Mantapkan Hati Untuk Berangkat Haji di Usia Muda

menyambut bulan Ramadan yang penuh berkah, tidak ada salahnya kalau kamu juga memantapkan hati untuk jadi seorang haji muda. Apalagi, berangkat haji di usia yang masih muda, memiliki banyak kelebihan. Di mana kamu bisa mempersiapkan segalanya dengan lebih baik dan tidak perlu merasa ‘diburu waktu’ seperti jika berangkat haji di usia tua.

Kamu pun pasti sudah sangat memahami kalau melaksanakan ibadah haji membutuhkan kondisi kesehatan yang prima, mengingat banyaknya kegiatan yang melibatkan fisik. Nah, dengan berangkat haji di usia muda, kondisi fisik kamu masih sangat prima, sehingga lebih khusyuk saat beribadah.

 

Berikut beberapa hal yang juga dapat kamu lakukan untuk memantapkan hati demi bisa berangkat ke tanah suci di usia muda.

 

Mau daftar ? yuk kesini : Paket haji plus

 

Teguhkan Niat
Pastikan kamu menanamkan niat dalam diri untuk berangkat naik haji semata-mata karena Allah. Ini penting supaya kamu bisa selalu fokus pada tujuan dan tidak terganggu dengan hal lainnya. Setelah memiliki niat, jangan lupa kamu wajib mencari seribu cara untuk bisa mewujudkannya. Sebab, niat tanpa usaha yang jelas apalah artinya.

Buat Simpanan Haji
Salah satu usaha yang harus kamu lakukan untuk mewujudkan mimpi berangkat haji di usia muda adalah dengan memiliki simpanan untuk berhaji. Saat ini, ada beragam pilihan bank yang menawarkan fasilitas tabungan atau investasi haji. Jangan pernah menunda hal ini, hanya karena kamu merasa belum memiliki pendapatan yang cukup. Jumlah dana yang ingin ditabung bisa disesuaikan dengan kemampuan kamu, kok.

Harus Konsisten
Ada banyak orang yang gagal berangkat haji saat usianya masih muda karena tidak konsisten dan lupa akan niat awalnya. Untuk itu, pastikan kamu selalu konsisten dalam mencapai tujuan kamu menjadi seorang haji muda. Berusahalah menabung atau berinvestasi untuk haji setiap bulannya sesuai dengan jumlah yang sudah kamu janjikan di awal. Jika berhenti di tengah jalan, kamu pun harus memulai lagi dari awal dan begitu seterusnya.

Berdoa dan Berserah Diri
Dalam setiap usaha, tentunya harus selalu diiringi dengan doa supaya Allah memberikan kemudahan kepada kamu untuk bisa berangkat haji di usia muda. Jangan lupa pula untuk selalu berserah diri dan berharap agar Allah menerima apa yang sedang kamu usahakan. Dengan begitu, bukan tidak mungkin Allah malah memberikan lebih dari apa yang kamu minta. Pergi haji di waktu yang lebih cepat misalnya.

Makin Mantap dengan Investasi
Bukan rahasia lagi jika di Indonesia banyak sekali orang yang baru melaksanakan haji di usia lanjut karena membutuhkan waktu yang panjang untuk mengumpulkan uang. Kabar baiknya, Sobat Principal sekarang bisa memotong waktu tersebut dengan mulai melakukan investasi.

Berikut beberapa pilihan investasi yang bisa mendukung kamu untuk bisa segera berangkat haji seperti dilansir dari sikapiuangmu.ojk.go.id.

  • Reksa Dana Syariah

Investasi jenis ini merupakan salah satu pilihan favorit untuk mengumpulkan dana haji. Salah satu sebabnya adalah setoran awalnya yang cukup murah, dimulai dari 100 ribu saja. Tidak seperti tabungan haji yang bersifat likuid, reksa dana syariah memiliki risiko yang lebih tinggi tetapi juga menawarkan potensi return yang menjanjikan. Jika kamu tertarik dengan investasi ini, coba cek beragam pilihan investasi di sini ya!

  • Investasi Emas

Pilihan lain yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia untuk mengumpulkan dana haji adalah investasi emas. Investasi ini menjadi favorit kenaikan harga emas diyakini bisa mengimbangi tingkat inflasi. Menabung dana haji dengan investasi emas juga memiliki risiko yang cenderung rendah. Saat ini, kamu juga sudah bisa membeli emas dengan cara dicicil, lho.

  • Obligasi Negara Syariah atau Sukuk Ritel

Investasi ini menawarkan return yang lebih tinggi dibandingkan deposito dan tergolong aman karena merupakan surat utang yang diterbitkan oleh negara. Tetapi, investasi ini memerlukan jangka waktu yang cukup lama dan tidak bisa dicairkan sebelum jatuh tempo. Meski begitu, risiko rendah yang dimiliki membuat obligasi negara syariah atau sukuk ritel tetap diminati sebagai pilihan investasi untuk mengumpulkan dana haji.

Apakah niat Sobat Principal menjadi seorang haji di usia muda semakin mantap setelah membaca artikel ini? Yuk, kamu bisa kok mempersiapkan diri berangkat ke tanah suci sejak dini, agar tidak hanya jadi sekadar mimpi. Temukan artikel mengenai berhaji  lainnya di sini, ya!