KUPAS TUNTAS KLEM KABEL LISTRIK DAN TUJUAN PENGGUNAANYA

Klem kabel listrik sudah sangat umum di kalangan masyarakat. Klem kabel listrik sangat bermanfaat bagi adanya instalasi listrik.

Jual Klem Kabel Paku Beton Asli 12 Mm 50 Pcs Paku Klem 12 Mm 50 Pcs Putih  Terbaru November 2021 harga murah - kualitas terjamin | Blibli

source gambar : blibli.com

Kabel listrik merupakan suatu media yang berguna untuk menghantarkan arus listrik yang terdiri atas konduktor atau bahan penghantar listrik yang biasanya terbuat dari bahan konduktor dan isolator.

Konduktor merupakan suatu bahan yang menghantarkan arus listrik dan biasanya merupakan bahan yang digunakan adalah tembaga ataupun aluminium. Meskipun tidak jarang pula ada orang yang menggunakan emas dan perak untuk bahan konduktornya.

Sedangkan untuk isolator merupakan bahan penyeimbang dari konduktor dalam artian isolator ini sulit dalam menghantarkan listrik yang biasanya digunakan pada kabel listrik merupakan berasal dari bahan thermoplastik ataupun thermosetting.

Salah atu bahan yang paling banyak digunakan yaitu jenis polymer yang bisa dibentuk dengan beberapa kali pemanasan dan pendinginan.

Kabel pada intinya merupakan kawat yang terisolator yang diikat bersama dan akan menciptakan suatu jalur transmisi multikonduktor. Kabel listrik juga dibedakan berdasarkan warna, label, dan cara penggunaannya. Berbicara tentang kabel listrik tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama klem kabel listrik.

Klem kabel listrik sudah sangat umum di kalangan masyarakat. Klem kabel listrik sangat bermanfaat bagi adanya instalasi listrik. Saat ini kebutuhan akan listrik juga semakin meningkat, maka dari itu dibutuhkan instalasi yang meningkat pula. Hal ini juga sering terjadi di dalam rumah ketika stop kontak yang semakin terbatas.

Maka kita akan membuat stop kontak tambahan, proses pemasangan stop kontak tambahan tersebut membutuhkan adanya klem kabel listrik untuk merapikan dan memasang adanya stop kontak tambahan. Sebab untuk membuat instalasi yang kabelnya berada di luar dinding harus menggunakan klem kabel listrik.

Tujuannya agar tidak membahayakan orang sekitar. Ada pula penggunaan paralon sebagai pengganti penggunaan klem kabel listrik. Namun itu terkesan cukup ribet dan tidak enak dipandang. Sehingga jalan yang paling tepat yaitu dengan memanfaatkan penggunaan klem kabel listrik yang bisa membuat kabel lebih tertata rapi.

Klem kabel tersedia dalam bahan ukuran yang bermacam-macam yaitu di antaranya ada ukuran 5 mm, 6 mm, 7 mm, 8 mm, 9 mm, 10 mm, 12 mm, 22 mm. Adapun beberapa kelebihan dari penggunaan klem kabel listrik ini yaitu :

  1. Penggunaan klem kabel listrik akan mencegah daerah yang terbuka dan terpapar secara langsung sehingga kabel listrik tidak akan mengalami kerusakan yang parah.
  2. Penggunaan klem kabel memberikan bentuk yang nyaman dan rapi bagi susunan kabel
  3. Penggunan klem kabel bisa mempengaruhi instalasi susunan kabel menjadi lebih kuat dan aman. Oleh karena itu, klem kabel sebuah komponen yang wajib dipasang.

Klem kabel biasanya bisa dibanderol dengan harga berkisar Rp5000 hingga Rp10.000 untuk yang berukuran 12mm. Klem kabel listrik ini tersedia di banyak toko listrik. Bahkan saat ini klem kabel juga dijual di mini market atau toko online. Penjualan klem kabel listrik ini biasanya dijual dengan jumlah per pack yang terdiri atas puluhan klem kabel.

Penggunaan klem kabel listrik disarankan lebih baik menyesuaikan ukuran dari kabel listrik yang digunakan. Sehingga akan pemanfaatannya akan lebih maksimal.

Pemasangan klem kabel listrik yang tidak sesuai dengan ukuran kabel maka akan mengakibatkan pemasangan kabel menjadi tidak rapi dan beresiko menyebabkan kerusakan pada kabel listrik yang justru akan menimbulkan dampak yang bahaya bagi orang lain. Sehingga kita harus selektif dalam memilih ukuran yang pas untuk klem kabel listrik.