensor yang unggulan dari Brand Technica. Produk ini hadir dalam desain simpel  berwarna hitam. Terdapat fitur minimize noise yang berfungsi untuk meredam semua noice supaya suara semakin jernih. 

Selain itu, frekuensi audio akan semakin berkualitas karena mic condensor ini mampu menangkap frekuensi tinggi, dengan sangat stabil tanpa merusak karekter suara bawaan. Technica AT2020 juga bisa diatur volumenya sesuai keinginan dan masih banyak opsi lain yang bisa dimanfaatkan ketika menggunakanya. “easy to use” menjadi sebutn akrab yang sering diterapkan pada produk yang satu ini. Untuk informasi harga, mic condensor Technica AT2020 dibendrol pada kisaran harga Rp. 1.000.000 sampai Rp. 1.500.000 per unit.

  • Samson Go Mic

Samson Go Mic

Samsons Go Mic hadir untuk menunjang kebutuhan siaran berbagai macam channel televisi ataupun sebagai media komunikasi melalui berbagai macam aplikasi live chat. Mic condenser ini hadir dalam bentuk portable dan memiliki koneksi bluetooth yang dapat disambungkan ke berbagai macam alat elektronik lain seperti smartphone, laptop maupun perangkat komputer. Microphone ini juga dilengkapi kabel USB.

Tidak hanya itu, mic condenser ini juga banyak dipakai untuk menunjang pengeditan di bidang multimedia. Body nya terbuat dari bahan alumunium berwarna putih mengkilap dan memiliki 2 bagian jaring pelindung microphone berwarna hitam dan putih. Mic condensor portable ini cocok dipakai untuk kebutuhan rekaman di luar ruangan dan memudahkan ketika dibawa kemana saja. Selain itu, posisinya di buat menyatu dengan komponen dudukan. Ketika microphone selesai dipakai, maka kita akan melipatnya kembali dengan sangat mudah. Samson Go Mic dibendrol dalam kisaran harga Rp. 700.000 sampai Rp. 800.000 per unit.

  • Comica CVM-VP3

Comica CVM-VP3

Mic condensor yang diproduksi khusus untuk dipakai ketika membuat sebuah adegan film, acara rapat, dan kegiatan wawancara. Comica CVM-VP3 terbuat dari full metal mulai dari body sampai pegangan. Bentuknya seperti tongkat berukuran 20 cm berwarna hitam dengan ukuran stand (pegangan) mencapai 2 sampai 3 meter.

Fitur yang dimiliki mic condenser ini yaitu memiliki komponen berupa “sirkuit” filter 2 lapis (High – Pass) yang menanggulangi kebisingan di sekitar area, “Super Shielding” melindungi seluruh permukaan microphone agar tahan dari benturan / tekanan beban berat. Selain itu, produk ini juga support terhadap phantom power dan bisa dioperasikan menggunakan batrai AA. Dalam rentang frekuensi 20 Hz – 20 KHz. Harga dari mic condenser ini sekitar Rp. 4.000.000 sampai Rp. 4.500.000 per unit.

  • Behringer C1 Professional

Behringer C1

Produk kedua dari Brand Behringer ini bisa dijadikan koleksi buat kalian yang suka membuat clip / cover lagu dan menginginkan kualitas suara yang jernih dan minim noise. Mic condenser ini terbuat dari alumunium anti karat berwarna putih metalik. Produk ini merupakan microphone studio all-around berkualitas terbaik, ideal untuk merekam vocal dan instrumen music secara sempurna.

Jaring penutup speaker memiliki pola jaring yang cukup lebar yang menutupi permukaan diafragma pada permukaan atas microphon, berfungsi mampu menangkap suara vocal meskipun dalam frekuensi rendah. Frekuensinya sekitar (40 Hz – 20 kHz) dan memiliki fitur “FET transformerless” akan menghilangkan distorsi frekuensi rendah. Selain itu, terdapat lampu LED yang menunjukan status kerja dan dayanya. Yang menjadi kelebihan pada microphone ini yaitu konektor output XLR terdiri dari 3 – pin dan dilapisi emas untuk menambah daya tangkap sinyal.

Harganaya yaitu berkisar antara Rp. 800.000 sampai Rp. 1.000.000 per unit.

  • Xox M30

Xox_M30-removebg

Sebuah produk yang sangat populer di duna industri elektronik. Brand Xox banyak memproduksi berbagai macam microphone dan alat studio rekaman lainya. Untuk microphone sendiri, perusahaan tersebut merilis sebuah produk yang bisa digunakan untuk merekam suara ataupun melakukan siaran dan karaoke.

Produk ini disukai oleh banyak kalangan mulai dari kaum pria dan wanita, terbuat dari alumunium asli berkualitas terbaik, bisa dipilih dalam varian 2 warna diantaranya : warna merah dan biru. Setiap paketnya terdiri dari : mic, shock proof, kabel XLR, dan busa pelindung. Mic condenser Xox M30 mampu menangkap suara dalam frekuensi 20 Kh – 28 khz. Untuk masalaha harga, microphone ini dibendrol sekitar Rp. 1.000.000 sampai Rp. 1.300.000 per unit.

  • BM-8000

BM-8000

Saingan berat brand Xox ini juga tidak ingin kalah. Mereka meciptakan terobosan terbaru yaitu memproduksi sebuah mic condenser lengkap untuk karaoke. Produk ini dilengkapi oleh berbagai macam perangkat penunjang seperti : stand mic, shockproof, clip mic, audio splitter, pop filter, busa pelindung, dan kabel XLR.

Produk ini sangat laris di pasaran sejak pertama kali rilis. Beberapa aktifitas yang biasa menggunakan microphone BM-800 adalah saat rekaman, live broadcasting, atau karaoke baik itu di studio maupun pada berbagai macam aplikasi karaoke seperti : Smule, Star Maker, We Sing dan lain – lain. Mic condenser ini dibendrol seharga Rp. 400.000 sampai Rp.500.000 per paket.

 

Kesimpulan : Mic condensor yang baik biasanya terbuat dari bahan terbaik dan memiliki fitur berkualitas. Beberapa tips diatas sangat disarankan untuk disimak sebelum akan membeli mic coondensor. Kualitas. Ukuran diafragma / alat perekam suara yang lebih besar akan memudahkan ketika proses merekam dan pembuatan klip musik. Beberapa daftar produk di atas bisa menjadi rekomendasi untuk dibeli karena telah teruji secara nyata memiliki kualitas terbaik  untuk menunjang berbagai macam aktivitas pada bidang kesenian.