Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan

Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan

Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan

Menu olahan daging kambing biasanya disajikan ketika hari-hari besar seperti Hari Raya Idul Adha sebagai kambing kurban,sebagai kambing aqiqah dan lain-lain. Selain dengan rasanya yang enak karena gurihnya bumbu masakan, daging kambing juga banyak manfaatnya bagi kesehatan. Berikut penjelasan manfaat daging kambing bagi Kesehatan:

1.Mencegah kanker

Daging kambing mengandung CLA (Conjugated Linoleic Acid) atau asam lemak yang dikenal mampu mencegah kanker dan meminimalisir risiko peradangan. Selain itu, kandungan selenium dan klorin dalam daging kambing juga membantu kita untuk meminimalisir risiko terkena penyakit kronis ini.

2.Anti inflamasi

Daging kambing mengandung zat anti-inflamasi. Oleh karena itu, mengonsumsinya bisa menghambat peradangan di pembuluh darah dan menstabilkan detak jantung.

3.Membakar lemak

Daging kambing kaya akan vitamin B yang membantu tubuh membakar lemak. Selain itu, daging kambing juga rendah lemak jenuh dan tinggi protein sehingga cocok dikonsumsi saat diet. Baca juga: Mengapa Daging Mentah Tidak Boleh Dicuci? Begini Penjelasan Ahli

4.Mencegah anemia

Mengonsumsi daging kambing membantu mencegah anemia, khususnya untuk ibu hamil dan wanita menstruasi. Daging kambing juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah bayi cacat lahir.

5.Mencegah stroke dan gangguan ginjal

Daging kambing juga tinggi asam lemak Omega 3 namun rendah kalium dan natrium. Itu sebabnya, mengonsumsi daging kambing membantu mencegah penyakit ginjal dan stroke.

6.Menjaga kesehatan tulang

Daging kambing mengandung kadar kalsium yang tinggi yang membantu mendukung pertumbuhan tulang. Itu tadi manfaat kesehatan yang terdapat pada daging kambing. Namun hal itu bukan berarti daging kambing bisa dikonsumsi sebebas-bebasnya. Tetap jaga kesehatan dengan mengonsumsi daging kambing tidak secara berlebihan. Tak masalah jika kita mengonsumsi daging kambing karena manfaatnya yang tinggi. Tapi, kita harus mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar agar tidak menimbulkan efek samping atau risiko penyakit.

Jenis-Jenis Kambing:

Nah selain mempunyai manfaat, kambing juga ada banyak jenisnya yang belum kamu ketahui. Inilah jenis-jenis kambing:

1. Kambing Etawa

Jenis kambing pertama yang perlu kalian ketahui yaitu kambing etawa. Kambing yang berasal dari India ini cocok kalian pelihara karena dapat menghasilkan susu dalam jumlah yang banyak. Kambing etawa memiliki ciri biasanya memiliki telinga yang panjang dan terkulai ke bawah. Pada bagian hidung dan dahi tampak cembung. Kambing ini memiliki tanduk yang pendek. Selain itu, jenis kambing etawa juga bisa kalian gunakan sebagai hewan kurban saat hari raya Idul Adha tiba. Hal ini karena berat kambing etawa bisa mencapai 91 kg untuk kambing jantan dewasa.

2. Kambing Boer

Selanjutnya, jenis kambing unggulan dan cocok untuk kurban yaitu kambing boer. Kambing ini sangat terkenal karena memiliki keunggulan pada dagingnya. Adapun ciri dari jenis kambing ini yaitu memiliki badan yang lebar dan panjang namun memiliki ukuran kakinya yang pendek dominan berbulu putih dan bagian kepala berwarna coklat. Sama halnya dengan kambing etawa, jenis kambing ini memiliki telinga panjang yang menggantung ke bawah.

Memelihara hewan ini sangat menguntungkan karena pertumbuhan jenis kambing boer cukup cepat, yaitu pada masa 3 bulan kambing ini sudah memiliki bobot 35-45 kg. Ketika umur kambing mencapai 2-3 tahun, maka bobot kambing jantan seberat 150 kg, sedangkan kambing betina sekitar 90 kg.

3. Kambing Saanen

Jenis kambing selanjutnya yaitu kambing saanen. Kambing yang berasal dari Swiss Barat di lembah saneen ini memiliki ciri khas dengan jenggot dan tanduknya yang lancip. Jenis kambing yang satu ini terkenal lantaran susu yang dihasilkannya. Meski begitu kambing saanen tidak bisa bertahan hidup di wilayah dengan iklim tropis karena terlalu peka terhadap sinar matahari. Di Indonesia, jenis kambing ini sudah disilangkan sehingga kuat terhadap cuaca tropis. Berat badan yang dimiliki jenis kambing ini biasanya 68 hingga 91 kg bagi jantan dan 36 hingga 63 kg bagi betina.

4. Kambing Kacang

Kambing kacang menjadi salah satu jenis kambing yang cocok kalian gunakan sebagai hewan peliharaan. Kambing yang memiliki tubuh mungil dibanding dengan jenis kambing lainnya ini sangat digemari dan dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Adapun ciri dari jenis kambing kacang yaitu memiliki ukuran tanduk yang kecil dan pendek, memiliki janggut yang cukup panjang serta kedua telinganya berdiri tegak. DIketahui jenis kambing kacang ini merupakan kambing yang tahan banting sehingga tidak ribet dalam hal perawatan.

5. Kambing Jawarandu

Kambing juwarandu memiliki beragam nama lain di Indonesia, seperti koplo, gumbolo, kacukan, dan juga bligon. Diketahui kambing jawarandu ini spesies hasil persilangan dari kambing PE dan kambing kacang ini memiliki postur relatif mungkin jika dibandingkan jenis kambing lainnya. Umumnya, bobot dari kambing jawarandu yaitu 40 kg dengan mempunyai ciri telinga panjang dan lebar hingga terkulai di bawah. Selain itu, kambing ini memiliki dua tanduk kecil yang terletak di atas kepalanya yang dimiliki oleh kambing jantan maupun betina.

6. Kambing Muara

Terakhir, jenis kambing yang cocok dipelihara yaitu kambing muara. Kambing yang berasal dari Sumatera Utara ini memiliki ciri umum berwarna coklat dengan corak hitam di beberapa bagian. Selain itu, ciri khas lain dari jenis kambing muara yaitu memiliki tubuh yang gemuk namun sangat lincah.