Manfaat buah alpukat yang harus kamu tahu

Manfaat buah alpukat yang harus kamu tahu – Alpukat merupakan satu-satunya buah yang memberikan jumlah asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA/ monounsaturated fat acids) yang baik untuk kesehatan.

Selain lezat dan bisa diolah dalam berbagai cara, manfaat alpukat pun sulit ditolak karena kaya akan nutrisi. Setidaknya terdapat 20 vitamin dan mineral yang terkandung dalam alpukat. Karenanya, buah yang satu ini dianggap sebagai superfood.

Lalu, apa saja kebaikan alpukat yang bisa Anda petik?

Makan Alpukat Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol dan Trigliserida

Penyakit jantung adalah penyebab kematian paling umum di dunia. Diketahui bahwa beberapa penanda darah terkait dengan peningkatan risiko. Ini termasuk kolesterol, trigliserida, penanda inflamasi, tekanan darah dan berbagai lainnya.

Delapan studi terkontrol pada orang telah meneliti efek alpukat pada beberapa faktor risiko ini.

Studi ini menunjukkan bahwa alpukat dapat :

Menurunkan kadar kolesterol total secara signifikan.
Menurunkan trigliserida darah hingga 20%.
Menurunkan kolesterol LDL hingga 22%.
Meningkatkan HDL (kolesterol baik) hingga 11%.
Salah satu penelitian menemukan bahwa memasukkan alpukat dalam diet vegetarian rendah lemak secara signifikan meningkatkan profil kolesterol (24).

Meskipun hasilnya mengesankan, penting untuk dicatat bahwa semua penelitian pada manusia berskala kecil dan berjangka pendek, termasuk hanya 13-37 orang dengan durasi 1-4 minggu.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa makan alpukat dapat meningkatkan faktor risiko penyakit jantung seperti total, LDL “jahat” dan kolesterol HDL “baik”, serta trigliserida darah.

Orang yang Makan buah-buahan seperti Alpukat Cenderung Lebih Sehat

Satu studi melihat kebiasaan diet dan kesehatan orang yang makan alpukat. Mereka menganalisis data dari 17.567 peserta dalam survei NHANES di AS.

Konsumen alpukat ternyata jauh lebih sehat daripada orang yang tidak makan buah ini. Mereka memiliki asupan nutrisi yang jauh lebih tinggi dan setengahnya cenderung memiliki sindrom metabolik, sekelompok gejala yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan diabetes.

Orang yang makan alpukat secara teratur juga memiliki berat badan yang lebih sedikit, memiliki BMI yang lebih rendah dan lemak perut yang jauh lebih sedikit. Mereka juga memiliki kadar kolesterol HDL “baik” yang lebih tinggi.

Namun, korelasi tidak menyiratkan sebab-akibat, dan tidak ada jaminan bahwa alpukat menyebabkan orang-orang ini berada dalam kesehatan yang lebih baik. Oleh karena itu, penelitian khusus ini tidak membawa banyak bobot.

Satu survei diet menemukan bahwa orang yang makan alpukat memiliki asupan nutrisi yang jauh lebih tinggi dan risiko sindrom metabolik yang lebih rendah.

Kandungan Lemaknya Dapat Membantu Anda Menyerap Nutrisi Dari Makanan Tumbuhan

Dalam hal nutrisi, asupan Anda bukanlah satu-satunya hal yang penting. Anda juga harus dapat menyerap nutrisi ini — memindahkannya dari saluran pencernaan dan ke tubuh Anda, di mana nutrisi tersebut dapat digunakan.

Beberapa nutrisi larut dalam lemak, artinya mereka perlu dikombinasikan dengan lemak agar dapat dimanfaatkan. Vitamin A, D, E dan K larut dalam lemak, bersama dengan antioksidan seperti karotenoid.

Satu studi menunjukkan bahwa menambahkan minyak alpukat atau alpukat ke salad atau salsa dapat meningkatkan penyerapan antioksidan 2,6 hingga 15 kali lipat. Jadi, alpukat tidak hanya bergizi tinggi, tetapi juga dapat secara dramatis meningkatkan nilai gizi makanan nabati lain yang Anda makan.

Ini adalah alasan yang sangat baik untuk selalu memasukkan sumber lemak sehat saat Anda makan sayuran. Tanpa itu, banyak nutrisi tanaman yang bermanfaat akan terbuang sia-sia.

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan alpukat atau minyak alpukat dengan sayuran dapat secara dramatis meningkatkan jumlah antioksidan yang Anda konsumsi.

Alpukat Dipenuhi Dengan Antioksidan Kuat yang Dapat Melindungi Mata Anda

Alpukat tidak hanya meningkatkan penyerapan antioksidan dari makanan lain, tetapi juga mengandung antioksidan yang tinggi. Ini termasuk karotenoid lutein dan zeaxanthin, yang sangat penting untuk kesehatan mata.

Studi menunjukkan bahwa mereka terkait dengan penurunan drastis risiko katarak dan degenerasi makula, yang umum terjadi pada orang dewasa yang lebih tua. Karena itu, makan alpukat harus bermanfaat bagi kesehatan mata Anda dalam jangka panjang.

Alpukat kaya akan antioksidan, termasuk lutein dan zeaxanthin. Nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan mata dan menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak. Manfaat buah alpukat yang harus kamu tahu,