Jenis Valve Udara

Umumnya terdapat 4 jenis valve udara yang beredar di pasaran, yakni:
  1. Katup pelepas udara
  2. Katup udara dan vakum
  3. Katup udara kombinasi
  4. Katup pelepas udara kinetik.

    1. Katup Pelepas udara

    Jenis katup ini menggunakan pelampung berbobot ringan yang mendeteksi keberadaan udara. Mekanisme yang terkait dengan pelampung membuka lubang katup dan melepaskan udara.
    Jenis katup ini bekerja paling baik ketika pipa air berada pada tekanan penuh, karena memiliki kemampuan terbatas untuk melepaskan dan menyuntikkan udara.

    2. Katup Vakum

    Katup udara dan vakum, juga disebut katup orifice besar. Dalam prosenya, injektor melepaskan udara dalam jumlah besar saat pipa sedang diisi atau dikosongkan. Katup ini juga disegel oleh bola. Saat air mengisi pipa, bola tetap berada di bawah lubang dan katup disegel.
    Ketika pipa dikosongkan, bola akan jatuh sejajar dengan ketinggian air dan memungkinkan udara masuk ke dalam pipa Ultrasonic Flow Meter.

    3. Katup Udara Kombinasi

    Katup udara kombinasi tidak lain adalah gabungan katup udara dan vakum. Fungsi dari jenis ini ialah melepaskan udara secara otomatis yang terkumpul di dalam system pipa saat mendapatkan tekanan.
    Fungsi udara dan vakum mengeluarkan udara masuk dalam volume besar selama pengisian atau pengurasan pipa. Katup udara kombinasi akan terbuka untuk menghilangkan tekanan negatif setiap kali pemisahan kolom air terjadi.

    4. Katup Udara Kinetik

    Jenis ini mengevakuasi udara selama pengisian pipa. Memungkinkan asupan udara volume besar dalam kasus jaringan drainase pipa. Katup udara kinetik memberikan perlindungan yang sangat baik terhadap timbulnya kondisi vakum karena memiliki desain aerodinamis dan lubang orifice kinetik. Katup udara memberikan penyegelan yang lebih baik dalam kondisi tekanan rendah.