Mau Untung Saat Belanja Harbolnas 12.12? Begini Caranya

Seperti tahun-tahun sebelumnya, meski di tengah pandemi, orang-orang tetap dihebohkan dengan adanya promo harbolnas dari sejak bulan Oktober sampai pertengahan Desember 2020 nanti. Tapi, tidak sesuai namanya yaitu “promo” yang seharusnya bikin kita jadi lebih hemat, harbolnas malah berpotensi bikin boncos saking banyaknya promo. Akibatnya, barang yang dibeli juga jadi makin banyak supaya bisa menikmati promo-promo tersebut. 

Gong terakhir dari momen harbolnas adalah tanggal cantik 12.12 nanti. Di mana kalau kita lihat di media sosial sampai website e-commerce, dari sejak satu bulan lalu mereka sudah gencar promosi iklan harbolnas di tanggal cantik ini. Buat kamu yang nungguin tanggal 12.12 , ada 4 cara nih yang bisa kamu coba supaya harbolnas beneran bikin untung, bukan buntung. 

Gunakan Metode Pembayaran Cicilan 0% atau Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Kalo banyak banget barang yang kamu incar buat dibeli saat harbolnas, cara utama supaya kamu bisa untung adalah dengan menggunakan fasilitas cicilan 0%. Kalo nggak punya kartu kredit gimana?

Tenang! Kamu bisa pakai fasilitas cicilan tanpa kartu kredit dari fintech, contohnya Kredivo. Pada cicilan normal, suku bunga cicilan Kredivo cuma 2,6% per bulan dengan tawaran tenor 3/6/12 bulan tanpa uang muka. Program cicilan ini berlaku untuk minimum transaksi sebesar Rp 1 juta ke atas di merchant-merchant mitra Kredivo. Bukan cuma itu, di tanggal 11 – 13 Desember 2020 nanti, Kredivo juga khusus menyelenggarakan program cicilan 0% bagi penggunanya. 

Contoh merchant yang saat ini sudah bermitra dengan Kredivo adalah Lazada, Bukalapak, JD.ID, Tokopedia, Berrybenka, Elevenia, Tiket.com, dan Blibli. Minimum transaksi Rp 1 juta berlaku untuk akumulasi dari beberapa barang sekaligus. Misalnya, di harbolnas, kamu mau beli sepatu, tas, dan pakaian. Dalam satu keranjang belanja, jika total harga barang yang kamu beli mencapai Rp 1 juta, maka kamu udah bisa cicilan tanpa kartu kredit pakai Kredivo. 

Tapi, kamu harus terdaftar dan punya limit dulu ya. Masih ada waktu sebelum harbolnas 12.12 dari sekarang untuk bisa daftar Kredivo. Proses approvalnya cuma 1 x 24 jam lho. 

Koleksi Voucher Belanja dari Sekarang

Jelang harbolnas 12.12, bukan iklannya aja yang masif tapi aneka voucher promo juga bertebaran di website dan aplikasi e-commerce. Rata-rata sistem penggunaan voucher ini adalah kamu harus redeem, klaim, atau menyimpan dulu vouchernya ke daftar voucher available di akunmu, baru kemudian bisa digunakan saat checkout menuju laman pembayaran. Mulai dari sekarang, kamu bisa koleksi voucher belanja di e-commerce langganan supaya saat harbolnas nanti kamu bisa gercep belanja dan nggak kehabisan stok barang. Kamu juga bisa memilih voucher apa yang diperlukan sesuai dengan barang yang ingin dibeli, misalnya voucher gadget, fashion, atau belanja makanan.

Aktifkan Fitur Reminder Promo dan Alarm Harbolnas

Kalo kelewatan harbolnas, maka kamu perlu nunggu 1 tahun ke depan. Rugi deh capek-capek udah nungguin, tapi nggak kedapetan promo buat beli barang idaman. Makanya, jangan segan-segan manfaatin teknologi yang udah disediakan e-commerce berupa fitur reminder promo atau bahkan alarm harbolnas yang bisa terkoneksi langsung dengan kalender/reminder di smartphone-mu. 

Pilih Merchant yang Produknya Beragam agar Hemat Ongkir

Kalo beli barang dari seller yang beda-beda di e-commerce, otomatis, kita harus ngeluarin ongkos kirim lebih banyak. Lain halnya kalau semua wishlist kita saat harbolnas bisa ada dalam satu seller di e-commerce, tentu kita bisa hemat ongkir lebih banyak! Maka dari itu, mumpung harbolnas 12.12 masih lama, masih ada kesempatan nih buat kamu nyari seller sesuai kebutuhan dan wishlist barang yang mau dibeli. Jangan sampai harga barang udah murah tapi bengkak di ongkir ya. Sama aja dong kalo gitu.