Kesalahan Menyeduh Kopi Dengan French Press yang Harus Dihindari

Kesalahan Menyeduh Kopi Dengan French Press yang Harus Dihindari

Untuk Anda yang menjadi pecinta kopi, tentu Anda sudah familiar dengan French press, bukan? Ya, French press adalah salah satu alat manual brew yang banyak digunakan. Selain penggunaannya yang bisa dikatakan sangat praktis dan mudah, kopi yang dihasilkan dengan alat ini pun memiliki rasa yang nikmat. Terlebih, alat ini juga tersedia dengan harga yang cukup terjangkau.

Namun, meskipun French press cenderung mudah digunakan dan sebenarnya tidak memerlukan teknik khusus, ada beberapa kesalahan umum yang kerap kali terjadi. Kesalahan umum ini tentu akan membuat rasa kopi yang dihasilkan menjadi tidak nyaman bahkan bisa terlalu pahit.

Nah, untuk Anda yang ingin menyeduh kopi dengan French press, berikut beberapa kesalahan umum penggunaan alat ini yang perlu diperhatikan. Cek ulasan selengkapnya!

  • Rasio air dan kopi yang tidak seimbang

Secara umum, saat hendak menyeduh kopi, memperhatikan rasio perbandingan air dan kopi adalah hal yang penting untuk dilakukan. Perbandingan rasio ini memiliki pengaruh pada rasa kopi yang akan didapatkan setelah proses seduh.

Nah, masalah yang sering terjadi pada pengguna French press adalah rasio perbandingan yang digunakan antara kopi dan air tidak seimbang. Idealnya, untuk alat ini, rasio antara kopi dan air adalah 1:10 atau 1:12. Perbandingan yang terlalu besar akan membuat kopi yang cenderung watery. Selain itu, perbandingan yang terlalu kecil menyebabkan kopi terasa begitu kuat.

  • Level gilingan kopi yang tidak tepat

Selain rasio yang kurang sesuai, level gilingan kopi yang tidak tepat juga menjadi kesalahan umum penggunaan French press untuk menyeduh kopi. Perlu diketahui bahwa level gilingan kopi akan sangat berpengaruh pada ekstraksi dan rasa kopi. Selain itu, umumnya, tiap alat seduh memiliki rekomendasi level gilingan kopi.

Nah, untuk French press, umumnya, level gilingan kopi yang disarankan adalah cenderung lebih kasar. Level gilingan yang terlalu halus akan membuat rasa kopi lebih kuat dan mengarah ke pahit. Namun, jika gilingan terlalu kasar, maka ekstraksi kopi akan cenderung kurang dan rasa kopi menjadi kurang kuat.

  • Tidak memindahkan kopi dari alat

Hal lain yang menjadi kesalahan penggunaan French press yang sering terjadi adalah tidak memindahkan kopi yang sudah jadi dari alat French press. Meskipun banyak orang yang menganggap hal tersebut tidak masalah, namun kopi yang tidak dipindah akan mengalami ekstraksi lebih lama dan rasa kopi akan semakin kuat.

Oleh karenanya, setelah Anda menyeduh kopi dengan menggunakan French press, maka pindahkan hasil seduh kopi ke gelas. Dengan demikian, Anda bisa menikmati kopi dengan lebih nikmat dan tidak terlalu kuat.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang kesalahan penggunaan French press yang sering terjadi. Sebagai tambahan, untuk mendapatkan cita rasa kopi yang nikmat, tentu saja Anda juga harus memilih biji kopi yang tepat untuk diseduh. Semoga membantu.