Kendala Yang Sering Dialami Pengusaha Saat Membuat PT

Perseroan Terbatas (PT) merupakan tidak benar satu badan bisnis legal yang sering dilirik oleh banyak pengusaha, lebih-lebih bagi mereka yang sedang meniti atau mengembangkan bisnisnya.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan bersama dengan membawa dampak PT baru. Selain bisa beroperasi secara legal, entrepreneur pun pastinya bakal lebih gampang menjalin kerja sama bersama dengan pihak-pihak lain dan termasuk melacak tambahan modal.

 

Kendala Membuat PT Baru

Meskipun banyak diminati oleh pengusaha, tapi nyatanya sistem membawa dampak Perseroan Terbatas (PT) tidaklah mudah. Beragam kriteria kudu dipenuhi untuk memperoleh perusahaan yang legal. Dan di dalam prakteknya, banyak entrepreneur yang justru menemui rintangan kala mengurus pendirian perusahaan.

Berikut ini adalah lebih dari satu rintangan yang sering berlangsung kala mendirikan Perseroan Terbatas (PT).

 

1. Modal

Ketidaktahuan kuantitas modal dasar yang diperlukan waktu membawa dampak PT baru bisa menjadi hambatan. Sesuai UU Nomor 40 Tahun 2007, modal awal minimal sebuah PT adalah Rp 50 Juta, dan entrepreneur kudu menyetor 25 prosen dari dana tersebut.

Namun, ketetapan berikut diperbarui melalui PP Nomor 29 Tahun 2016, agar modal awal bisa sesuai bersama dengan kesepakatan para pendiri.

 

2. Bidang usaha

Biasanya, entrepreneur pemula sering bingung menentukan bidang bisnis yang inginkan digelutinya. Bidang berikut nantinya kudu bisa dikategorikan di dalam KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia). Dan kalau masuk di dalam cakupan KBLI, maka pengurusan izin dan dokumen legal perusahaan jasa pembuatan pt pun bakal menjadi lebih mudah.

 

3. Nama

Anda mungkin mengira bahwa membawa dampak nama perusahaan adalah perkara yang mudah. Nyatanya, banyak entrepreneur kudu menahan kecewa karena nama PT yang diajukannya ternyata ditolak.

Nah, untuk urusan penamaan, Anda bisa mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2011, berkenaan Tata Cara Pengajuan dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas (PT).

 

4. Dokumen

Ada banyak dokumen mutlak yang diperlukan sebagai syarat dari pendirian PT. Beberapa di antaranya adalah KTP, KK, NPWP, IMB, Surat Keterangan Domisili, Surat Sewa, dan termasuk bukti pelunasan pajak PBB terakhir.

Siapkanlah semua dokumen-dokumen berikut untuk memperlancar sistem pembuatan perusahaan Anda.

 

5. Izin Domisili Usaha

Kejelasan alamat kantor di dalam SKDP biasanya menjadi kasus bagi entrepreneur kecil atau startup yang belum punya kantor resmi. Tapi Anda tidk kudu khawatir, karena kini telah ada jasa Virtual Office yang menyewakan alamat resmi kantor, agar Anda bisa mengurus izin domisili usaha.Salah satunya adalah Gapura Office atau Virtual Officeku. Kami siap menunjang pengurusan izin pembuatan PT Anda.

 

6. Waktu

Untuk mendirikan sebuah Perseroan Terbatas (PT), butuh waktu yang lumayan lama. Pembuatan Akta Pendirian PT dan penerbitan SK Kementerian Hukum dan HAM saja bisa memakan waktu lebih dari satu hari. Itulah sebabnya mengapa Biro Jasa Pembuatan PT biasanya mematok waktu kira-kira 30 hari sampai perusahaan klien berdiri secara legal. Bayangkan kalau Anda kudu mengurus pendirian itu sendiri, tentu bakal makin lama.

Demikian tadi lebih dari satu rintangan yang biasa dialami entrepreneur waktu membawa dampak Perseroan Terbatas (PT). Alangkah baiknya tiap tiap entrepreneur menyimak hal-hal di atas, agar nantinya sistem pendirian perusahaan yang diimpikan bisa berlangsung tanpa hambatan.

 

Tata Cara Pemberian Nama PT Baru

Sebelum mendirikan Perseroan Terbatas (PT) baru, pikirkan baik-baik nama yang bakal diajukan, agar sistem pembuatannya tidak terhambat.

Mengacu pada PP Nomor 43 Tahun 2011, lebih dari satu syarat dukungan nama Perseroan Terbatas (PT) adalah sebagai berikut.

Ditulis bersama dengan huruf latin.
Belum digunakan oleh PT lain secara sah.
Tidak melanggar ketertiban lazim atau kesusilaan.
Tidak menyerupai nama instansi negara, pemerintah, atau internasional (kecuali telah ada izin).
Tidak manfaatkan angka atau huruf (termasuk bersifat rangkaian) yang tidak membentuk kata bermakna.
Harus cocok bersama dengan target atau bidang usaha.
Terdiri dari minimal tiga kata berbahasa Indonesia.

Beberapa syarat tadi kudu Anda penuhi waktu berikan nama sebuah perusahaan baru. Nah, telah terpikirkan belum bakal menentukan nama apa untuk PT Anda?

Jika Anda inginkan membawa dampak PT baru, kami Gapura Office atau Virtual Officeku bakal menunjang pengurusan izin pembuatan PT Anda. Kami bisa menunjang Anda bersama dengan tim yang berpengalaman dan profesional.