Lebih Praktis, Berikut Tips Menangkap Tikus di Rumah dengan Mudah

Tikus memang dianggap sebagai salah satu hama paling menyebalkan yang biasanya mengganggu ketentraman hunian. Bukan hanya itu saja, keberadaan hewan pengerat ini pun membuat sebagian besar petani rugi lantaran memakan semua padi yang telah dipanen. Bila hal ini terjadi, cobalah menerapkan tips menangkap dengan menggunakan alat perangkap tikus berikut.

Tips Menangkap Tikus di Rumah dengan Mudah

1. Memasang Alat Perangkapnya

Tidak sedikit orang beranggapan jika alat perangkap jepret merupakan cara paling cepat dan mudah untuk menangkap tikus. Hal ini lantaran alat ini hanya cukup diletakkan pada tempat yang biasanya dilewati oleh hewan pengerat dengan menggunakan umpan berupa makanan. Bila mereka telah mengambil makanan tersebut dan menyantapnya, secara otomatis tubuhnya akan terjepret.

Bukan hanya jepret saja, ada beberapa alat lainnya yakni lem tikus Cap Gajah. Dengan daya rekatnya yang sangat tinggi, membuat lem satu ini sangat ampuh untuk menangkap hama paling meresahkan ini. Lem ini akan mengikat kuat badan tikus yang telah masuk ke dalam jebakan. Semakin ia memberontak, maka lem akan semakin kuat mengikatnya.

Alat perangkap tikus ampuh berupa lem ini hanya membutuhkan kardus sebagai medianya. Dimana kardus tersebut nantinya akan dioleskan lem tikus. Kemudian letakkan umpan berupa makanan di tengah tengah kardus. Sama halnya dengan perangkap jepret, anda pun harus meletakkan lem tikus ini di beberapa tempat yang kerap kali dilewati oleh hewan pengerat ini.

2. Ember dan Sendok

Banyak yang belum mengetahui, jika ternyata ember dan sendok bisa digunakan sebagai media untuk menangkap tikus dengan sangat mudah. Lantas bagaimana caranya? Pertama tama siapkan terlebih dahulu kedua bahan tersebut. Lalu oleskan keju atau makanan lainnya yang dianggap kesukaan tikus di ujungnya. Selanjutnya taruh sendok yang telah diolesi tersebut pada ujung meja.

Sementara itu, ember yang telah disiapkan bisa diletakkan di bawah meja tersebut. Ember ini digunakan untuk tempat penampungan tikus yang terjatuh ketika berusaha menyantap umpan di ujung sendoknya. Bila hama menyebalkan ini telah terjebak di dalam ember, bisa dipastikan mereka akan kesusahan keluar lantaran ember bersifat licin dan sulit untuk dipanjat.

3. Botol Air Mineral

Selain sendok dan ember, botol bekas pun bisa dimanfaatkan sebagai media selanjutnya untuk menjebak tikus di dalam rumah. Meski cara yang harus dilakukan terbilang ribet, tapi tak jarang orang yang telah membuktikannya dan berhasil menangkap tikus menggunakan botol ini. Yang paling penting, di dalam alat perangkap tikus ini harus terdapat umpan berupa makanan kesukaannya.

Sebetulnya, ada beberapa cara untuk bisa menangkap hewan pengerat ini. Namun sebagian besar orang, beranggapan bahwa lem tikus Cap Gajah menjadi solusi terbaik diantara yang lainnya. Kenapa? Lantaran, lem unggulan satu ini sangat ampuh mengikat dan tidak memberikan celah kepada tikus untuk membebaskan diri dari jebakan yang dipersiapkan.