Jenis kabel listrik yang dipakai dalam instalasi rumah adalah

Kabel listrik merupakan komponen listrik yang berfungsi untuk menghantarkan energi listrik ke sumber-sumber beban listrik atau alat-alat listrik. jenis kabel listrik yang dipakai dalam instalasi rumah adalah Kabel NYA dan NYM. Kelas Elektronika akan membahas lebih lanjut tentang kabel listrik.

 Kabel NYA dan NYM merupakan kabel listrik yang paling sering dan umum digunakan pada instalasi listrik rumah dan gedung.

Kabel NYM

Kabel NYM ini merupakan sebuah kabel listrik yang mempunyai Kepanjangan yaitu :
N = Kabel inti tembaga
Y = Isolasi PVC
M = Inti kabel lebih dari satu
Jadi Terlihat pada gambar bahwa kabel NYM ini berisolasi PVC dan didalamnya terdapat 2 – 4 kabel inti tembaga. Penggunaan kabek NYM ini dinilai lebih efisien dan efektif untuk instalasi listrik rumah dan gedung karena pada satu kabel dapat dihubungkan ke 2 – 4 sambungan kabel.
Jadi terlihat pada gambar bahwa :
  • NYM Jenis 2 Sambungan Kabel dapat dihubungkan ke beban listrik yaitu pada contoh diatas adalah lampu dimana menggunakan kabel fasa dan netral.
  • NYM Jenis 3 Sambungan kabel dapat dihubungkan ke stop kontak yang terdiri dari kabel fasa, netral dan ground.

Kabel NYA

Kabel NYA ini merupakan sebuah kabel listrik yang mempunyai Kepanjangan yaitu :

N = Kabel inti tembaga
Y = Isolasi PVC
A = Inti kabel hanya satu

Jadi terlihat pada gambar bahwa kabel NYA ini hanya terdiri dari satu kabel inti tembaga dan berisolasi PVC.

Kemudian kabel NYA ini banyak sekali digunakan pada instalasi listrik rumah dan gedung dikarenakan mudahnya dalam menyambungkannya ke berbagai komponen instalasi listrik.

Jadi terlihat pada gambar bahwa satu kabel NYA digunakan untuk menyambungkan ke satu sambungan listrik. Oleh sebagian teknisi tentu ini memudahkan dalam menyambungkan instalasi listrik rumah. Akan tetapi sebagian teknisi menilai bahwa penggunaan kabel NYA ini tidak efektif dan efisien sama sekali. Hal tersebut diakarenakan kabel NYA ini dinilai memakan tempat di dalam tembok rumah dikarenakan sambungan kabel yang banyak sekali.

Misalkan untuk menyambungkan ke stop kontak yang membutuhkan 3 sambungan kabel untuk fasa, netral dan ground. Maka teknisi juga perlu menggunakan 3 buah kabel NYA ini. Tentu kabel NYA ini akan memakan banyak ruang di dalam tembok rumah.

Oleh karena itu kita perlu memadukan penggunaan kabel NYA dan NYM ini agar efektif dan efisien dalam sambungan kabel di dalam tembok rumah untuk instalasi listrik.