Jenis Jenis Akuntansi Manajemen dan Biaya Yang Dilaporkan

Akuntansi manajemen merupakan salah satu bidang akuntansi yang menyediakan informasi keuangan untuk para manajemen atau manajer perusahaan. Laporan akuntansi manajemen hanya dipakai oleh orang-orang dalam perusahaan, bukan seperti akuntansi keuangan yang bisa dipakai oleh orang eksternal perusahaan.

Akuntansi manajemen memuat informasi terkait sumberdaya dan administrasi seperti faktur dan bukti transaksi lain. Pihak internal perusahaan membutuhkan informasi tersebut guna mengatur strategi bisnis perusahaan.

Supaya lebih jelas, langsung saja kita simak apa pengertian akuntansi manajemen dan fungsinya di perusahaan.

Pengertian Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen adalah akuntansi yang menyajikan laporan keuangan yang bisa membantu manajemen perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis. Pasalnya laporan dari akuntansi manajemen memuat informasi yang rinci, tidak sama dengan yang dilaporkan di publik.

Manajer bisa memanfaatkan informasi tersebut untuk mengembangkan bisnis atau mengevaluasi kinerja perusahaan saat ini.

Contoh yang termasuk dalam laporan akuntansi manajemen dilansir dari akuntansilengkap.com diantaranya berisi analisa bisnis, ekonomi, biaya-biaya dan transaksi keuangan pada periode akuntansi tertentu.

Data-data tersebut harus mewakili keinginan manajemen, karena pihak manajemen yang tahu tentang apa saja yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan.

Jenis Akuntansi Manajemen

Penetapan biaya produk

Biaya produk dalam perusahaan merupakan biaya yang ditimbulkan untuk aktivitas bisnis. Biaya tersebut diantaranya biaya pembelian bahan baku, biaya pembuatan infrastruktur jasa dan biaya lainnya yang dikeluarkan.

Semua biaya dihitung dan dimasukkan sebagai modal pokok untuk produksi barang maupun jasa, sehingga pihak manajemen bisa menentukan harga jual dan peluang keuntungannya.

Analisa arus kas

Analisis Arus Kas merupakan informasi keuangan tentang keluar masuknya uang tunai perusahaan. Arus kas yang bisa diidentifikasi akan memudahkan pada saat terdapat keperluan seperti membayar kewajiban dan bia-biaya pada bisnis.

Analisa persediaan

Persediaan merupakan barang yang wajib dikontrol dan dilaporkan, karena persediaan diperoleh dengan pengorbanan tertentu. Setiap persediaan keluar akan mengurangi stok yang tersedia, apabila tidak dicatat dengan baik maka bisa kehabisan persediaan sehingga tidak bisa menjalankan bisnis.

Selain perhitungan stok, persediaan juga memiliki biaya pembelian, harga dan proses lain yang bisa mempengaruhi harga jual produk.

Analisa masalah produksi

Melalui akuntansi manajemen, perusahaan dapat melihat jika terjadi masalah seperti dalam proses produksi dan penjualan. Sehingga jika diketahui lebih awal, tidak akan mengganggu pendapatan atau keuntungan perusahaan.

Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan didasari oleh tujuan pembuatan dan standar pelaporannya.

  • Akuntansi manajemen dibuat untuk pihak manajemen internal perusahaan. Sedangkan akuntansi keuangan lebih luas untuk pihak eksternal perusahaan.

  • Akuntansi manajemen dibuat berdasarkan keputusan pihak manajemen. Sehingga masing-masing perusahaan bisa saja berbeda dalam memuat informasi dalam akuntansi manajemen.

  • Sedangkan akuntansi keuangan dibuat sesuai dengan aturan prinsip akuntansi yang berlaku internasional.