pulau kecil

Ke Bali Tidak boleh Terus-terusan Kuta dan Sanur, Datangi 3 Pulau Kecil Ini!

Pulau kecil Sedikit yang mengetahui jika Bali mempunyai daya tarik terselinap. Daya tarik itu dapat kamu peroleh dengan berkunjung beberapa pulau kecil disekitaran Bali yang belum banyak dijumpai oleh pelancong.

Rekreasi ini benar-benar pas buat kamu yang ingin lebih nikmati waktu berlibur, karena berekreasi ke beberapa pulau kecil ini jumlah pengunjungnya tidak sepadat bila kamu bertandang ke pulau intinya. Disamping itu, nuansa wisatanya masih alami, sedikit keributan, jadi pas bila dikatakan sebagai lokasi yang perawan untuk didatangi.

Tiga pulau kecil di Bali yang harus kamu datangi ialah Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, dan Pulau Nusa Ceningan. Yok, lihat pembahasan wisatanya di masing-masing pulau di bawah ini.

1. Nusa Penida

Antara pulau kecil yang lain di Bali, Nusa Penida sebagai pulau yang terbesar. Untuk ke arah Nusa Penida kamu dapat melalui 3 (tiga) lajur yakni naik speedboat dari Pantai Sanur, naik perahu mesin dari Lusuhba/Karangasem, atau naik kapal ferry dari Padang Bai. Bila kamu bawa kendaraan bermotor karena itu dianjurkan pergi memakai kapal ferry.

Datang di Nusa Penida, kamu harus berkunjung Pantai Kelingking. Pantai ini ada di beberapa tebing hijau dan kuat yang membubung tinggi. Keelokannya komplet dengan warna putih pada pasir pantainya.

Disamping itu, kamu bisa juga berkunjung Broken Beach atau Pasir Uug. Panggilan Broken Beach ini diberi karena daerah pantainya mempunyai tebing berupa melingkar tetapi ada lubang di tengah-tengahnya, hingga tidak utuh atau broken.

Satu rekreasi pantai di Nusa Penida yang janganlah sampai terlewatkan ialah Raja Lima di Bukit Atuh. Buat kamu yang bernafsu ke Raja Ampat, berkunjung lokasi ini dapat memberi kepuasan karena rekreasi ini hampir serupa dengan Raja Ampat dengan rangkaian karang-karang yang membubung kuat.

Oya, buat kamu pencinta diving bisa bertandang ke Crystal Bay yang tawarkan air jernih, ombak tenang, dan panorama bawah laut yang mengagumkan. Oya, Crystal Bay ini mempunyai pasir putih dengan beberapa pohon kelapa berjajar.

Nach, bila kamu pencinta bukit, Nusa Penida mempunyai daerah bukit-bukit yang berada di Dusun Tanglad. Hmm, jika di sini kamu pasti bernostalgia terasanya di bukit Teletubbies. Bagus dech jadi spot photo instagram kamu!

baca : Pulau Pari kepulauan seribu

2. Nusa Lembongan

Ke Bali Tidak boleh Terus-terusan Kuta dan Sanur, Datangi 3 Pulau Kecil Ini!journeyera.com
Kamu dapat berkunjung Nusa Lembongan dari Pantai Sanur atau Tanjung Benoa. Dibanding dengan Nusa Penida, ukuran Nusa Lembongan  lebih kecil. Panjang ukuran pulaunya cuman 5 km dan ukuran lebarnya cuman 1,5 km.

Pantai yang terpopuler di pulau ini ialah Dream Beach, pantai ini benar-benar cantik dengan pasir putih dan warna laut yang benar-benar biru. Tidak jauh dari Dream Beach, ada Tebing Devil’s Tears. Disebutkan begitu karena pantai yang cantik ini mempunyai deburan keras ke beberapa sisi tebing. Deburan ke tebing itu selanjutnya mengakibatkan cipratan air yang berpendar. Kemungkinan berikut argumen mengapa disebutkan Devil’s Tear atau Air Mata Iblis.

Selanjutnya ada pula Teluk Jamur atau Mushroom Bay, selainnya panorama cantik yang dijajakan, di lokasi ini ada beberapa pemondokan dan sebagai dermaga untuk beberapa kapal speedboat. Sementara bila kamu cari lokasi pantai terbaik untuk menyaksikan sunset, Sandy Bay ialah jawabnya. Nach, karena Sandy Bay ini berada di teritori resor, kamu dapat menyaksikan sunset sekalian kongkow di kafe resor.

Selainnya laut dan pantai, Nusa Lembongan mempunyai rekreasi menarik yang lain yakni dengan bertandang ke Goa Gala Gala. Sebenarnya goa ini sebagai rumah bawah tanah karena didalamnya ada ruang-ruangan di mana goa ini dengan menyengaja dibuat sebegitu rupa oleh Mangku Byasa yang dahulunya seorang petani dan pertapa.

Ke Nusa Lembongan tidak komplet bila tidak lakukan penelusuran ke Rimba Mangrove memakai perahu dayung. Di Rimba Mangrove ini dilarang memakai perahu bermotor untuk menghindar pencemaran yang dibuat dari mesin perahu dan dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan. Menarik ya, kamu seperti lakukan perjalanan tradisionil.

baca lagi : Eksotik! Yok, Lihat 4 Daya tarik Mistik Pulau Nusa Barong Jawa Timur Ini

3. Nusa Ceningan

Sesudah bertandang ke Nusa Lembongan, kamu tidak boleh cepat-cepat pulang. Kamu akan memperoleh pengalaman rekreasi yang lain mengagumkan ke Nusa Ceningan cukup dengan seberang lewat Jembatan Kuning (Yellow Bridge). Tetapi bila kamu ada di Nusa Penida, juga bisa naik kapal umum atau sewa kapal individu untuk seberang ke Nusa Ceningan. Dibanding dengan pulau yang lain, Nusa Ceningan mempunyai ukuran paling kecil.

Spot pertama kali yang harus didatangi ialah Blue Lagoon. Lokasi rekreasi ini sebuah teluk dengan panorama tebing dan air lanjut yang biru. Tidak jauh dari Blue Lagoon, kamu dapat berkunjung ke Mahana Points yang tawarkan rekreasi mencekam. Di sini kamu dapat berusaha untuk terjun di atas tebingnya. Sudah pasti dengan didampingi guide ya.

Di dekat Pulau Ceningan, dan berada antara Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan, ada lokasi menyelam yang mengagumkan. Lokasi itu kerap dikenali dengan Buddha Statue karenanya menyelam pada tempat ini kamu segera dapat menyaksikan panorama cantik barisan patung Buddha di bawah laut. Benar-benar rekreasi lainnya dari umumnya ya!

Tidak ada argumen kembali untuk jemu bertandang ke Bali, karena rekreasi ke 3 (tiga) pulau kecil ini akan memberi kamu pengalaman rekreasi yang lain dari umumnya . Maka, apakah sudah merencakan agenda untuk mengawali perjalanan ke Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, dan Pulau Nusa Ceningan? Jika kamu telah ke situ, janganlah lupa sharing pengalaman kamu di kotak kometar berikut ini ya!