Jenis Jenis Panel Surya Yang Perlu Anda Ketahui

Panel surya sering digunakan sebagai alternatif lain untuk pengganti listrik agar lebih hemat. Sebelum Anda memilih jenis panel surya apa yang tepat, sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis dari panel energi surya. Berikut ini berbagai jenis panel yang wajib Anda ketahui.

Jenis Panel Energi Surya

  1. Monocrystalline Silicon

Jenis yang pertama adalah monocrystalline silicon. Jenis satu ini merupakan jenis panel energi surya yang banyak digunakan. Tipe panel satu ini memiliki banyak macam kelebihan. Seperti efisiensi yang tinggi dan juga memiliki umur pakai yang panjang.

Panel penyusun sel surya ini terbuat dari kristal silikon murni yang diiris tipis dengan menggunakan teknologi mesin yang canggih sehingga berbentuk bundar. Sel surya ini disebut “monocrystalline” karena silikon yang digunakan adalah silikon kristal tunggal. Efisiensinya mencapai lebih dari 20% dan jauh lebih tinggi dibanding tipe panel surya lainnya.

Tingginya efisiensi ini menandakan bahwa panel monocrystalline memiliki kemampuan mengkonversi energi dari matahari ke listrik yang baik. Sehingga, luas penampang dibutuhkan lebih kecil untuk menghasilkan energi yang sama dibanding dengan tipe panel energi surya lainnya. Harga sel surya ini merupakan yang paling mahal. Tentunya, setara dengan kualitas yang diberikan.

 

  1. Thin Film Solar Cell

Disebut “thin film” karena menggunakan sel surya yang berbahan sangat tipis dengan ukuran sekitar 10 nm dan jauh lebih tipis dibandingkan dengan tipe crystalline silicon yang berukuran 200-300 nm. Lapisan tipis ini ditambahkan ke permukaan seperti plastik, kaca atau metal.

Panel energi surya satu ini memiliki berat yang sangat ringan dan fleksibel karena ukurannya yang begitu tipis. Tapi jangan salah, meski tipis, panel energi surya satu ini tidak akan mengalami penurunan performa pada temperatur yang semakin tinggi seperti tipe lainnya. Sayangnya, efisiensi energinya masih terbilang rendah, yaitu sekitar 10%.

 

  1. Polycrystalline Silicon

Tipe panel surya satu ini terbuat dari batang kristal silikon yang dilebur atau dicarikan kemudian dituang ke dalam cetakan berbentuk persegi. Kelebihan polycrystalline silicon ini adalah susunannya yang lebih rapi dan juga lebih rapat. Retakan atau fragmen dalam sel surya ini menjadi salah satu ciri uniknya.

Tipe sel surya ini terdiri dari banyak fragmen kristal silikon. Efisiensi panel energi surya polycrystalline silicon mencapai 17%. Tipe panel ini paling banyak dipilih dan digunakan karena harganya yang relatif lebih murah dan terjangkau daripada tipe panel energi yang lainnya.

Temukan tipe panel energi surya yang paling tepat sesuai kebutuhan Anda. Hanya dengan DP 0% Anda bisa mendapat produk SUN Energy, diantaranya Panel Energi Surya, PLTS, Solar Panel yang terbaik. Nikmati berbagai keuntungan dari model pembiayaan inovatif dari produk SUN Energy. Kunjungi website SUN Energy untuk lebih lengkapnya.