manfaat buah mengkudu

Cari Tahu Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Mengkudu atau noni merujuk dari pada tanaman dengan nama latin Morinda citrifolia yang sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Buah mengkudu dapat diketahui dengan mudah, buahnya memiliki bintik atai totol kehitaman berwarna hijau saat muda dan warna putih kekuningan saat sudah mulai matang.

Buahnya yang sudah jatuh akan mengeluarkan aroma yang tak sedap, namu di balik aromanya yang kurang mengenakan, mengkudu menyimpan khasiat yang baik untuk kesehatan. Buah mengkudu diketahui memiliki beberapa kandungan nutrisi diantaranya berupa Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin C, Biotin, Asam Folat, Magnesium, Potasium, Kalsium dan Vitamin E.

Manfaat Muah Mengkudu

Berikut ini simak apa saja manfaat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh para penikmatnya.

1. Menjaga daya tahan tubuh

Melihat dari kandunganya diatas buah mengkudu kaya akan kandungan antioksidan, vitamin C dan beberapa mineral lain, bukan tidak mungkin bahwa hal akan memberi dampak yang baik untuk kesehatan.

Vitamin C yang terkandung pada buah noni mampu meningkatkan daya tahan tubuh dengan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, sepertihalnya akibat dari paparan radikal bebas dan zat kimia yang berasal dari lingkungan sekitar kita.

Selain itu mengkonsumsi rutin buah mengkudu juga dapat mengurangi tingkat stres oksidatif seseorang.

2. Baik untuk otak

Selain berguna dalam melindungi sel tubuh agar tidak rusak, mengkudu juga mampu melindungi jaringan otak dan menjaganya agar tetap sehat.

Beberapa kerusakan pada jaringan otak bisa dipicu beberapah salah satunya oleh stres oksidatif yang dapat merusak neuron. Nah jika kamu mengkonsumsi buah satu ini maka manfaat tersebut akan kamu dapatkan.

3. Mencegah penyakit kanker

Manfaat selanjutnya yaitu buah mengkudu mampu mencegah penyakit kanker. Adanya kandungan antioksidan pada buah noni yang mampu mencegah perkembangan sel kanker didalam tubuh.

Buah mengkudu diketahui juga memiliki sifat yang merangsang kekebalan tubuh dalam melawan sel tumor.

4. Menyehatkan sistem pencernaan

Beberapa kandungan nurtisi pada buah seperti vitamin A, kalsium, protein dan zat besi yang ada pada buah mengkudu dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh loh terutama bagian sistem pencernaan.

Untuk kamu yang sering mengalami sulit buang air besar cobalah untuk mengkonsumsi dengan rutin buah satu ini, mengkudu bisa membantu kamu dalam masalah pada pencernaan, merelaksasi otot usus dan membersihkan feses yang mengeras.

5. Mencegah naiknya gula darah dan diabetes

Hasil dari pada sebuah studi penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Element-based Complementary and Alternative Medicine mengemukakan bahwa buah noni alias mengkudu memiliki kemampuan dalam mengatur kadar gula darah pada pasien diabetes, dengan ditandainya semakin menurun.

Tentunya hal ini akan sangat baik untuk menjaga gula darah agar tetap stabil.

6. Asupan alternatif sumber antioksidan

Mengkudu merupakan salah satu dari jenis buah-buahan yang mempunyai kandungan senyawa antioksidan dengan tingkat yang cukup tinggi. Antioksidan dalam jumlah yang sesuai akan sangat berguna untuk tubuh dimana membantu dalam mencegah kerusakan sel, meningkatkan daya tahan tubuh serta menangkal radikal bebas.

7. Mengkudu baik untuk para perokok

Hasil dari studi penelitian menyebt bahwa paparan dari asap roko tembakau menghasilkan banyak radikal bebas yang memicu kerusakan sel dalam tubuh terutama pada organ paru-paru. Maka dari utu mengonsumsi jus mengkudu akan sangat membantu melindungi jaringan sel tubuh dari kerusakan yang lebih parah.

Namun jangan karena buah mengkudu mampu mencegah kerusakan jaringan sel tubuh lantas kamu terus-terusan melakukan kegiatan merokok.

8. Menjaga Kesehatan organ vital Jantung

Mengkonsumsi buah mengkudu berupa jus dapat berguna dalam mejaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat. Kolesterol jahat dalam jumlah tinggi atau berlebihan bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung, storke dan hipertensi.

9. Mengkudu meningkatkan fisik tubuh

Jika kamu bekerja mengandalkan fisik atau bekerja diluar ruangan dengan paruh waktu, mungkin kamu harus mencoba untuk mengkonsumsi ramuan jamu buah mengkudu.

Buah satu ini efektif dalam menjaga daya tahan tubuh kamu agar tetap kuat, tidak mudah terserang penyakit serta mencegah cidera otot saat melakukan aktivitas harian.

Bagi kamu yang suka berolahraga juga tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah satu ini secara teratur.

Baca lainya : Tips mencegah naiknya kolesterol jahat

10. Mengkudu redakan nyeri sendi

Untuk kamu yang sering mengalami nyeri sendi, radang sendi atau arthritis, buah satu ini bisa menjadi penyelamat kamu karena bisa mengurangi rasa nyeri pada sendi secara efektif bahkan hingga sembuh.

Penggunaan buah noni atau mengkudu telah dimanfaatkan sebagai obat herbal dalam menghilangkan rasa sakit akibat adanya peradangan pada area sendi.

Tentunya kamu bisa menggunakan manfaat tanaman satu ini sebagai cara alternatifnya.

11. Mencegah stres berkelanjutan

Mengkonsumsi buah mengkudu dapat menjadi alternatif membantu seseorang dalam mengatasi masalah stres dan melindungi fungsi kognitif otak.

Reaksi kimia yang dihasilkan akibat stres lama kelamaan akan membahayakan tubuh penderitanya, utnuk itu kamu bisa juga memanfaatkan buah satu ini dalam mencegah stress dan depresi.

Nah itulah beberapa manfaat dari buah mengkudu yang bisa kamu dapatkan apabila mengkonsumsinya secara teratur.

Harap untuk tidak terlalu berlebihan dalam mengkonsimsi buah satu ini, pasalnya buah mengkudu mengandung tinggi mineral kalium, tentunya jika jumlah mineral tersebut terlalu berlebihan dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Sumber https://www.healty99.com