Cara Kerja Mesin Kasir

Masih Bingung Dengan Cara Kerja Mesin Kasir? Simak Ulasan Berikut

Cara Kerja Mesin Kasir – Mesin kasir pastinya sudah tidak asing lagi bagi anda sendiri bukan? Dengan adanya mesin kasir maka segala macam transaksi pada bisnis atau toko anda nantinya akan menjadi lebih mudah lagi.

Hal ini tak lain karena cash register alias mesin kasir tersebut biasanya akan menghitung dan juga mencatat transaksi jual maupun beli barang anda yang nantinya secara otomatis akan terintegrasi dengan cash drawer alias laci yang digunakan untuk menyimpan sejumlah uang.

Menariknya lagi cash register ini juga bisa mengeluarkan print out alias hasil cetak yang berupa struk penjualan ataupun receipt untuk pelanggan anda nantinya. Dengan begitu pekerjaan pegawai pun akan menjadi lebih mudah dengan adanya mesin kasir ini bukan?

Umumnya cara kerja mesin kasir ini tak lain yaitu akan terbuka dengan sendirinya apabila anda  telah melakukan transaksi terhadap para pelanggan anda. Baik itu penjualan maupun pembelian. Namun apa bila tidak ada transaksi dari ke duanya maka mesin kasir laci alias drawer ini masih bisa tetap terbuka kok!

Tetapi satu hal yang perlu anda garis bawahi yaitu mesin kasir drawer ini hanya bisa dibuka oleh pemilik atau pengawasnya saja ya! Tentunya hal ini merupakan salah satu upaya yang digunakan oleh para pebisnis atau pengusaha agar  bisa mengurangi risiko terjadinya pencurian  maupun kehilangan uang bukan?

Cara Kerja Mesin Kasir

Pada dasarnya hampir seluruh mesin kasir mempunyai tombol no sale atau lebih sering disingkat dengan inisal ns. Di mana tombol ini nantinya mempunyai fungsi tersendiri untuk membuka laci yang digunakan sebagai tempat penyimpanan uang hasil dari transaksi jual beli tadi.

Tombol ini pun nantinya akan bekerja apabila ditekan dan nantinya juga akan merekamnya dalam bentuk laporan akhir oleh pemiliknya sendiri meskipun tidak ada transaksi yang dilakukan.

Sebenarnya saat ini sudah banyak sekali mesin kasir yang dilengkapi dengan tambahan password alias sandi untuk melakukan transaksi serupa tombol ns tadi. Dengan begitu pastinya akan lebih mudah dan juga praktis tentunya.

Selain itu ada berbagai macam fungsi lain pada cash register alias mesin kasir  ini. Di mana tak lain fungsinya digunakan untuk mencatat seluruh pajak penjualan. Bahkan sampai saat ini electronic cash register alias mesin kasir electronik sendiri pun sudah dapat disambungkan dengan berbagai macam perangkat lainnya lho!

Sebut saja pembaca kartu debit atau kartu kredi hingga barcode machine scanner. Semuanya sudah berkembang dengan sangat cepat. Bahkan hingga sampai saat ini perkembangan dari mesin kasir tersebut sudah merambah ke point of sale yang berbasis pada komputer alias pc based cash register.

Biasanya mesin kasir ini juga dilengkapi dengan perangkat lunak atau software yang dapat dipasang di berbagai macam sistem operasi. Baik itu sistem operasi linux, unix, dos, hingga windows.

Data yang ada di dalamnya nantinya akan disimpan di database. Entah itu pada mesin kasirnya sendiri maupun pada  server induknya. Salah satu mesin kasir point of sale yang saat ini sedang populer tak lain adalah merk imin.

Mesin kasir milik imin ini mempunyai konfigurasi jaringan lokal alias lan yang sangat baik. Sehingga anda tidak perlu merasa khawatir lagi jika akan melakukan perhitungan pada mesin kasir. Sebab tidak hanya cepat, melainkan juga akurat dan juga sistemnya sendiri mempunyai fitur yang sangat lengkap.

Selain itu, dari sistem pengamannya sendiri cara kerja mesin kasir merk ini dilengkapi dengan kunci pengaman juga pastinya. Agar nantinya uang di dalamnya tetap dalam keadaan aman.