Mau Lulus Simak UI ? Coba Ikuti Tips Ini

Universitas Indonesia atau yang lebih dikenal bersama dengan sebutan UI ini merupakan keliru satu kampus bergengsi bersama dengan kuantitas peminat yang sangat tinggi di tiap-tiap tahunnya. Berlokasi di dua wilayah yakni Depok dan Salemba, Universitas Indonesia udah dikenal atas kualitas pendidikan yang sangat baik dan udah berhasil dalam meluluskan setidaknya 400.000 mahasiswa bersama dengan hasil yang memuaskan.

Untuk mampu jadi anggota dari mahasiswa Universitas Indonesia, tiap-tiap calon mahasiswa harus lewat tes masuk yang diadakan oleh pihak kampus bersama dengan menyimak cara lulus Simak UI.

 

Apa yang dimaksud Simak UI?
Dikatakan bahwa tes yang membagi grup jurusan jadi Saintek dan Soshum ini tenar sangat sulit hingga banyak dari mereka yang gagal untuk melalui passing grade. Namun demikian, hal tersebut tidak menyurutkan calon mahasiswa untuk mampu mengenyam pendidikan di kampus bergengsi tersebut.

untuk diketahui Simak UI merupakan sebuah ujian yang sifatnya terpadu dan diperuntukkan untuk semua calon mahasiswa baru. Dalam pelaksanaannya, ujian tersebut nantinya akan diselenggarakan secara serentak di beberapa wilayah seperti halnya Tangerang Selatan, Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bogor, Depok, Bandung, Surabaya, Jogjakarta, Medan, Surabaya, Padang, Makassar dan Palembang.

 

Seleksi tersebut nantinya akan mencangkup semua program vokasi, profesi, , sarjana kelas paralel, Doktor, spesialis dan magister. Sedangkan untuk ujian masuk pada kelas internasional serta sarjana ekstensi akan diselenggarakan di lain waktu.

 

Selain mengikuti program bimbel simak UI itu sendiri , berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memperbesar peluang mu lolos :

 

1. Jadilah sosok pribadi yang konsisten
Memang terkesan sangat sulit bagi seseorang untuk menjadi pribadi yang konsisten. Namun, dalam cara lulus simak UI semua orang bisa melakukannya ketika memiliki niat yang sangat kuat dari dalam hati. Hal tersebut sama saja ketika Kamu akan melalui seleksi masuk Universitas Indonesia yang sangat sulit dan ketat.

Untuk itu, dalam cara lulus simak UI, pastikan Kamu selalu belajar konsisten dengan menerapkan pola belajar yang tepat. Jangan sesekali Kamu menunda-nunda waktu belajar atau Kamu akan menyesal seumur hidup ketika Kamu dinyatakan gagal untuk masuk perguruan tinggi bergengsi di Indonesia tersebut.

 

2. Pastikan Kamu membuat agenda belajar yang jelas
Mustahil buat Kamu untuk bisa lulus dalam ujian masuk Universitas Indonesia ketika Kamu sama sekali tidak melakukan persiapan sangat matang. Dalam hal ini, teknik belajar sistem kebut semalam justru akan merugikan Kamu hingga berakhir dengan kekecewaan. Oleh sebab itu, Kamu sangat disarankan untuk membuat suatu agenda belajar dengan tepat. Sebagai contoh, hari Senin, Kamu bisa belajar Kimia, Selasa Fisika dan Rabu Biologi. Lakukan jadwal belajar tersebut dengan konsisten untuk hasil yang memuaskan.

 

3. Gunakan soal sebelumnya sebagai referensi
Saat ini Kamu bisa mendapatkan berbagai soal ujian masuk Universitas Indonesia dengan sangat mudah melalui internet. Download berbagai soal tersebut dan kerjakan dengan sebaik mungkin karena soal yang diujikan tidak jauh berbeda dengan soal di beberapa tahun sebelumnya.

Merujuk pada 7 cara lulus simak UI, pastikan Kamu juga tidak lupa membuat beberapa catatan penting terkait beberapa materi penting yang sekiranya belum Kamu pahami dengan baik untuk selalu diingat dan diterapkan dalam setiap pengerjaan tugas. Dengan mengetahui contoh soal, maka belajar Kamu akan jauh lebih efisien, efektif dan tidak membosankan.

 

4. Jangan lupa untuk mempersiapkan fisik
Menghadapi sebuah ujian terbilang sangat melelahkan karena otak kita akan dipaksa untuk berfikir semaksimal mungkin. Oleh sebab itu, Kamu harus membiasakan diri untuk mengajak otak berfikir dalam waktu lama dan tetap fokus pada soal yang dikerjakan.

Dalam seleksi masuk Universitas Indonesia, buat Kamu yang mengikuti Saintek, akan dihadapkan dengan soal IPA sebanyak 75 butir dengan waktu 150 menit. Sedangkan untuk IPS sebanyak 75 soal dengan durasi waktu 90 menit. Selanjutnya, di sesi kedua, nantinya Kamu akan menghadapi berbagai soal Matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia sebanyak 60 soal dengan waktu 120 menit. Jika Kamu mengambil IPC, Kamu akan berpikir selama 360 menit.

 

5. Pastikan semua dokumen persyaratan telah siap
Cara lulus simak UI selanjutnya selain belajar yang memang harus dinomorsatukan, tidak kalah pentingnya lagi Kamu harus mempersiapkan berbagai dokumen yang menjadi persyaratan untuk bisa lolos dalam seleksi tersebut. Jangan sampai Kamu kehilangan salah satu dokumen penting hingga pada akhirnya akan membuat Kamu semakin galau atas persaingan yang belum dimulai. Ketahui dokumen apa saja yang diperlukan dan persiapkan dokumen tersebut jauh-jauh hari sebelumnya.

Perlu Kamu ketahui, hampir 15% calon mahasiswa Universitas Indonesia yang ingin mengikuti seleksi masuk gagal karena permasalahan dokumen ataupun kesalahan dalam penginputan. Hal tersebut terjadi setiap tahunnya. Jadi, sebuah kesalahan kecil akan berakibat fatal bagi Kamu yang mengabaikan cara lulus simak UI ini dan tidak melakukan persiapan dokumen dengan baik. Jadi, jangan sampai nilai Kamu yang maksimal tersebut harus lenyap gara-gara masalah dokumen.

 

6. Tentukan target pengerjaan soal
Untuk bisa lolos dalam ujian seleksi masuk Universitas Indonesia, Kamu juga perlu menentukan target pengerjaan soal yang memang harus dicapai. Sebagai gambaran umum, Kamu harus memastikan jika untuk tes kemampuan dasar Kamu bisa menyelesaikan 60 soal dengan benar, sedangkan untuk mata pelajaran Kimia, Fisika dan Biologi minimal benar 15 soal. Dari sinilah nantinya Kamu akan bisa lolos passing grade. Namun demikian, Kamu juga harus tetap mengerjakan semua soal dengan berusaha menjawab soal lain dengan benar ketika target pengerjaan sudah Kamu lampaui.